Kelebihan dan Kekurangan ShopeePayLater yang Diberikan

191

101Red – Apa sih bedanya ShopeePay dan ShopeePayLater? Bukannya sama-sama metode pembayaran di Shopee?

ShopeePay merupakan sejenis metode pembayaran seperti dompet digital di akun toko online dan bukanlah jasa pinjaman uang. Kita harus transfer atau top up uang ke dompet virtual tersebut agar jika belanja sewaktu-waktu, tinggal bayar saja dan tidak perlu transfer lagi.

Sedangkan, ShopeePayLater adalah sejenis pinjaman online namun tidak dalam bentuk dana tunai. Melainkan berupa pinjaman belanja. Kamu bisa beli barang terlebih dahulu tapi bayar kemudian bisa secara cicilan. Dengan kata lain, hutang barang dimuka secara kredit atau angsuran.

Kelebihan ShopeePayLater

Bisa dicicil meskipun tidak punya kartu kredit

Bagi yang memilik kartu kredit, mereka tetap bisa berbelanja meskipun sedang dalam keterbatasan dana. ShopeePayLater dihadirkan memberikan kesempatan bagi mereka yang keterbatasan dana. Melalui layanan ini para pembeli bisa belanja tanpa harus memiliki kartu kredit. Sebagaimana diketahui, untuk apply kartu kredit ke bank tidaklah mudah. Jadi, memang tidak semua golongan masyarakat yang dapat memiliki. Syukurlah saat ini ada fasilitas belanja kredit tanpa kartu ini. Manfaat ini menjadi salah satu solusi ketika dalam kondisi keterbatasan dana.

Proses Peminjaman yang Mudah

ShopeePayLater tidak meminta adanya jaminan ketika kita meminjam sejumlah dana belanja. Kalau mau mengajukan kredit di bank manapun, waduh ribetnya minta ampun. Tidak hanya jaminan juga survei yang memakan waktu. Bagi yang belum menikah, mengontrak rumah dan jauh dari orang tua main susah mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan padahal untuk permodalan usaha.

Untuk registrasi dan cara mengaktifkan ShopeePayLater, hanya mensyaratkan berstatus WNI dan sudah mempunyai KTP. Kemudian mengisi data dan verifikasi wajah. Semuanya dilakukan secara online, tidak ada antrian dan proses mengajukan hanya beberapa menit saja. Pengajuan aktivasi diperiksa tim terkait maksimal 2×24 jam. Jadi, dalam dua hari kerja kamu sudah bisa mendapatkan kepastian.

Pengguna dapat memilih tanggal jatuh tempo

Pada umumnya, lembaga kredit menerapkan sistem jatuh tempo tunggal dan berlaku menyeluruh yang tidak dapat dipilih penggunanya. Bagi sebagian konsumen cara ini kadang seperti adanya tekanan karena bisa saja pada tanggal tersebut mereka belum gajian sehingga harus mencari dana talangan dulu sementara. Kondisi ini sedikit membuat kesulitan bagi penggunanya.

Disinilah kelebihan ShopeePayLater, konsumen diberikan sedikit keleluasaan. Setelah berhasil melakukan aktivasi, pengguna kemudian diperbolehkan memilih tanggal jatuh tempo sendiri. Terdapat 2 tanggal jatuh tempo yang tersedia dalam satu bulan yaitu tanggal 5 dan tanggal 11.

Bunga yang rendah dibanding pinjaman online lain

Setiap pengguna akan dibebankan bunga sebesar 1 % pada setiap transaksi. Jika dibandingkan dengan layanan pinjam online lainnya, persentase bunga ini tergolong rendah di kelasnya. Rata-rata bunga yang diambil perusahaan peminjaman dana adalah di atas 1 % bahkan ada 2-3 % . Jadi, kalau limit belanja sebesar Rp.6.000.000, maka bunganya adalah Rp.60.000.

Baca Juga : Belajar Menjadi Seorang yang Sukses dari Toko Inspiratif

Tidak ada potongan biaya administrasi

Fasilitas kredit atau cicilan tanpa kartu yang diberikan Shopee ini khusus untuk belanja secara online. Ketika ShopeePayLater sudah disetujui atau aktif, pengguna tinggal menggunakan untuk belanja. Hanya dikenakan bunga 1 % setiap kali melakukan transaksi.

Layanan Resmi

Untuk layanan ShopeePayLater, Shopee bekerjasama dengan PT. Lentera Dana Nusantara dan PT Commerce Finance yang telah terdaftar di  OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Tidak hanya itu, proses verifikasi ShopeePayLater juga diawasi langsung oleh OJK. Pengguna yang ingin memanfaatkan layanan ini tidak perlu merasa khawatir takut ditipu.

Sistem Buy Now Pay Later yang tersedia di toko online besar dan ternama dapat memberikan ketenangan di tengah maraknya penipuan atas nama pinjaman online. Seperti diketahui, saat banyak sekali pengaduan konsumen terhadap layanan pinjaman online yang ternyata tidak terdaftar di OJK. Tidak terdaftar dan diawasi pemerintah, pinjaman online tersebut menerapkan sistem bunga mencekik dan layanan yang melanggar privasi.

Kekurangan ShopeePayLater

  1. Tidak bisa dicairkan

Pada umumnya, pinjaman online berupa uang cash yang bila disetujui akan ditransfer ke rekening. Layanan yang diberikan oleh Shopee ini tidak demikian dan berbeda, khusus kredit untuk belanja produk. Kredit barang, bukan uang. Memang ada limit saldo yang ditawarkan berupa nominal tertentu tetapi sebagaimana fungsinya hanya untuk membeli online. Bukan berupa dana segar yang bisa dicairkan untuk keperluan selain belanja barang.

Memang sangat disayangkan, kalau kamu misalnya seperti saya diberikan limit Rp.6.000.000 saat ini tetapi hanya butuh belanja Rp.1.000.000. Sisa limit yang Rp.5.000.000 tidak bisa ditranfer ke rekening jika ingin dipakai untuk kebutuhan lain.

Namun dari semua kelebihan dan kekurang dari ShopeePayLater ini tetap menguntungan bagi para pedang/ reseller karena kita dapat berbelanja di Shopee dengan menggunakan ShopeePylater, lalu kemudian menjual Kembali produk tersebut kepada yang tidak memiliki akun Shopee. Setelah itu dibulan berikutnya akan dibayar Kembali. Yuk, mulai bisnis online bersama kami 101Red

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here