Ini 5 Alasan Mengapa Motivasi Sangat Penting dalam Perusahaan

29
Ini 5 Alasan Mengapa Motivasi Sangat Penting dalam Perusahaan
Ini 5 Alasan Mengapa Motivasi Sangat Penting dalam Perusahaan

Bisnis Jualan Online – Proses motivasi memiliki peranan yang cukup penting dalam sebuah perusahaan. Pasalnya, proses tersebut merupakan pendorong utama dalam kegiatan pengarahan manajerial. Sebab, hal tersebut mampu menciptakan mindset karyawan, seperti keinginan lebih untuk bekerja keras sesuai  arah yang telah ditentukan sang manajer. Berikut 5 alasan mengapa motivasi sangat penting dalam perusahaan, diantaranya. 

1. Mendukung Peningkatan Produktivitas

Dikatakan bahwa motivasi merupakan suatu proses yang digunakan untuk mengarahkan produktivitas karyawan agar lebih meningkat. Motivasi mampu menciptakan dorongan pada karyawan untuk bisa bekerja dengan sebaik mungkin dan mengerahkan seluruh kemampuannya. Ketika seorang karyawan mulai termotivasi, ia akan bersedia untuk mengerjakan lebih banyak untuk menuju peningkatan bisnis dibanding karyawan yang kurang termotivasi.

2. Memastikan Adanya Efisiensi Kerja dalam Bisnis

Selain peningkatan produktivitas, motivasi juga memegang peranan penting untuk mengubah sikap seorang karyawan di sebuah perusahaan.  Sikap kurang baik, acuh tak acuh bisa diantisipasi secara efisien dengan motivasi yang tepat. Dengan sikap yang profesional saat bekerja, tentu akan  menguntungkan bagi perusahaan di masa mendatang.

3. Memastikan Loyalitas Karyawan 

Karyawan yang telah termotivasi dengan cukup baik bisa menjadi tenaga kerja loyal. Sebab, mereka akan memiliki tingkat komitmen dan moral yang tinggi pada perusahaan, baik pada tujuan maupun target sasarannya. Sehingga, melalui motivasi ini akan meminimalisir adanya pergantian karyawan serta menekan pengeluaran untuk melakukan rekruitmen karyawan baru yang pastinya butuh biaya yang tidak sedikit.

Baca juga: Ini Nih Cara Simpel Mendapatkan Customer Insight

4. Memastikan Karyawan Aktif dalam Merespon Tugas yang Diberikan

Kemampuan beradaptasi di lingkungan bisnis berbeda sangat diperlukan untuk mendukung kesuksesan bisnis.  Agar bisa lebih mudah beradaptasi dengan adanya perubahan dan dapat berfungsi secara lancar, perusahaan memerlukan loyalitas serta komitmen dari para karyawannya. Kondisi tersebut mengurangi adanya resistensi terhadap adanya perubahan yang hendak dilakukan perusahaan. Sehingga bisa membantu perusahaan agar lebih efisien saat beradaptasi dengan berbagai perubahan kebutuhan.

5. Memberikan Fasilitas Arah 

Arah merupakan fungsi manajerial yang cukup penting dalam membentuk  fungsi inti.  Sebagaimana disebutkan bahwa motivasi adalah bagian yang cukup vital dari sebuah arah. Arahan sendiri merupakan proses dimana didalamnya melibatkan pengarahan dalam memulai suatu tindakan sesuai rencana yang telah dibuat. Dan mengharuskan para karyawan bekerja sepenuh hati, komitmen serta loyalitas tinggi. Proses tersebut hanya akan mungkin dilakukan saat karyawan mengerjakan tugas yang telah ditentukan manajer. Hal ini tentu membutuhkan seorang karyawan yang termotivasi.

Demikian tadi 5 alasan mengapa motivasi sangat penting dalam perusahaan. Tanpa adanya motivasi, seorang karyawan akan melakukan pekerjaan dengan setengah hati. Itulah sebabnya, motivasi sangat penting dalam keberlangsungan perusahaan.

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here