Tahukah Kamu Apa Itu Promosi dan Jenis-jenisnya

382
Tahukah Kamu Apa Itu Promosi dan Jenis-jenisnya
Tahukah Kamu Apa Itu Promosi dan Jenis-jenisnya

Promosi.. promosi.. promosi…

Jika kamu ditanya apa yang terpikirkan ketika disebutkan kata promosi? Kamu pasti berpendapat kata ini sangat erat kaitannya dengan jual beli barang atau jasa.

Ya kamu tidak salah, promosi memang sangat erat kaitannya denga dunia jual beli, ketika penjual bertemu pembeli, dan penjual menawarkan produknya, maka ini bisa dikatakan promosi.

Contoh lainnya adalah seseorang sedang kebingungan karena jualannya tidak laku-laku, maka ada seorang promoter yang menawarkan jasanya kepada penjual ini. Untuk mempromosikan produknya.

Pada contoh diatas, adalah konsep mempromosikan jasa promosi kepada penjual yang tidak tahu bagaimana cara berpromosi.

Nah loh, bingung kan.. hahaha..

Tenang asal kamu paham jika promosi itu adalah suatu aktivitas menawarkan barang atau jasa kepada pihak lain, dengan tujuan untuk mempengaruhi orang tersebut agar membeli, maka ini sudah termasuk promosi.

Oke sampai disini seharusnya sudah jelas tentang promosi.

Promosi sendiri terdiri dari tiga jenis berdasarkan media yang digunakan untuk promosi

  1. Media Mainstream

Bisa dibilang, promosi mainstream adalah promosi menggunakan media yang sudah lama digunakan, seperti promosi di TV, Radio, Majalah, Koran, dan lainnya.

Promosi dengan media ini, bukan berarti tidak laku, namun jangkauan, efektifitas, dan harga. Menjadi kendala terbesar di media ini.

  1. Media Fisik

Pernahkah kamu melihat spanduk, x banner, papan reklame dan semacamnya. Pasti pernah dong.. promosi sejenis ini merupakan jenis promosi yang paling pertama ada.

Sejak manusia mulai bertransaksi, promosi dengan suara lantang, tulisan di benda fisik, sudah menjadi kegiatan yang lumrah ditemui.

Media ini lebih terbatas lagi jangkauannya. Namun menawarkan harga yang lebih murah jika dibanding media Mainstream. Karena hanya bermodal suara lantang kamu bisa promosi kan?..

Baca juga : Perbedaan Antara Jualan B2B dan Jualan B2C

  1. Media Digital Online

Nah ini nih, media promosi yang sekaranga menjadi primadona. Dengan kemampuan konversi penjualan bisa mencapai berkali-kali lipat dibanding media konvensional.

Promosi melalui media ini, dipercaya sebagai suatu langkah baru dalam industri jual beli, karena media digital menawarkan jangkauan yang tak terbatas (selama ada internet), biaya yang lebih efisien, dan segudang keunggulan lainnya.

Baca juga: 5 Tips Yang Bisa Membantu Numbuhin Brand Kamu di Instagram

Jadi jangan sampai ketinggalan untuk memanfaatkan peluang bisnis online dan cobalah promosi produkmu dengan media digital ya.

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here