Lea Kusumawijaya: Inspirasi Wanita Hebat Yang Mampu Memimpin Bisnis

632

Peluang Bisnis Online Siapa bilang wanita tidak bisa memimpin perusahaan besar? Bagi sebagian besar wanita ketika ditanya terkait cita-cita atau profesi yang diinginkan, pasti jawabannya akan sangat beragam. Beberapa dari mereka mungkin ingin menjadi pegawai, pengusaha atau profesi lainnya. Hal tersebut tentu sangat berbeda jika dibandingkan dengan keadaan perempuan pada masa lalu. Dulu atribut wanita yang disematkan seakan-akan identik dengan keterbatasan baik keterbatasan dalam berperilaku ataupun berkarya. Bukankah begitu?

Namun bagi para wanita sekarang ini tidak perlu bingung ataupun khawatir karena pola pikir pada masa lalu tersebut pelan-pelan telah berubah. Saat ini, para wanita bisa bebas berkarya, berperilaku dan bertindak sesuai dengan keinginan asalkan masih menghormati nilai-nilai kesopanan.

Dibalut dengan nilai emansipasi wanita, kaum hawa kini pun mulai mempunyai kesempatan yang sama untuk menjalankan berbagai hal yang positif. Tidak ketinggalan dengan dunia bisnis, sekarang ini juga sudah banyak para wanita yang menduduki posisi penting dalam sebuah perusahaan besar.

Salah satu wanita hebat yang bisa menginspirasi kita semua adalah CFO dari Standar Chartered Indonesia. Lea Kusumawijaya merupakan seorang CFO dari perusahan multi nasional yang sangat terkenal di Indonesia. Bagaimana kisah perjalanan Lea Kusumawijaya hingga mencapai titik sekarang ini? Simak ulasannya dibawah ini

Awal Karir Lea Kusumawijaya

Sepak terjang Lea Kusumawijaya dimulai setelah ia menyelesaikan studinya di Universitas Trisakti, Jakarta. Tidak lama setelahnya, Perempuan yang kerap disapa lea ini mulai menapaki jejak karier pertama nya di salah satu perusahaan terkenal. Lea sendiri mulai bekerja di perusahaan tersebut sebagai seorang konsultan mulai tahun 1994.

Setelah enam tahun menjadi konsultan, akhirnya Lea memutuskan keluar atau resign tepat pada tahun 2000 dan pindah ke perusahaan besar lainnya yakni PWC. Salah satu kesempatan besar yang tidak ia sia-siakan saat bekerja di PWC yaitu mendapatkan tawaran untuk melanjutkan pendidikan S2 di Inggris.

Berbekal ilmu dan juga pengalaman serta pendidikan yang dimiliki tersebut, membuat Lea mampu mengembangkan karier nya ke tahap lebih tinggi. Ia mendapatkan jabatan sebagai seorang eksekutif  yang mana karier perdananya yaitu sebagai Vice President Lippo Bank selama dua tahun. Hingga akhirnya sekarang ini Lea memutuskan untuk menetap di perusahaan perbankan dan finansial , Standard Chartered.

Sempat Ditempatkan Di Luar Negeri

Setelah bergabung dengan perusahaan besar Standard Chartered, Lea mendapatkan posisi yang bisa dikatakan sangat prestisius. Posisi yang dia jabat pada saat itu yaitu CFO atau Chief Financial Operations. Tidak hanya mendapatkan tanggung jawab yang besar yaitu sebagai CFO, Lea harus berani menghadapi tantangan dengan ditempatkan di Standard Chartered Filipina pada tahun 2013. Ketika dipindah pun Lea tidak mendapatkan kesulitan yang cukup berarti karena menurutnya ia harus siap dengan tantangan yang telah diberikan.

Pada tahun 2014, Lea akhirnya dipindahkan kembali ke Indonesia untuk melanjutkan jabatannya sebagai CFO. Menurut Lea menjadi seorang CFO memiliki tanggung jawab yang sangat besar. Tidak hanya fasik dalam hal teknis perbankan saja tetapi juga harus mampu menangkap dinamika pasar yang tidak menentu. Dengan semakin fluktuatif nya perekonomian yang ada di Indonesia saat ini akan membuat para CFO perusahan menjadi sibuk dengan semua tantangan.

Dari Lea Kusumawijaya kita bisa belajar bahwa terkait isu gender sudah tidak perlu dikhawatirkan. Tidak hanya di Indonesia, kesetaraan gender tersebut sudah diterapkan di negara-negara lainnya seperti Thailand dan juga Filipina. Dalam hal ini Lea juga menegaskan bahwa perempuan juga memiliki sense kepemimpinan yang tidak kalah potensial dibandingkan dengan kaum adam

Nah itulah ulasan singkat tentang seorang Lea Kusumawijaya yang bisa membuktikan bahwa wanita pun bisa memimpin perusahaan besar. Seorang wanita punya hak untuk mencapai semua mimpi-mimpinya. Pastikan kita selalu semangat dan berusaha. Semoga informasi diatas dapat menginspirasi kita semua.

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here