4 Kesalahan Umum dalam Digital Marketing

152

101Red – Kita semua tau bahwa setiap oaring pasti pernah membuat kesalahan, demikan tentunya para Digital Marketer pernah melakukan kesalahan bahkan di dalam pekerjaan mereka. Tetapi, tugas kalian semua yang masih belajar Digital Marketing adalah tidak mengulangi kesalahan yang pernah terjadi. Dengan merefleksikan kesalahan-kesalahan yang pernah ada, kalian dapat meningkatkan kualitas diri kalian dan juga karya kalian. Jenis kesalahan Digital Marketing dapat kalian temukan pada saat kalian belajar dan juga di saat kalian melakukan praktik.

Tidak Memakai Tools Secara Optimal

Nah, Media sosial dan situs web merupakan tools yang paling utama dalam melancarkan strategi Digital Marketing. Tetapi, seringkali kita menemukan perusahaan-perusahaan yang hanya memposting foto-foto dari produk mereka saja dengan copy dan caption yang alakadarnya.

Mereka juga jarang terdapat konten-konten menarik yang berkaitan dengan produk untuk berinteraksi dengan customer.

Ada juga kasus di mana perusahaan memuat informasi tidak lengkap di situs web mereka, atau bahkan tidak memiliki situs web sama sekali. Dengan adanya kesalahan ini, orang-orang pun tidak ada yang tertarik untuk membeli produk mereka. Media sosial dan situs web mereka juga akan sepi traffic-nya dan engagement-nya juga akan sedikit.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan ShopeePayLater yang Diberikan

Strategi Yang Tidak Fokus

Biasanya saking ambisisusnya para Digital Marketer dari brand, mereka sampai membuat terlalu banyak strategi. Namun, apa yang berlebihan juga pasti akan membuahkan hasil yang tak baik. Terlalu banyak strategi akan membuat rencana pemasaran menjadi tidak fokus. Inilah pentingnya bagi kalian untuk sudah merumuskan tujuan dari Digital Marketing produk kalian.

Kalian juga harus melakukan banyak riset, terutama riset konsumen sebelum membuat strategi. Jika strategi yang kalian buat tidak berhasil, maka kalian akan rugi baik di dalam waktu maupun biaya yang dikeluarkan.

Kurang Riset akan Target Audiens

Poin ini menyambung kedua poin di atas. Sesudah menetapkan tujuan dari Digital Marketing dan juga identitas produk, kalian juga harus melakukan riset pasar. Riset kalian harus menjawab pertanyaan “untuk siapa produk ini ditujukan?” dan juga “apa yang calon target pasar sukai?”. Jangan lupa untuk melakukan riset terhadap tren dan perilaku dari target audiens. Jika kalian tidak melakukan riset, strategi yang kalian buat nantinya akan menjadi tidak berarah dan membabi buta. Kurangnya data yang kalian peroleh dari riset sama dengan kurangnya informasi yang berguna untuk pemasaran produk.

Tahap riset yang tidak maksimal akan menghasilkan pemasaran produk yang tidak terencana dan dapat menyebabkan turunnya penjualan.

Salah Pilih KOL

Banyak brand yang sering mengalami kesulitan saat memilih Key Opinion Leader (KOL). KOL yang mereka pilih haruslah dapat merepresentasikan identitas dari brand mereka. Misalnya, jika mereka ingin produk mereka bernuansa riang dan youthful, mereka haruslah memilih KOL dengan persona yang sama. Kesalahan yang sering terjadi adalah saat para brand menunjuk KOL dengan persona yang berbanding terbalik dengan value perusahaan. Selain itu, kesalahan yang sering terjadi juga adalah kurangnya riset saat memilih KOL. Digital Marketer harus melakukan background check yang menyeluruh saat memilih KOL untuk produk mereka. Mereka harus memastikan bahwa calon KOL tidak memiliki rekam jejak negatif ataupun terlibat dengan skandal. Jika menyewa KOL yang terlibat skandal, maka nama brand juga akan dapat tercoreng sehingga menghilangkan kepercayaan customer.

Teman-teman, itu dia kesalahan yang paling umum terjadi di dunia Digital Marketing. Kedepannya, kalian harus memperhatikan langkah kalia agar tidak melakukan kesalahan-kesalahan ini, ya! Ingin belajar Digital Marketing lebih dalam lagi agar terhindar dari kesalahan-kesalahan ini? Yuk, mulai bisnis online bersama kami 101Red

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here