Kerja atau Memulai Usaha Setelah Tamat Kuliah?

350

Bisnis modal kecil – Tidak hanya dilema saat menyelesaikan pendidikan di bangku kuliah. Usai tamat dari perkuliahan, para lulusan pun sering dibingungkan dengan pilihan. Kerja atau memulai usaha? Atau menikah? Tidak ya, kali ini kita hanya memperbandingkan keputusan memilih kerja atau memulai usaha.

Beredar bermacam tulisan menganjurkan untuk memulai usaha daripada bekerja. Jika ditanya semua tulisan tersebut benar atau tidak? Ya, benar. Memulai usaha lebih baik daripada bekerja. Sebab, selain mengembangkan diri kamu juga bisa memberikan manfaat untuk orang lain. Membuka usaha, sama saja seperti memberi peluang bagi para pengangguran.

Namun, apakah pilihan yang tepat setelah tamat kuliah langsung memulai usaha? Keputusan ini, kurang tepat bagi kamu yang belum memiliki pengalaman apapun. Ada baiknya, kamu cicipi dunia kerja terlebih dahulu. Setelahnya barulah membuka usaha sendiri? Hal ini sering dialami oleh lulusan yang sudah menentukan tujuannya setelah lulus.

Pemikiran calon mahasiswa ketika memutuskan untuk bekerja, agar kelak bisa mendapatkan pekerjaan dengan upah yang layak melalui gelar mereka. Apakah pemikiran demikian salah? Ya, pemikiran seperti itu kurang tepat.

Mengapa? Hal tersebut bisa berpengaruh proses belajar si mahasiswa ini. Tujuannya berkuliah adalah mendapatkan gelar, setelah tamat, bekerja di tempat yang enak dengan upah yang pantas. Mereka hanya mengejar nilai, bukan jaringan, pengetahuan lain atau pengalaman berorganisasi.

Berbeda dengan seseorang yang memiliki tujuan ingin memulai usaha, setelah berhasil mengenyam pendidikan di perkuliahan. Mereka dominan mencari pengalaman, kenalan, relasi dan melakukan eksperimen di bidang yang mereka pelajari.

Proses kuliah pun terasa menyenangkan dan menantang, karena untuk memulai usaha dan sudah memiliki tujuan tersebut sebelum kuliah. Dapat mengubah pola pikirnya untuk menjalani pelajaran di bangku kuliah.

Lantas manakah yang lebih tepat? Kerja atau memulai usaha setelah tamat kuliah? Jawabannya adalah Bekerja. Mengapa? Tapi, banyak orang sukses mengatakan jangan berpikir seperti seorang pekerja, kenapa tamat kuliah lebih tepat bekerja? Simak jawabannya berikut!

Pengalaman

Jika kamu lulusan yang belum memiliki banyak pengalaman, baik bekerja ataupun berbisnis. Lebih baik pupuk mentalmu dulu dengan bekerja pada orang lain, sebelum memulai usaha sendiri. Mengapa demikian? Sebab, mental seorang pembisnis lebih dari seorang pekerja. Pengalaman harus komponen penting bagi diri seorang pembisnis kecil sekali pun.

Kamu bekerja setahun atau dua tahun sebagai pengalaman saja. Hati-hati, jangan terlalu nyaman di zona aman. Buatlah komitmen setelah tiga atau empat tahun bekerja, kamu harus berhenti dan memulai membuka bisnis. Pengalaman dari tempatmu bekerja, bisa menjadi bekal yang luar biasa membantu proses usaha rintisanmu.

Modal

Tidak apa jika kamu langsung memulai usaha, setelah lulus di perkuliahan. Asal, kamu sudah yakin mampu dalam pengalaman, pengetahuan dan modal untuk usaha yang kamu bangun. Tetapi, kalau kamu belum siap akan hal-hal itu. Jangan terlalu dipaksa.

Perkara kendala modal. Kamu bisa merelakan diri bekerja untuk beberapa waktu. Mengumpulkan ilmu, pengalaman dan modal usaha. Supaya apa? Supaya kamu bisa lebih survive menjalani proses usaha yang telah kamu rencanakan. Supaya matang dalam menghadapi segala problema pembisnis.

Pengalaman dan Modal dua hal yang harus ada di diri kamu. Kedua hal itulah yang menjadi bekal dalam melalui setiap permasalahan yang ada.Terserah, mau bekerja sebagai apa? Bahkan kalau kamu bisa mengalahkan gengsi dan ego. Lebih baik menjadi pekerja berat atau kasar. Agar kamu terbiasa kondisi di titik terendah. Kalau kamu sudah terbiasa di titik itu. Lebih mudah, mencapai titik yang tinggi.

Baca juga : Bisnis Tanpa Modal? Jadi Dropshiper Yuk!

Sekarang, kamu mau bekerja dulu atau langsung membuka usaha? Semua kuputusan adalah hakmu. Pikirkan saja mana yang nyaman dan tepat untukmu. Asal, jangan bermalas diri terus milih menganggur ya.

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here