Kenali Internet Positif dan Cara Kerjanya

169

101Red – Internet adalah salah satu layanan yang bisa diakses oleh siapa saja secara bebas. Pemerintah perlu melakukan pembatasan supaya informasi yang ada bisa disaring dengan baik supaya informasi yang negatif tidak diterima oleh banyak orang.

Pernahkah kamu membuka suatu website kemudian diarahkan ke halaman seperti gambar di bawah ini? Atau mungkin kamu punya akun disuatu website tapi ternyata udah nggak bisa dibuka gara-gara websitenya terkena Internet Positif? Hmm mari kita kaji lebih dalam apa itu Internet Positif!

Dikutip dari website tersebut tertulis ada 3 aspek tujuan Internet Positif. Yaitu,

– internet yang aman, perlindungan dan penghematan. Internet yang aman dan sehat dengan perlindungan terhadap akses internet berdasarkan daftar informasi sehat dan terpercaya (TRUST+™ List).

– Perlindungan pada masyarakat terhadap nilai-nilai etika, moral, dan kaedah-kaedah yang tidak sesuai dengan citra Bangsa Indonesia.

– Penghematan terhadap pemborosan penggunaan akses internet (internet utilization) di Indonesia.

Jadi, intinya internet positif merupakan suatu kebijakan dari Kominfo untuk mengendalikan beberapa konten dari website. Baik dari segi konten website, iklan ataupun yang lainnya. Biasanya nih website yang “terblokir” atau yang terkena internet positif dianggap memiliki konten berbau pornografi, privasi, perjudian, SARA ataupun konten yang tidak sesuai dengan nilai-nilai bangsa Indonesia.

Bagaimana Cara Kerja Internet Positif

Internet Positif bekerja dengan menutup akses ke website yang telah masuk daftar blacklist. Dikutip dari Peraturan Menteri Kominfo Nomor 19 Tahun 2014 tentang penanganan situs internet bermuatan negatif, pemerintah akan bekerja sama dengan ISP untuk menutup website sesuai daftar blacklist. Nah untuk memasukkan ke daftar blacklist Kominfo memberlakukan perlindungan terhadap Top-Level Domain, perlindungan terhadap URL, perlindungan terhadap Content/Keyword/Expression.

Baca Juga : Beberapa Manfaat Aplikasi Marketplace bagi Bisnis Online

Berikut ini adalah beberapa caranya yang bisa Anda ikuti:

  1. Menggunakan Extension di Web Browser

Setiap web browser pasti memiliki extension yang bisa Anda gunakan untuk membuka halaman web yang terblokir. .

  1. Menggunakan Browser Lain

Untuk membuka halaman web yang terblokir oleh Internet Positif, Anda bisa mencoba untuk mengunduh dan menggunakan web browser lainnya. Salah satu web browser yang direkomendasikan adalah Tor Browser.

  1. Mengubah Proxy Internet

Mengubah proxy yang terpasang secara default pada komputer Anda tidaklah mudah. Terdapat opsi lain yang bisa Anda gunakan untuk mengubah proxy, yaitu melalui situs bernama proxysite.com. Anda bisa memilih server proxy negara apa yang ingin digunakan, lalu Anda bisa mengisi kolom yang tersedia dengan website yang ingin Anda akses.

  1. Pasang Aplikasi VPN di Smartphone Anda

Apabila Anda ingin membuka akses halaman web yang terblokir oleh Internet Positif melalui smartphone, maka Anda bisa mencoba untuk mengunduh dan memasang aplikasi VPN di smartphone tersebut. Salah satu rekomendasi VPN gratis untuk smartphone yang bisa Anda coba adalah Turbo VPN. Cukup dengan memencet tombol “Connect”, Anda sudah bisa membuka halaman web yang terblokir.

 

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here