Sejauh Mana Internet Menjadi Bagian Penting Dalam Hidup Kita?

27

101Red – Semua orang saat ini hampir selalu telah memiliki smartphone. Apabila sudah memiliki ponsel pintar, pasti memiliki koneksi internet. Ponsel dan internet saat ini memang sudah menjadi bagian hidup kita yang tak terpisahkan. Namun, apa yang terjadi apabila tiba-tiba, kita terputus dengan jaringan internet? Ponselmu cuma dapat digunakan bermain dinosaurus lompat-lompat di Google Chrome? Hal itu tentu saja dapat membuat kita khawatir dan cemas.

Di New York, hal itu pernah terjadi. Walaupun bukan internet, warga Manhattan pernah cemas dan khawatir sebab layanan telepon rumah dihentikan salah satu perusahaan telekomunikasi pada sekitar 300 blok.

Usai kejadian tersebut, dilakukan survey yang ternyata hasil yang diperoleh sangatlah mengejutkan. Dua per tiga dari responden merasa khawatir karena kehilangan kontak dengan keluarga atau pun teman.

Kita meungkin saja beranggapan bahwa apa yang dikhawatirkan warga Manhattan termasuk berlebihan. Namun, hal itu sebenarnya dapat dikatakan lumrah, karena suatu hipotesa yang dihasilkan dari suatu studi oleh The Telegraph, bahwa ketika jauh dari internet atau ponsel, orang cenderung merasa khawatir dan gelisah.

Suatu studi yang dijalankan di Inggris ini menghasilkan suatu kesimpulan bahwa dari 2.163 pengguna ponsel, 53 persen di antaranya akan merasa cemas saat ponsel mereka raib, kehabisan baterai dan kuota, serta mengalami gangguan jaringan.

Saat ini di era modern begini, ponsel dan internet memiliki peran penting pada kehidupan manusia. Tidak hanya itu, dua hal tersebut mampu membuat efek candu bagi penggunanya. Menurut Psychology Today, dua pertiga orang Amerika Serikat tidur bersama ponsel pintar mereka. Sehingga menghasilkan sebuah istilah “Nomophobia”.

Nomophobia yang merupakan singkatan dari “No Mobile Phone Phobia” merupakan sebuah keadaan dimana seseorang mulai merasa cemas ketika terputus dari akses internet atau ponsel.

Mengapa hal itu bisa terjadi? Psychology Today menyebutkan bahwa tempat nyaman bagi orang-orang yang memiliki kecemasan sosial adalah internet. Pasalnya lewat internet, mereka bisa mendapat kemudahan interaksi di dunia maya tanpa khawatir dengan penilaian fisik atau perilaku.

Satista memberikan suatu fakta yang menarik terkait hal ini, bahwa generasi milenial bisa menghabiskan waktu lebih dari 3,7 jam sehari untuk online dan menggunakan perangkat mobile. Mereka sering menghabiskan waktunya menjelajahi internet untuk belanja, bertukar informasi, maupun menggunakan media sosial.

Apabila dilihat dari data-data yang diberikan, sepertinya memang benar internet telah menjadi bagian krusial di hidup kita. Nggak pakai internet lima menit saja, kita sudah kelabakan. Well, kita nggak bisa mengelak internet di hidup kita. Dia punya dampak positif maupun negatifnya. Nah, yang perlu kita lakukan sebagai pengguna, tentu menggunakan dan memanfaatkannya dengan lebih bijak. Menari diri sejenak dari dunia internet juga bukan masalah, lho. Lakukanlah apa yang menurut kamu baik untukmu.

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here