Kisah Inspiratif Pendiri Kitabisa.com

252

101Red – Tahukah Anda, Apa itu situs kitabisa.com? Atau pernahkah Anda berdonasi di kitabisa.com? Kitabisa.com  merupakan situ donasi yang populer di Indonesia yang sudah membantu banyak orang yang membutuhkan.

Mungkin sebagian masyarakat Indonesia tidak asing lagi dengan situ kitabisa.com. Namun, tahukah Anda siapa pendirinya? Dialah M. Alfatih Timur atau yang akrab disapa Timmy. Timmy merupakan kelahiran Bukittinggi, Sumatera Barat.  Timmy juga meruapakan mantan aktivis mahasiswa sewaktu berkuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Sebelum membentuk kitabisa.com Timmy bekerja sebaga asisten Prof Rhenald Kasali di Rumah Perubahan dan aktif di Asosiasi Kewirausahaan Sosial Indonesia. Yuk, kita telusuri perjalanan dia merintis website kitabisa.com hingga sesukses sekarang.

 

Perjalanan M. Alfatih Timur

Pada 2005-2007, Timmy masuk dalam kelas akselerasi SMA Negeri 1 Padang. Sebagai siswa akselerasi, ternyata membuat Timmy harus kehilangan percaya dirinya. Pasalnya, Timmy harus bergaul dengan siswa yang usianya dua tahun di atasnya. Dikutip dari laman Indonesiaraya, pria yang akrab disapa Timmy ini mengaku sewaktu SMA adalah orang yang nerd alias culun punya.

Setelah lulus SMA, Timmy memilih merantau ke Depok untuk melanjutkan pendidikan di Univesitas Indonesia, Fakultas Ekonomi. Pesan kedua orang tuanya sewaktu ia pindah ke Depok dari kampung halamannya di Padang, ia harus memperbanyak teman dan mengikuti organisasi untuk mengasah kemampuan bersosialnya. Saat kuliah, Timmy aktif dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan. Dia tercatat penah menjabat sebagai Ketua Departemen Kemahasiswaan BEM Fakultas Ekonomi UI dan BEM UI. Tidak hanya kumpul-kumpul, Timmy yang juga aktivis kampus selalu berdiskusi tentang sosial dan politik. Tidak hanya membahas tentang politik, Timmy juga sering kali turun ke jalan untuk menyuarakan aspirasi rakyat. Dalam sebulan, Timmy bisa melakukan aksi demonstrasi. Timmy mengaku, masa-masa ini adalah tempat untuk mencari makna hidup. Timmy menyadari banyak masyarakat lapisan bawah yang masih memiliki tekanan hidup.

Sesuai dengan bidangnya, Timmy tertarik meniti karier di dunia kewirausahaan saat bekerja dengan Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI, Rhenald Kasali. Rhenald Kasali merupakan dosennya sewaktu kuliah yang juga dikenal sebagai praktisi bisnis di Indonesia.

Melalui bimbingan Rhenald Kasali itu, Timmy mendapatkan ilmu tentang dunia wirausaha sosial dan dunia inovasi sosial. Dari pengalamannya tersebut, Timmy berpikir bahwa di Indonesia belum ada aksi penggalangan dana, jadi ia bertekat untuk membuat situs untuk donasi.

Kemudian dia rajin browsing internet dan menemukan aksi crowdfunding (urun dana). Tepatnya, pada 26 Desember 2012 Timmy membuat konsep kitabisa.com. dan akhirnya mendirikannya pada 6 Juni 2013.

Setelah situs kitabisa.com berhasil dibuat, dan Timmy pun sudah melakukan sosialisasi namun usahanya tidak sesuai ekspetasi. Selama dua tahun pertama, situs kitabisa.com bahkan tidak adanya pemasukan donasi yang bisa dihimpun. Namun, hal itu tidak membuatnya langsung menyerah.

Dengan sisa uang pernikahan, Timmy berusaha meningkatkan situsnya itu, hingga akhirnya Timmy berhasil menggandeng investor untuk mengembangkan bisnisnya ini. Aksi sosialnya sekarang menjadikan kitabisa.com sebagai situs paling sering digunakan masyarakat Indonesia untuk melakukan penggalangan dana. Sekitar 936.720 orang sudah bergabung dan total angka donasi yang tersalurkan mencapai angka Rp377 miliar. Dan sejauh ini belum ada kasus penipuan di situs kitabisa.com.

Sejak mengembangkan Kitabisa.com, dia makin dikenal sebagai penggerak perubahan sosial ekonomi masyarakat. Tak salah, bila ide cemerlangnya, Timmy mendapatkan penghargaan sebagai salah satu kategori wirausaha sosial di bawah usia 30 tingkat Asia versi majalah Forbes.

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here