Kenali Beragam Jenis Pencatatan Bisnis yang Perlu Dilakukan

46
Kenali Beragam Jenis Pencatatan Bisnis yang Perlu Dilakukan
Kenali Beragam Jenis Pencatatan Bisnis yang Perlu Dilakukan

Tips Bisnis – Dalam menjalankan bisnis, terdapat jenis-jenis pencatatan yang wajib dilakukan. Pembukuan merupakan salah satu hal penting bagi suatu perusahaan.

Sistem pembukuan ini tak hanya perlu diterapkan oleh perusahaan besar, tapi usaha kecil menengah (seperti UKM) yang sedang berkembang juga perlu menerapkannya. 

Ada banyak hal yang butuh dilaksanakan agar bisnis dapat berkembang. Di antaranya yakni meningkatkan kualitas, meningkatkan penjualan, menambah jumlah produk, dan lain sebagainya. 

Untuk meraih angka penjualan produk yang tinggi, terdapat banyak hal yang seringkali membuat Anda lupa satu hal yang penting. Hal penting itu adalah pendataan keuangan. 

Pencatatan yang Harus Dilakukan Setiap Pebisnis

Tentunya dengan tersusunnya pendataan keuangan yang sistematis, pengusaha dapat melihat serta menganalisa perputaran uang dalam bisnis. Di samping itu, dapat memudahkan dalam mengambil tindakan bila ada penyimpangan dari rencana yang telah diumumkan sebelumnya. 

Apa saja jenis-jenis pencatatan yang perlu dilakukan perusahaan? Berikut penjelasannya.

  • Catatan Pengeluaran

Saat memulai bisnis, Anda perlu membuat buku terpisah yang didedikasikan untuk mencatat semua aktivitas pengeluaran. Pengeluaran ini termasuk pembelian bahan baku, operasional dan gaji karyawan. Secara umum terdapat dua jenis biaya yaitu biaya langsung dan biaya tidak langsung.

Baca juga: Inilah 7 Alasan Kolaborasi Bisnis Penting Bagi Pengusaha

Biaya langsung adalah biaya pembelian bahan baku yang biasanya terjadi pada hari tertentu atau bahkan pada hari yang sama. Sementara itu, biaya tidak langsung biasanya digunakan dalam bentuk anggaran untuk berbagai biaya operasional, seperti panggilan telepon, tagihan listrik, gaji karyawan, Internet, PDAM, dan lain sebagainya yang dibayarkan setiap bulan. 

Catatan keuangan bisnis pasti akan membantu Anda memahami berapa banyak modal bisnis yang telah dikeluarkan, sehingga lebih mudah untuk menentukan tujuan dan rencana masa depan.

  • Catatan Pemasukan

Tidak hanya pengeluaran, tetapi catatan pendapatan juga sangat penting bagi setiap perusahaan. Tujuan penulisan pendapatan adalah untuk mencatat semua pendapatan yang diperoleh dari penjualan produk atau jasa. 

Tentunya penulisan ini harus dilakukan dengan benar dan benar. Selain itu, Anda dapat menyimpan berbagai bukti transaksi, seperti faktur, kuitansi, dan kuitansi, untuk memastikan catatan yang benar. 

Catatan keuangan, pengeluaran dan pendapatan semuanya sangat penting. Dengan memiliki catatan keuangan yang benar, Anda juga dapat memantau situasi keuangan perusahaan Anda.

Setelah Anda mengetahui jenis-jenis pencatatan keuangan, kini Anda dapat lebih mudah mempersiapkan pembukuan bisnis Anda. Di era digital ini, Anda dapat menggunakan software pembukuan. 

Keuntungannya adalah Anda dapat dengan mudah dan real-time memantau dan mengendalikan bisnis, sehingga membuat catatan keuangan lebih praktis dan teratur.

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here