Smart Parents, Inilah Tips Mudah Ajari Si Kecil Belajar Saat Pandemi

18
Smart Parents, Inilah Tips Mudah Ajari Si Kecil Belajar Saat Pandemi
Smart Parents, Inilah Tips Mudah Ajari Si Kecil Belajar Saat Pandemi

Belajar Jualan Online – Semenjak pandemi Maret 2020 lalu, kegiatan belajar mengajar di sekolah dialihkan ke pembelajaran online. Biasanya, orang tua mempercayakan anak diajarkan guru di sekolah. Kini, hampir sebagian besar tugas guru dialihkan ke orang tua. 

Anak belum tentu memahami penjelasan guru yang disampaikan melalui media online. Tidak sedikit, orang tua stress mengajari anak belajar di rumah, ditambah pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Beberapa, tidak mengerti materi pembelajaran, dan tidak sabar mengajari anak. 

Namun, setiap permasalahan pasti ada solusi. Tips mengajari anak agar aktivitas belajar di rumah menyenangkan berikut selayaknya bisa Anda coba:

Pahami Tipe Gaya Belajar Anak 

Orang tua akan lebih mudah mengajari anak belajar, ketika mengetahui gaya belajar anak. Visual mengandalkan penglihatan, biasanya anak memperhatikan ekspresi wajah dan gerak bibir orang yang mengajarinya. 

Lalu, auditori mengandalkan pendengaran, pilih tempat yang tenang dan sunyi ketika mengajari anak tipe auditori. Serta, kinestetik yang menyukai kegiatan praktik dalam belajar, cenderung tidak bisa duduk lama. Di sela-sela mengajar, cobalah membuat permainan kecil.  

Baca juga: Anti Gagal! Ini Cara Mengajarkan Disiplin Pada Anak Melalui Kebiasaan

Buat Kesepakatan Dengan Anak 

Jadwal belajar perlu dibuat, agar kegiatan belajar di rumah dan waktu bermain anak seimbang. Misal, jam 08.00-12.00 waktu anak belajar, setelah itu istirahat selama satu jam. Lalu, dilanjutkan belajar sampai pukul 15.00, sore adalah waktu bermain anak. 

Manfaatkan Teknologi Untuk Belajar

Ilmu dapat diakses dengan mudah melalui gadget. Tugas orang tua adalah belajar bersama sambil mengajarkan anak melalui tutorial video tentang materi yang sulit dipahami. 

Mengganti Suasana Belajar 

Ada kalanya, anak suntuk belajar di dalam ruangan. Sesekali, cobalah belajar di lingkungan outdoor, dengan memanfaatkan taman rumah sebagai tempat belajar, untuk mendapatkan suasana baru.

Mengapresiasi 

Menyajikan makanan kesukaan atau memberi hadiah, ketika anak berhasil mendapatkan nilai bagus karena usahanya. Hal ini dapat menumbuhkan semangat belajar bagi anak.

Bukan hal yang mudah ketika mengajari anak belajar. Kuncinya adalah, orang tua harus memahami gaya belajar anak. Sehingga, anak dapat memahami materi yang diajarkan orang tua, dan bisa menyelesaikan tugas sekolah secara mandiri. 

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here