Tips Memilih Perbedaan SEO dan SEM Plus Mana yang Terbaik?

297

101Red – Jika Anda mempunyai website dan ingin mengoptimasinya agar mendapatkan posisi atas di hasil pencarian, ada baiknya Anda mengetahui perbedaan SEO dan SEM terlebih dahulu.

Apa Itu SEM?

SEM atau Search Engine Marketing merupakan strategi marketing berbayar yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian.

Apa Itu SEO?

Search Engine Optimization atau biasa disebut SEO adalah salah satu teknik optimasi untuk menempatkan website pada posisi pertama halaman SERP (Search Engine Result Page) sesuai dengan kata kunci yang sudah ditargetkan.

Tujuan utama dari SEO sendiri adalah mendatangkan traffic yang besar menuju website dengan berada pada peringkat pertama terutama di Google. Tak hanya menghasilkan trafik organik yang tinggi, SEO juga membantu mendapatkan jenis trafik yang tepat sesuai tujuan website Anda. Namun, hal ini hanya bisa dicapai apabila Anda mengikuti aturan-aturan yang diterapkan oleh mesin pencari.

Perbedaan SEO dan SEM

Setelah mengetahui apa itu SEO dan SEM, mengetahui perbedaan dari keduanya bisa memberikan gambaran lebih jelas mana strategi yang harus Anda ambil. Oleh karena itu, berikut beberapa perbedaan SEO dan SEM yang harus Anda ketahui.

  1. Terdapat Ikon “Iklan” di Hasil Pencarian SEM

Hasil pencarian dari penerapan SEM atau SEO itu berbeda. Iklan berbayar yang muncul dari penerapan SEM dianggap sebagai iklan.

  1. SEM Berbayar dan SEO Gratis

SEM adalah iklan berbentuk PPC. Sehingga Anda harus punya anggaran untuk SEM agar iklan bisa terus ditampilkan. Sementara SEO adalah strategi yang bisa Anda terapkan tanpa perlu mengeluarkan biaya.

  1. SEM Bisa Memilih Target Audience

Baik SEO dan SEM bertujuan agar bisa memahami audiens lebih baik. Tapi, Anda hanya bisa memilih target audiens dengan SEM. Pada SEM, Anda bisa memilih hasil pencarian ditampilkan untuk audiens berdasarkan umurnya, lokasi, dan masih banyak lainnya.

  1. Hasil SEM Lebih Cepat Dibanding SEO

Anda juga bisa mematikan SEM sewaktu-waktu dan menghidupkannya lagi sesuka Anda. Sedangkan SEO, merupakan strategi yang membutuhkan waktu untuk melihat hasilnya dan bisa membaik atau memburuk seiring waktu tergantung banyak faktor.

Memang SEM tak langsung muncul seketika Anda memasangnya, karena tetap butuh proses dan persaingan dengan pemasang iklan lainnya. Tapi, proses ini relatif lebih cepat dibandingkan SEO.

  1. SEM Lebih Baik untuk Testing, Sedangkan SEO Tidak

Dengan SEM Anda bisa merevisi judul iklan, mengganti target audiens atau merubah konten dari landing page untuk keperluan testing.  Anda tidak bisa melakukan hal yang sama pada SEO karena membutuhkan waktu terlalu lama untuk mendapatkan hasil dan melihat perbedaannya. Anda bisa langsung mematikan atau menghidupkan iklan pada SEM. Jadi, bisa menjadi salah satu cara untuk testing apakah strategi marketing Anda sudah diterima dengan baik oleh audiens.

  1. SEO Bagus untuk Jangka Panjang

SEM itu hanya aktif selama Anda membayar iklan untuk tampil di hasil pencarian. Sekali Anda mematikan iklan tersebut, maka strategi SEM Anda sudah berakhir. SEO justru sebaliknya. Sebab, SEO ini adalah strategi yang berkembang seiring waktu dengan hasil yang bisa bertahan lebih lama pula.

  1. Potensi CTR SEO Lebih Tinggi Dibanding SEM

Berdasarkan studi AWR, tiga pencarian teratas itu mendapatkan CTR terbanyak. Jadi, apabila hasil pencarian Anda bisa berada di posisi atas, kemungkinan SEO bisa mengalahkan iklan SEM. Namun, jika posisi Anda di luar tiga besar atau bahkan di halaman dua, kemungkinan CTR SEM yang akan lebih banyak.

Persamaan  SEO dan SEM

Walaupun berbeda, SEO dan SEM ternyata sangat mirip antara satu sama lainnya, lho. Oleh karena itu, orang-orang awam sering kebingungan membedakan dua strategi marketing ini. Apa saja kesamaan yang dimiliki SEO dan SEM?

  1. Keduanya Membantu Website Muncul di Hasil Pencarian

Ini mungkin sangat jelas. Tujuan dari SEO dan SEM adalah untuk membantu website mendapatkan posisi terbaik di hasil pencarian pada kata kunci tertentu.

  1. Keduanya Bertujuan untuk Meningkatkan Trafik

Tujuan SEO dan SEM memang untuk mendapatkan visibilitas di hasil pencarian. Jadi, semakin baik visibilitas suatu website, semakin banyak pula trafik yang akan datang melalui CTR.

  1. Keduanya Membutuhkan Pemahaman Audiens Agar Sukses

Dengan mengenali target pasar dan menciptakan buyer personas, Anda bisa paham audiens. Dari mengetahui kebutuhan audiens, hingga apa yang sebenarnya mereka cari. Dari situ, Anda bisa membuat konten yang relevan dengan solusi yang audiens Anda butuhkan.

Baca Juga : Apa itu Content Creator? Ini Pengertian, Tugas, dan Kemampuan yang Dibutuhkan dalam Prospek Kerja

  1. Keduanya Memerlukan Riset Keyword yang Populer

Langkah pertama dalam menerapkan SEO dan SEM adalah dengan melakukan riset keyword untuk tahu keyword mana yang terbaik. Selain itu, Anda juga bisa tahu apakah website pesaing juga menargetkan keyword yang sama. Sehingga Anda bisa merencanakan strategi untuk berkompetisi dengan mereka.

Lebih Baik SEO atau SEM?

Jika ada pertanyaan lebih baik mana SEO atau SEM? Jawabnya adalah keduanya baik. Untuk lebih baiknya Anda bisa menggunakan SEO dan SEM untuk optimasi website bisnis Anda.

Ada banyak website bisnis skala besar yang menggabungkan teknik SEO dan beriklan di Google Adwords, semakin besar kata kunci target bisnis berada dihalaman pertama Google maka semakin besar pula peluang bisnis Anda ditemukan oleh customer.

Untuk memaksimalkan SEO dan SEM, Anda perlu menggunakan website yang mumpuni. Rekomendasi dari kami silahkan menggunakan layanan VPS Murah dari Qwords.com untuk keperluan bisnis Anda. Terima kasih

Yuk, mulai bisnis online bersama kami 101Red

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here