Tips and Trik! Cara Mengurangi Plagiarisme Turnitin

364

101Red – Turnitin merupakan program untuk mengecek plagiarisme atau penjiplakan dari suatu karya tulis. Turnitin bekerja dengan cara mencocokan kata per kata pada dokumen yang diunggah, dengan dokumen lain yang ada di website, repositori, maupun jurnal. Hasil kesamaan yang telah ditemukan oleh Turnitin akan ditunjukkan dalam persentase. Persentase inilah yang biasanya menentukan apakah hasil tulisan kita original atau tidak.

Cara Mengurangi Plagiarisme Pada Turnitin :

  1. Parafrasa

Parafrasa atau paraphrase yaitu suatu teknik menulis mengubah kalimat yang ditulis oleh orang lain untuk membuatnya menjadi kalimat dengan gaya tulisan kita. Namun meskipun kita mengubahnya dengan gaya tulisan kita, pada akhir dari kalimat yang sudah di parafrasa.

Teknik parafrasa ini sering digunakan, bahkan memang dianjurkan dalam penulisan karya ilmiah. Telah disebutkan sebelumnya bahwa teknik ini adalah teknik mengubah tulisan menjadi gaya tulisan kita, namun sebenarnya apa saja yang diubah? Coba perhatikan beberapa poin di bawah ini:

Mengubah Kalimat Dengan Mengganti Struktur Kalimat yang Ada

Mengganti struktur yang dimaksudkan ialah mengubah kalimat yang tadinya aktif menjadi kalimat pasif dan sebaliknya mengubah kalimat yang tadinya pasif menjadi kalimat aktif. Secara sederhana, kalimat aktif adalah kalimat di mana subjek berada pada awal kalimat. Sebaliknya, kalimat pasif adalah kalimat yang memiliki subjek pada akhir kalimat.

Mengubah Kalimat Dengan Mengganti Pemakaian Kata yang Ada

Selain mengubah struktur, Anda juga dapat mengganti pemakaian kata yang tidak digunakan oleh kalimat asli untuk Anda masukkan ke dalam karya ilmiah Anda. Anda dapat menggunakan sinonim dari beberapa kata yang bisa Anda ubah. Anda dapat menggunakan Thesaurus untuk mencari sinonim dari kata yang ingin Anda ubah. Penggunaannya mirip dengan KBBI, Anda hanya perlu mengetik kata yang Anda cari dan hasil dari kata yang Anda cari akan muncul. Penggunaan sinonim ini akan membantu Anda mengubah kalimat aslinya tanpa mengubah makna yang ada.

Mengubah Kalimat Dengan Menguraikan Dengan Detail Makna Kalimat yang Ada

Terakhir, menguraikan kalimat asli yang singkat dan padat menjadi kalimat yang sangat detail dapat membantu Anda mengurangi plagiarisme.

Baca Juga : Beberapa Layanan Jasa SEO Ini Pasti Anda Butuhkan?

  1. Mencantumkan Sumber

Penulisan parafrasa tidak akan membantu mengurangi plagiarisme jika Anda tidak mencantumkan sumber di mana Anda mengambil kalimat tersebut. Seperti yang sudah disebutkan, mencantumkan sumber sangat penting.

  1. Gunakan Sumber Kredibel

Sumber yang kredibel umumnya memiliki domain website yang bisa dipercaya. Domain seperti blogspot, atau wordpress biasanya dianggap memiliki kredibilitas yang lemah. Domain yang dianggap memiliki kredibilitas yang tinggi biasanya menggunakan .edu, .gov, .org. Memang, mencantumkan sumber dalam tulisan Anda sangat penting. Namun jangan sampai sumber yang Anda cantumkan justru sumber yang telah melakukan plagiarisme. Sumber yang kredibel adalah sumber yang memiliki keterangan waktu kapan sumber tersebut di publish. Biasanya sumber yang kredibel juga akan mencantumkan referensi buku atau website sebagai rujukan jika seseorang ingin melihat sumber yang asli. Demikian cara mengurangi plagiarisme dalam Turnitin. Yuk, mulai bisnis online bersama kami 101Red

 

 

 

 

 

 

 

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here