5 Cara Mendominasi Pemasaran Media Sosial pada tahun 2020

444
5 Cara Mendominasi Pemasaran Media Sosial pada tahun 2020
5 Cara Mendominasi Pemasaran Media Sosial pada tahun 2020

Bisnis Jualan Online – Sementara media sosial terus memainkan peran besar dalam kehidupan orang Amerika baik secara pribadi maupun profesional, ada juga kekhawatiran yang semakin besar yang perlu diperhatikan oleh para marketer. Misalnya, studi Pusat Penelitian 2018 Pew menemukan bahwa media sosial mengambil alih surat kabar cetak sebagai sumber berita yang lebih populer, namun studi 2019 Pew mengungkapkan bahwa 62 persen orang dewasa di AS berpikir perusahaan media sosial memiliki terlalu banyak kendali atas berita yang dilihat pengguna.

Menjelang tahun 2020, jejaring sosial tampaknya siap untuk keterlibatan aktif dan pengawasan aktif, dan perusahaan media sosial dapat dengan cepat mengubah cara mereka beroperasi sebagai hasilnya. Sebagai contoh, Twitter baru-baru ini mengumumkan mereka akan berhenti mengizinkan iklan politik, dan jaringan seperti Instagram sedang bereksperimen dengan menyembunyikan jumlah suka pada posting dalam upaya untuk membalikkan efek kesehatan mental negatif yang terkait dengan perbandingan media sosial, seperti yang dilaporkan CNET.

Untuk marketer, bahkan jika perubahan ini tampaknya tidak berlaku langsung ke merek Anda, mereka menggarisbawahi titik bahwa marketer media sosial cenderung beroperasi di tanah sewaan. Jaringan media sosial utama adalah perusahaan publik yang ada untuk mengembangkan bisnis mereka sendiri, bukan milik Anda. Mereka adalah orang-orang yang mengendalikan bagaimana platform mereka bekerja, dan upaya Anda untuk berhasil melalui media mereka, seperti membangun pengikut Anda untuk menjangkau audiens organik, pada dasarnya dapat dibuat tidak relevan dalam semalam.

Jadi, jika Anda ingin berhasil dalam lanskap media sosial yang berkembang ini, Anda harus mulai meletakkan data dan keputusan pemasaran lebih banyak di tangan Anda sendiri, daripada menyerahkan kontrol ke jaringan media sosial. Media sosial akan terus menjadi penting bagi marketer pada tahun 2020 dan seterusnya, tetapi untuk menjadi sukses di era baru ini, Anda perlu menggunakan media sosial lebih sebagai cara untuk mendapatkan kesempatan, daripada menjadikannya sebagai segalanya. akhir semua pemasaran.

Secara khusus, sesuai penjelasan di atas, Anda dapat mengambil langkah-langkah berikut untuk mendominasi pemasaran media sosial pada tahun 2020:

  1. Pimpin generasi dengan mengumpulkan data

Sementara di masa lalu, merek Anda mungkin akan menghargai metrik seperti pengikut dan suka, menjadi semakin jelas bahwa tindakan ini cenderung tidak terlalu berpengaruh. Yang lebih penting adalah kemampuan Anda untuk menghasilkan arahan berkualitas sehingga Anda dapat memasarkannya secara langsung, daripada sepenuhnya bergantung pada jaringan media sosial, terutama ketika suka gagal menerjemahkan ke penjualan. Karena itu, Anda harus bertujuan menggunakan media sosial sebagai sumber pengumpan untuk mengambil data seperti alamat email dan nomor telepon.

Cara terbaik untuk melakukan ini adalah mengarahkan pengguna media sosial ke halaman arahan di situs web Anda, di mana pengunjung dapat memilih untuk menerima sesuatu yang bernilai, seperti e-book, dengan imbalan informasi kontak mereka. Dari sana, Anda dapat menggunakan data itu dengan persyaratan Anda sendiri, apakah Anda memilih untuk menargetkan ulang melalui iklan Facebook, memasukkan kontak baru ke dalam pemasaran email Anda atau yang lainnya.

  1. Pemasaran pesan teks dengan SuperPhone

Tahun lalu, saya mewawancarai artis hip-hop Ryan Leslie yang meluncurkan platform olahpesan seluler baru bernama SuperPhone, dan sekarang saya menggunakan SuperPhone untuk membawa pemasaran media sosial saya ke tingkat berikutnya. Di profil Instagram saya, saya memiliki tombol yang memungkinkan orang untuk mengirim saya SMS melalui SuperPhone, dan ketika mereka melakukannya, mereka mendapatkan teks kembali dengan halaman arahan, yang memungkinkan saya untuk mengumpulkan data berharga. Karenanya, saya mengikat pemasaran media sosial dengan pemasaran pesan teks, semuanya sambil berfokus pada memiliki lebih banyak data di tangan saya sendiri daripada sepenuhnya bergantung pada platform media sosial.

Sebagai seorang marketer pada tahun 2020, Anda juga harus melihat bagaimana Anda dapat memasukkan pemasaran pesan teks ke dalam komunikasi merek Anda. Anda dapat memanfaatkan media sosial sebagai pengait, dan kemudian setelah Anda memiliki prospek yang dapat Anda pasarkan melalui teks, Anda bisa mendapatkan lebih banyak jarak tempuh dari audiens Anda dan menghindari kelelahan media sosial.

  1. Pesan pribadi di WhatsApp dan Slack

Mungkin sulit untuk menonjol di antara semua kebisingan di media sosial, itulah sebabnya pemasaran media sosial pada tahun 2020 harus mencakup cara untuk menghubungkan upaya media sosial Anda dengan metode pemasaran lainnya. Sepanjang jalur yang sama mengumpulkan data dan terlibat dalam pemasaran pesan teks, Anda juga dapat menggunakan jaringan media sosial utama sebagai sumber pengumpan untuk membuat grup pribadi di platform perpesanan seperti WhatsApp dan Slack.

Fokus pada pengikut Anda yang paling terlibat atau terhubung, yang dapat Anda identifikasi melalui platform mendengarkan sosial seperti Sprinklr, dan mengundang mereka untuk bergabung dengan grup pribadi di WhatsApp atau Slack. Dari sana, Anda dapat mem-bypass kebisingan di jaringan media sosial utama dan terlibat langsung dengan penggemar super Anda, seperti berbagi berita secara diam-diam dengan mereka atau meminta pendapat mereka tentang produk atau layanan baru yang Anda rencanakan untuk ditawarkan. Dari sana, penggemar yang terlibat ini dapat menyebarkan berita tentang merek Anda secara organik melalui saluran media sosial tradisional.

  1. Kumpulkan informasi atau atur umpan mendengarkan dengan Twitter

Cara lain untuk berkembang dalam hal ini lanskap media sosial yang berkembang adalah menggunakan jejaring sosial lebih banyak sebagai mesin pencari daripada sekadar megaphone untuk meneriakkan pesan merek Anda. Twitter khususnya menonjol sebagai mesin pencari real-time, di mana Anda dapat menemukan orang-orang yang berbicara tentang merek atau industri Anda, atau bahkan menemukan arahan langsung. Misalnya, sebagai pembicara publik, saya telah menyimpan pencarian di Twitter untuk “call for speaker,” dan saya dapat memonitor feed itu untuk melihat secara real-time siapa yang mencari pembicara konferensi. Kemudian, saya dapat menjangkau para penyelenggara konferensi untuk menawarkan layanan saya.

Baca juga: 4 Cara Mendapatkan Banyak Like di Instagram!

Demikian pula, profesional lain seperti agen real estat dapat mengatur feed Twitter untuk pencarian seperti “mencari untuk membeli rumah di Houston” atau “pindah ke Seattle” dan kemudian menjangkau klien potensial ini.

  1. Gunakan GIPHY

Terakhir, saya sarankan untuk membuat beberapa GIF yang terkait dengan merek Anda dan menambahkannya ke GIPHY. Ini adalah peretasan pertumbuhan berisiko rendah, hadiah tinggi, karena siapa pun dapat menemukan GIF Anda melalui GIPHY dan menambahkannya ke konten media sosial mereka. Jika halilintar menyerang dan beberapa pengguna yang memiliki kehadiran media sosial besar membagikan GIF Anda, Anda akhirnya bisa mengembangkan pengakuan merek Anda sendiri. Jika tidak, Anda masih memiliki beberapa GIF yang dapat Anda gunakan kapan saja untuk meningkatkan konten Anda sendiri.

Kelima tips ini dapat berfungsi baik sebagai strategi mandiri atau dalam kombinasi untuk membangun strategi pemasaran yang lebih komprehensif baik di media sosial dan di luar. Media sosial tidak akan hilang dengan cara apa pun, tetapi aturan mainnya berubah, dan jika Anda ingin berkembang di tahun 2020, Anda perlu beradaptasi.

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here