Penat Bekerja? Ayo, Hilangkan dengan 6 Tips

47
Scene of Furious boss scolding asian young couple businesswoman in formal suit by point to her face in modern office, Business mistake and punish concept

 

101Red – Tidak bisa dipungkiri, saat kita menjalani rutinitas pekerjaan yang sama setiap harinya, sering kali membuat pikiran kita penat, bosan, bahkan jenuh. Belum lagi dihadapkan dengan tugas yang menumpuk sampai ke langit, deadline yang membuat hati dag dig dug, sehingga tidak ada waktu istirahat sedikit pun. Pastinya stress banget!

Namun tenang dulu, sepertinya bukan kamu doang deh yang merasakan itu. Hampir rata-rata orang yang bekerja juga merasakannya kok. Yap, wajar saja penat yang kita alami membuat kita jenuh. Walaupun demikian, kita dapat cari tahu solusinya dahulu sebelum memutuskan untuk resign.

 

Ayo, kita coba beberapa tips di bawah ini! Semoga jitu ya.

  1. Luangkan waktu untuk istirahat

Kamu terlalu fokus pada pekerjaan sampai-sampai lupa waktu. Segala sesuatu hal yang terlalu atau memaksa itu tidak baik, bahkan terlalu fokus dalam bekerja. Bisa saja produktivitas kamu yang menurun. Tubuh kamu juga butuh istirahat. Cobalah untuk istirahat sebentar, jangan ambil lebur terus.

 

  1. Buat suasana baru di tempat kerja

Tahukah kamu bahwa bekerja dalam suasana yang sama dan dalam waktu yang cukup lama bisa juga memicu kejenuhan dan rasa bosan. Cobalah untuk melakukan sesuatu yang baru untuk membunuh rasa kebosananmu. Misalnya dengan memberikan sentuhan-sentuhan baru dalam ruang atau meja kerjamu.

Tidak harus dengan mengganti walpaper dinding atau mengganti meja kerjamu untuk membuat suasana baru. Akan tetapi bisa juga dengan membersihkan meja kerja dan menata ulang pernak-pernik yang ada di atasnya agar lebih rapi dan lebih banyak ruang gerak. Kamu juga bisa menambah beberapa hiasan sederhana untuk mempercantik tampilan. Misalnya, pot bunga, bingkai foto dengan sahabat atau keluarga, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Upaya mengatasi Burn Out dalam Bekerja

  1. Sharing dengan teman kerja atau sahabat

Ketika pikiran kamu terasa penat, kamu bisa sharing mengenai apa saja yang sedang kamu alami saat ini barangkali mereka juga pernah mengalami hal yang sama. Kamu bisa coba cerita dengan teman seperjuangan seperti teman kantor atau sahabat dekat.

Memang sharing atau curhat tidak selalu dapat menemukan solusi, namun beberapa dari penelitian mengatakan bahwa sharing atau curhat dapat membuat kamu merasa lebih baik, karena setidaknya beban yang sedang kamu alami sudah terbagi ke pendengarnya dan sedikit berkurang.

 

  1. Kumpul bersama dengan teman-teman

Pada saat kamu rehat, cobalah untuk mengajak teman-teman yang ada untuk kumpul atau nongkrong. Bisa dengan teman sekolah, teman kantor, atau dengan teman masa kecil. Kumpul dan bercanda bersama teman-teman itu penting juga loh. Hal itu juga dapat membuat pikiran jadi lebih tenang, santai, dan rileks.

 

  1. Liburan atau holiday!

Kamu dapat menggunakan weeked atau mengambil cuti 1-2 hari untuk jalan-jalan. Lakukanlah perjalanan ke tempat wisata yang menyenangkan, tidak perlu yang mahal, yang sederhana juga cukup, yang penting senang. Kamu juga dapat mengambil wisata alam, misalnya ke gunung atau pantai. Jangan ke mal, karena kemungkinan akan menambah penat yang ada.

Tidak apa-apa sih bila kamu malas keluar dan ingin di rumah saja. Kamu dapat memasak makanan kesukaan kamu atau juga menonton film.

 

  1. Belum hilang juga? Coba berefleksi!

Belum hilang juga? Coba berefleksi. Bisa saja bukan pikiran kamu yang penat, hanya saja hatimu. Liburan juga tidak dapat menyelesaikan masalah hati karena dia mempunyai aturannya sendiri. Cobalah untuk mengambil jeda dan mencari apa yang hati kamu butuhkan.

Jangan-jangan karena sudah kelamaan menjomblo jadi kosong dan berdebu hatinya. Coba cari pasangan gih!

 

Yuk, mulai bisnis online bersama kami 101Red

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here