Rahasia Google Menjadi Bisnis Platform Digital yang Sukses

25

101Red – Ketika kita membahas bisnis platform digital, pasti yang terlintas adalah Google. Google lebih dari sekadar hebat dalam membangun brand awareness perusahaannya. Mereka berhasil masuk dalam cara hidup masyarakat modern. Bahkan secara tak sadar, hampir semua akivitas masyarakat dunia maya dan dunia nyata mengalir dan berkaitan dengan Google. Hebatnya, Google tidak berhasil sendirian, mereka juga berhasil membuka pintu keberhasilan pihak lain.

Bukan sekadar produk, tapi platform berbisnis

Perbedaan bisnis konvensional dan digital adalah apa yang diperdagangkan. Pada bisnis konvensional, anda akan dituntut membuat produk terbaik dan memasarkan dengan baik. Namun pada bisnis digital, anda tidak boleh sekadar memproduksi produk. Anda dituntut membuat platform berbisnis.
Perbedaan produk dan platform dalam bisnis adalah keterlibatan anda dengan pelanggan. Apabila anda hanya memproduksi suatu barang atau jasa, tanpa melibatkan pelanggan, untuk selanjutnya dikonsumsi masyarakat, berarti anda baru memproduksi produk. Produk dikonsumsi pelanggan sekadar untuk menyelesaikan atau memenuhi kebutuhannya.
Sedangkan platform lebih dari itu. Platform digunakan pelanggan bukan sekadar untuk menyelesaikan masalah atau kebutuhan jangka pendek. Melainkan, meningkatkan kualitas kehidupan pelanggan, dan memberikan colateral demage soft skill bagi pelanggan untuk mengembangkan karir atau usahanya.

Teguh Mempertahankan Corporate Culture

Anda tentu tahu bahwa pelanggan setia itu nyata dan ada dalam usaha digital. Mereka bukan sekadar pelanggan. Mereka adalah fans berat perusahaan dan semua platform yang anda sediakan.

Salah satu cara paling ampuh dalam mempertahankan kesetiaan pelanggan adalah menyebarluaskan filosofi organisasi dan corporate culture. Nilai-nilai itu bisa saja berupa nilai-nilai idealisme anda dalam menjalankan bisnis, atau nilai-nilai perjuangan bisnis anda yang cocok untuk kalangan tertentu.

Jadikan filosofis dan kultur perusahaan anda berada dalam platform yang anda sajikan. Buat pelanggan merasa cocok dengan nilai yang anda sajikan di tiap platform. Dan jaga nilai-nilai fundamental itu, tidak berubah sampai kapanpun.
Bersama-sama Berkembang

Bisnis digital yang dinamis ini menuntut anda senantiasa mempersiapkan perubahan dan peningkatan kualitas. Pastikan anda melakukan perubahan-perubahan itu bersama pelanggan. Karena hanya pelangganlah yang tahu apa yang sebenarnya mereka butuhkan. Hanya pelanggan yang tahu perubahan seperti apa yang dapat membuat platform anda lebih baik.
Perubahan dalam platform bisnis digital setidaknya dapat dibedakan menjadi dua. Pertama, perubahan untuk mengatasi masalah. Kedua, perubahan untuk meningkatkan kualitas. Untuk itu, Google juga punya dua contoh yang bisa kita pelajari untuk merespon tiap perubahan yang dibutuhkan.
Perubahan pertama, berubah untuk mengatasi masalah, bukan bug yang sifatnya teknis, namun masalah yang lebih besar. Dulu, referensi dari Google dianggap bukan sesuatu yang dapat dipertanggungjawabkan. Namun, Google melakukan perubahan ekstrem pada algoritmanya dan mengembangkan Google Scholar yang merupakan mesin pencari khusus penelitian ilmiah.

Tidak Menguasai Seluruh Sumberdaya

Bisnis konvensional memberlakukan sebuah doktrin kompetisi untuk memenangkan dan menguasai sebanyak mungkin. Perusahaan-perusahaan dalam bisnis konvensional didorong untuk berkompetisi saling berebut, dan menguasai sumber daya yang terbatas sebanyak mungkin. Lalu menggunakannya eksklusif hanya untuk keuntungan mereka.
Google mendobrak hal tersebut dan membuat ekosistem usaha digital sangat berbeda jauh. Alih-alih menguasai sumberdaya, Google justru bekerjasama dan membukan sumberdayanya untuk dimiliki oleh pihak lain. Ketika pihak ketiga itu maju, Google pun ikut terangkat.

Berinvestasi pada Ketidakmungkinan

Sejak dulu Google sudah biasa berinvestasi, mengembangkan, bahkan mengakuisisi banyak platform di internet. Platform yang kita kenal sekarang seperti Blogger, Youtube, Google Maps, awalnya bukanlah platform asli yang dikembangkan oleh Google.
Sebut saja Android. Operation System ponsel pintar yang menguasai pasar OS gawai bersama dengan IOS. Kalau kita mundur beberap tahun ke belakang, saat Android masih mulai merintis, semua produk ponsel saat itu menertawakan mereka.

Google tahu, saat itu mungkin Android memang menjadi platform yang tidak mungkin untuk diserap pasar. Namun Google tahu, pasar selalu dinamis, hal yang tidak mungkin dan tak diperhitungkan bisa menguasai pasar di masa depan.

Hingga saat ini, Google masih tetap begitu. Mereka berinvestasi pada banyak platform yang untuk saat ini terlihat tidak mungkin. Seperti Google Loon, Google Nest, Project Ara, dan banyak proyek lainnya. Semua platform tersebut memang tidak didesain untuk memenangkan pasar saat ini, tapi untuk memenangkan pasar lima atau sepuluh tahun lagi.

Seperti itulah bersaing dalam bisnis digital. Mampu melihat peluang dengan jeli, sanggup berinventasi pada platform yang tidak mungkin laku untuk saat ini.

 

Google bisa kita jadikan sebuah pelajaran untuk dapat bertarung dalam persaingan digital bisnis. dan satu hal yang bisa diambil pelajaran, jadilah bermanfaat untuk orang lain maka nilai diri kita juga akan meningkat.

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here