Tutorial Cara Setting Yoast SEO pada Menu Social

149

Yoast SEO telah menjadi salah satu plugin WordPress yang dapat diandalkan untuk meningkatkan SEO website untuk meraih peringkat yang lebih tinggi di mesin pencari. Dengan Yoast SEO, Anda bisa membuat konten yang ramah SEO berkat penggunaan keyword yang tepat, bahkan Anda juga akan tahu apakah sebaran kata kunci itu sudah merata di dalam artikel.

Yoast SEO mempunyai fitur untuk mengintegrasikan website Anda dengan social media, antara lain Facebook, Twitter, Pinterest, dll. Di menu Social ini, Anda dapat melakukan konfigurasinya pada empat tab, yaitu: Facebook, Account, Pinterest dan Twitter.

1. Tab Facebook

Di tab Facebook, pastikan Anda mengaktifkan Open Graph meta data agar Facebook bisa menampilkan preview berupa gambar ataupun text ketika Anda membagikan link website.

Selanjutnya, pilihlah gambar pada bagian Default image, gambar tersebut akan digunakan jika konten website yang Anda bagikan di Facebook tidak memiliki gambar. Kalau sudah, klik tombol Save changes.

2. Tab Accounts

Pada tab ini, masukkan URL profile social media yang Anda miliki. Kalau sudah, klik Save changes untuk menyimpan perubahan.

3. Tab Twitter

Twitter menggunakan Open Graph metadata seperti Facebook. Oleh sebab itu, untuk mengoptimasi website di Twitter, Anda harus pastikan Open Graph meta data di pengaturan tab Facebook sudah aktif.

Kemudian, aktifkan Twitter card meta data dengan menggeser toggle ke arah Enabled. Lalu, pilih default tipe card yang digunakan untuk menampilkan preview konten website di Twitter.

Pada tutorial ini, kami memilih tipe card Summary with large image yang akan menampilkan ringkasan dan gambar pada preview yang ditampilkan.

4. Tab Pinterest

Untuk melakukan konfigurasi Pinterest, pastikan Open Graph meta data di tab Facebook sudah aktif. Setelah itu, masukkan kode verifikasi Pinterest pada kolom yang tersedia.

Kode verifikasi ini berupa meta tag yang bisa Anda dapatkan di akun Pinterest Business > Settings >  Claim.

 

Menggunakan Menu Tools [Opsional]

Menu tools bisa membantu Anda dalam cara setting Yoast SEO terbaru. Yoast SEO menyediakan fitur yang canggih untuk membantu Anda mengerjakan task yang advanced, seperti: import and export, file editor, bulk editor dan optimize SEO data.

1. Tools Import and Export

Sebelumnya, Anda disarankan untuk mentransfer data setting SEO dari plugin SEO lain, bukan? Nah, langkah tersebut bisa dilakukan pada fitur import and export di menu Tools berikut ini:

Anda bisa mengimport settingan SEO dari plugin lain ataupun mengekspor settingan Yoast SEO ke plugin lain di WordPress yang berbeda.

2. Tools File Editor

Di WordPress, ada dua file konfigurasi yang memiliki pengaruh besar pada SEO website, yaitu: file .htaccess dan file robots.txt. Yoast SEO memudahkan Anda untuk mengedit kedua file tersebut langsung melalui halaman admin WordPress seperti berikut ini:

3. Tools Bulk Editor

Yoast SEO mengizinkan Anda untuk mengedit SEO title dan SEO description secara cepat pada semua blog post dengan memakai fitur Bulk Editor. Caranya, masuklah ke tab Title dan tulis SEO title yang baru pada kolom yang tersedia. Lalu, klik Save untuk menyimpan perubahan.

Begitu pula jika Anda ingin mengubah meta description, Anda hanya perlu masuk ke tab Description dan tulis meta description yang baru di kolom yang tersedia. Lalu, klik Save.

 

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here