Ketahui 5 Rahasia Sukses Orang Jepang Yang Wajib Dicontoh

394

101red.com – Seperti yang diketahui, Jepang merupakan salah satu negara di Asia yang maju dan sukses dalam banyak hal. Saking sukses nya negara ini, Jepang merupakan salah satu pusat teknologi yang sudah diakui oleh dunia. Karena perannya tersebut tidak heran jika negara Jepang memiliki tingkat perekonomian terbaik se-Asia Timur.

Untuk mencapai kesuksesan tersebut tentu saja ada banyak tantangan yang harus dihadapi oleh orang Jepang. Apalagi pada tahun 2011 lalu, Jepang mengalami bencana besar yakni bencana Tsunami yang melibas beberapa pusat kota Jepang. Karena peristiwa tersebut, aktivitas perekonomian di Jepang pun sempat lumpuh total. Namun bukan negara Jepang namanya jika tidak dapat mengatasi masalah tersebut dengan cepat. Tidak perlu waktu lama, bisa Jepang kembali bangkit dan menjadikannya sebagai negara superior. Sebenarnya apa rahasia sukses dari orang Jepang tersebut? Simak ulasannya berikut ini:

Tingginya Budaya Rasa Malu Orang Jepang

Rahasia sukses orang Jepang yang pertama yaitu memiliki budaya rasa malu yang cukup tinggi. Perlu diketahui bahwa kebanyakan orang Jepang akan merasa malu bila gagal atau kesalahan dalam melakukan tugasnya. Bahkan dulu banyak orang yang lebih memilih melakukan bunuh diri ketika gagal dalam tugas yang diberikan.

Budaya rasa malu yang tinggi tersebut cenderung akan membuat masyarakat Jepang ketika mengalami kegagalan atau tidak memiliki prestasi. Karena rasa malu yang tinggi tersebut akan membuat seseorang lebih terpacu untuk berusaha dan bekerja lebih baik.

Kebiasaan Mandiri Sejak Kecil

Rahasia kesuksesan negara Jepang selanjutnya yang patut untuk ditiru yaitu kebiasaan dididik untuk mandiri sejak kecil. Tahukah Anda bahwa anak TK di negara Jepang sudah terbiasa membawa tas dan tempat makan/minum sendiri. Tentu saja kebiasaan tersebut berbeda jauh dengan kebiasaan yang diterapkan oleh orang tua di Indonesia.

Selain membawa tas dan tempat makan, mereka juga diberi tugas membersihkan sekolah mereka. Lumayan ekstrim juga ya! Setelah lulus SMA dan kuliah pun anak-anak di Jepang sudah tidak lagi meminta uang ke orang tua nya. Mereka harus bekerja part time untuk membayar biaya kuliah dan biaya hidupnya.

Suka Bekerja Keras

Sebagian dari Anda pasti sudah tahu bahwa kebiasaan dari orang Jepang ini suka sekali bekerja keras. Kebiasaan inilah yang menjadi salah satu rahasia sukses Negeri Matahari ini. Para pekerja di Jepang bahkan sudah terbiasa bekerja lebih dari 8 jam dalam seharian.

Meski kebiasaan ini tidak baik untuk kesehatan jika dilakukan secara terus menerus, tetapi orang Jepang masih banyak yang melakukannya. Karena kebiasaan tidak sehat inilah, banyak orang di Jepang yang meninggal di usia muda.

Gigih Dan Pantang Menyerah

Seperti yang diketahui, Jepang memiliki masa kelam yang mungkin sampai saat ini sulit untuk dilupakan. Kita semua tahu bahwa dua kota penting di Jepang yakni Hiroshima dan Nagasaki dihancurkan oleh bom atom.

Akibat dari ledakan bom tersebut, infrastruktur di Jepang mengalami kerusakan parah dan menyebabkan terhentinya kegiatan ekonomi dan juga politik. Ternyata hal tersebut juga berdampak pada psikologi dari masyarakat Jepang. Karena masalah-masalah besar itulah, orang jepang menjadi gigih dan pantang menyerah dalam berbagai hal yang dihadapi.

Loyalitas Dan Totalitas

Satu lagi rahasia kesuksesan negara Jepang yaitu sikap loyalitas dan totalitas yang dimiliki oleh orang Jepang. Tahukah Anda bahwa orang-orang dari negeri Sakura ini terkenal akan loyalitas dan totalitas dalam melakukan pekerjaan. Di Jepang sendiri banyak sekali perusahaan yang lebih memilih fresh graduate.

Hal tersebut bertujuan untuk melatih budaya loyalitas dan totalitas pada karyawan baru. Sehingga tidak heran jika kebanyakan orang Jepang akan bekerja di satu atau dua perusahaan sampai mereka memasuki masa pensiun.

Baca juga: Hidup Flat-Flat Saja? Ketahui Cara Hidup Agar Hidup Lebih Berwarna

Nah itulah beberapa rahasia kesuksesan negara Jepang hingga dikenal menjadi negara maju di dunia. Bukan tidak mungkin Indonesia juga bisa seperti negara Jepang apabila menerapkan beberapa kebiasaan diatas. Semoga menginspirasi kita semua!

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here