Cara Setting Yoast SEO terbaru pada Menu Search Appearance

187

Anda sudah tahu apa itu Yoast SEO? Jika belum tahu, Anda bisa mengulik artikel Mengenal Plugin Yoast SEO dan Cara Install. Karena dengan memanfaatkan Yoast SEO ini, Anda dapat meraih posisi tinggi di halaman pencarian Google.

Nah kali ini, Anda akan belajar bagaimana mengubah tampilan website di halaman hasil pencarian dengan menggunakan menu Appearance. Ada tujuh tab konfigurasi di menu Search Appearance, yaitu: General, Content Types, Media, Taxonomies, Archives, Breadcrumbs dan RSS.

3.1 Tab General
Di tab General, Anda bisa memilih simbol yang digunakan sebagai separator pada judul Anda. Biasanya, simbol separator ini ditempatkan diantara judul konten dan nama website.


Selanjutnya, Anda akan masuk ke pengaturan Homepage. Disini, Anda bisa membuat SEO title dan meta description yang akan terlihat oleh audiens di mesin pencari.

Berikutnya, Anda bisa mengatur tampilan pratinjau di social media jika link homepage dibagikan. Anda bisa menambahkan gambar, judul yang akan digunakan di social media dan deskripsi website.


Kalau pengaturan Homepage sudah selesai, scroll ke bawah, maka Anda akan melihat pengaturan Knowledge Graph & Schema.org. Pada bagian ini, Anda harus memilih jenis website Anda: website yang mewakili organization atau personal blog.

Kemudian, masukkan nama organisasi/nama pemilik website dan tambahkan logo website Anda.


Jika semua konfigurasi sudah diatur dengan benar, klik tombol Save changes untuk menyimpan perubahan.

3.2 Tab Content Types
Di tab ini, Anda dapat memilih atau membuat SEO title dan meta description yang bisa digunakan sebagai default atau template untuk setiap konten website Anda.

Pada tutorial ini, kami menyarankan Anda hanya menyesuaikan bagian SEO title-nya saja. Sedangkan untuk bagian meta description lebih baik dikosongkan agar nantinya Yoast SEO bisa men-generate meta description sendiri dari paragraf pertama artikel Anda.


3.3 Tab Media
Pada tab ini, Anda tidak perlu mengubah apapun. Biarkan saja seperti pengaturan defaultnya, yaitu Yes.


3.4 Tab Taxonomies
Di tab taxonomies, Anda bisa melakukan konfigurasi title dan meta untuk categories, tags dan formats. Pada tutorial ini, kami menyarankan Anda untuk mengaktifkan hanya pada bagian categories saja.

Kemudian, aturlah kolom SEO title dan meta description sesuai dengan keinginan Anda. Lalu, klik Save changes.

Baca Juga: Cara Setting SEO Yoast secara Manual

3.5 Tab Archives
Tab Archives merupakan tempat untuk mengatur tampilan halaman arsip di website Anda. Di WordPress sendiri ada tiga jenis halaman arsip, yaitu: Author archives, Date archives dan Special pages.

Secara default, Yoast SEO mengaktifkan Author archives dan Date archives.

Tapi, konfigurasi tersebut tidak disarankan pada website yang memiliki single author. Alasannya, halaman author archives akan sama persis dengan date archives. Akibatnya, konten akan terduplikasi dan berpengaruh buruk pada ranking SEO Anda.

Oleh sebab itu, untuk website dengan single author, kami sarankan untuk menonaktifkan salah satunya.

Sedangkan untuk Special Pages, Anda bisa memodifikasinya ataupun membiarkannya dengan pengaturan default dari Yoast SEO.


3.6 Tab Breadcrumbs
Sebuah website yang menggunakan breadcrumbs dinilai sebagai website berkualitas dan berpengaruh baik terhadap SEO. Oleh karena itu, plugin Yoast SEO memiliki fitur breadcrumbs untuk ditambahkan pada website Anda.

Tapi, sudah ada beberapa theme website yang memiliki fitur breadcrumbs bawaan. Jadi, Anda bebas memilih ingin menggunakan breadcrumbs bawaan theme atau dari plugin Yoast.

Anda bisa mengubah konfigurasi breadcrumbs di Yoast ataupun membiarkannya dengan pengaturan default seperti ini:


Pastikan Anda mengaktifkan breadcrumbs untuk tema website Anda dengan memindahkan toggle menjadi Enabled.


3.7 Tab RSS
RSS feed seringkali digunakan pencuri konten untuk menyalin konten dari website dan tidak memberikan backlink ke konten yang asli. Hal ini akan mempengaruhi peringkat SEO karena akan ada konten yang identik dari dua web yang berbeda.

Nah, Yoast SEO memiliki fitur setting RSS yang akan menambahkan backlink di awal atau akhir setiap postingan RSS feed. Sehingga, Anda akan mendapat backlink dari website pencuri konten, dan Google pun akan tahu bahwa konten Anda-lah yang asli.

Ada beberapa opsi yang bisa Anda tambahkan, seperti: author link, post link, blog link atau blog description link.

Demikian cara untuk melakukan setting Yoast SEO terbaru pada menu search Appearance. Yoast SEO juga memiliki fitur untuk mengintegrasikan website Anda dengan social media, seperti Facebook, Twitter, Pinterest, dll. Untuk melakukannya, Anda dapat membaca langkah-langkahnya di Cara Setting Yoast SEO terbaru pada Menu Social.

 

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here