Jason Lamuda Berhasil Kembangkan BerryBenka dengan Prinsip Work-life Balance

1020

Bisnis Jualan Online – Memilih menjadi pebisnis pada bidang startup digital tentu akan banyak hal dan tantangan baru yang harus dihadapi. Banyak founder yang harus bekerja ekstra agar mampu mengatasi segala hal yang menjadi tantangan dan rintangannya. Hal tersebut dilakukan oleh Jason Lamuda yang merupakan seorang pendiri sekaligus CEO BerryBenka.

Perjalanan Menarik dari Jason Lamuda Pendiri BerryBenka

Jason Lamuda merupakan pendiri sekaligus CEO BerryBenka yang berprinsip Work-life Balance. Pencapaian dari  usaha di bidang startup digital ini tentu tidaklah mudah. Pengusaha lain tentu akan mengandalkan kerja keras dalam merintis usahanya tersebut. Namun lain halnya dengan Jason yang menetapkan prinsip untuk memiliki Work-life Balance.

Sebelum mendirikan perusahaan sendiri, Jason Lamuda bekerja selama dua tahun sebagai Analyst di Mckinsey & Company dari bulan Agustus 2008. Setelah memutuskan keluar dari pekerjaannya, ia mendirikan Disdus yang bernama Ferry Tenka. Kemudian pada tahun 2011 Disdus diakusisi Groupon. Setelah sukses bersama Disdus, Jason kembali merintis usaha baru yaitu BerryBenka.

BerryBenka merupakan perusahaan e-commerce yang mengalami perkembangan cukup pesat. Perkembangan tersebut menjadikan BerryBenka semakin besar dan telah memiliki anak perusahaan yang bernama HijaBenka. HijaBenka merupakan perusahaan yang menyasar pada pasar busana muslim untuk kaum muda.

Produk yang dijual oleh HijaBenka kini tidak hanya produk fashion saja, tetapi juga barang-barang lain. Misalnya make up, kecantikan, dan apparel untuk olahraga. Menurutnya, untuk menjadi segmen fashion e-commerce nomor satu haruslah meluaskan bisnis dan layanannya di seluruh sektor.

Tidak cukup sampai disitu, Jason juga akan segera merambah pada pasar fashion laki-laki pada tahun 2015. Ia mematangkan pembuatan aplikasi mobile BerryBenka untuk memudahkan para pelanggan dalam berbelanja. Hal tersebut sesuai dengan cita-citanya y­aitu menjadikan BerryBenka e-commerce sebagai fashion terdepan.

Prinsip dari perusahaannya yaitu Work-life Balance yang artinya keseimbangan dalam kehidupan. Menurutnya, seorang pebisnis harus bisa membawa suasana kerja yang baik dan visioner. Karena ketika membangun bisnis digital tentu selalu terlihat manis di luarnya. Tetapi bisnis startup tentu akan mengalami naik turun yang membuat perusahaan sering digambarkan sebagai roller coaster.

Penggambarannya membuat ia semakin yakin bahwa tidak akan ada founder yang bisa bekerja sendirian. Ia membutuhkan orang lain untuk bergabung dengan timnya. Oleh karena itu, ia selalu berusaha menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan untuk mewujudkan BerryBenka sebagai e-commerce fashion nomor satu. Cita-cita yang lain dari Jason yaitu menjadi orang yang bisa menginspirasi orang lain agar berani terjun sebagai enterpreneur.

Salah satu cara tepat yang ia lakukan dalam meraih cita-citanya yaitu dengan membangun tim yang solid. Jason berpandangan bahwa founder startup belum tentu mampu mempekerjakan orang terbaik pada perusahaannya terutama pada bidang keuangan.

Jason menyarankan untuk mengutamakan orang-orang yang berpikir positif dalam sebuah tim. Ia juga selalu mengutamakan orang yang mempunyai kegigihan yang kuat. Selain merekrut orang-orang bagus, Jason juga menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan.

Lingkungan yang aman dan menyenangkan tentu harus dimiliki oleh perusahaan startup. Perusahaan yang kondisinya naik turun bisa menimbulkan kelelahan mental. Dengan lingkungan aang menyenangkan akan mampu mengurangi kelelahan mental yang dialami.

Baca juga: Kisah Inspiratif Harland David, Seorang Founder Mega Franchise KFC.

Keberhasilan yang diraih oleh Jason tentu tidak lepas dari perjuangan yang ia lakukan selama ini. Kerja keras dan kesungguhannya menjadikan ia meraih apa yang dicita-citakan dan kesuksesan yang luar biasa. Perusahaan yang ia bangun dari nol kini berhasil menjadikan perusahaan startup terkenal dan ternama.

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here