Kisah Inspiratif Harland David, Seorang Founder  Mega Franchise KFC

1199

Jualan Online Siapa yang tidak kenal dengan KFC alias Kentucky Fried Chicken ini? KFC merupakan restoran cepat saji ayam goreng yang bisa Anda temukan di berbagai negara dunia. Brand KFC telah lama dikenal dan menjadi brand abadi untuk produk kuliner ayam goreng. Restoran KFC telah menyebar diseluruh penjuru dunia yang jumlahnya mencapai ribuan. Pendiri dari restoran terkenal tidak lain adalah Harland David “Colonel” Sanders.

KFC alias Kentucky Fried Chicken menjadi salah satu perusahaan bisnis franchise terbesar dan paling sukses di dunia. Awal berdiri franchise berlogo kakek tua ini ternyata tidak didapat secara instan saja. Harland David “Colonel” Sanders membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mendapatkan brand KFC ini. Ia bisa menikmati kesuksesan KFC setelah usianya cukup banyak yaitu 63 tahun.

Sanders lahir di daerah Kentucky Amerika Serikat pada tanggal 9 September 1890. Ia terlahir di keluarga yang pas-pasan. Sehingga ia tumbuh menjadi anak yang tangguh dan pekerja keras. Ayahnya meninggal ketika ia berusia 6 tahun. Kepergian ayahnya menjadikan hidupnya semakin keras.

Sang ibu tidak hanya menghidupi dirinya saja, tetapi juga adik-adiknya yang masih kecil. Kondisi tersebut membuat dirinya memaksakan diri untuk bekerja demi mencukupi kebutuhan sehari-hari. Sanders bekerja di salah satu pabrik baju letaknya tidak jauh dari tempat tinggalnya.

Hal yang menarik dari Sanders yaitu ia sering mengerjakan pekerjaan rumah. Salah satu pekerjaan rumah yang sangat digemari yaitu memasak. Ternyata dari memasak inilah yang menjadi bibit kesuksesan Sanders di masa yang akan datang.

Banyak pekerjaan yang dijalani oleh Sanders, seperti buruh tani, profesi kondektur trem dan yang lainnya. Hingga suatu ketika ia ditarik menjadi  tentara Amerika melalui program wajib militer selama 6 bulan di Kuba.

Setelah program wajib militer selesai, Sanders dengan jenggot putihnya sempat menjadi  seorang petugas pemadam kebakaran. Kemudian ia memutuskan keluar dan membuka bengkel sebagai salah satu usahanya. Lewat bisnis bengkel yang ia jalani ini menjadikan Sanders berkenalan dengan bidang kuliner.

Bengkel yang ia dirikan berada di kawasan Corbin dimana Sanders suka membuat masakan bagi para pengunjung yang datang. Ia sama sekali tidak berniat untuk membuka tempat makan. Sanders hanya memanfaatkan ruang kosong pada bengkel dan memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggannya. Ternyata yang membuat ramai bengkelnya terletak pada racikan makanan yang ia buat.

Ketika usianya 40 tahun, Sanders mulai memandang bahwa bisnis kulinernya sangat potensial untuk ditekuni. Uniknya dari tempat makan dari tempat kosong bengkel  tersebut hanya terdapat satu menu saja yaitu ayam goreng. Justru dari satu menu inilah yang membuat kemampuan Sander tidak diragukan lagi dalam mengolah ayam tersebut.

Adanya kabar pembangunan jalan raya antar negara bagian di kota Corbin pada tahun 1950 membuat wilayah berjualannya menjadi sangat sepi. Ketika itu Sanders benar-benar putus asa mengenai cobaan yang dihadapi. Akhirnya ia berpikir untuk membawa bisnisnya ke kota yang lebih ramai.

Pengalaman koki pada dirinya membuatnya ingin mengajak bekerja sama dengan beberapa restoran atau tempat usaha. Tetapi semua bayangannya tidak mudah untuk diwujudkan. Ia berhasil mengembangkan resepnya pada ke restoran ke 1008 yang ia datangi. Usaha tersebut diluncurkan dengan nama Kentucky Fried Chicken (KFC)

Baca juga: Anthony Fung, Seorang CEO Zalora Indonesia Capai Karir Sukses

Berbagai kesulitan yang Sanders hadapi membuatnya menjadi lebih bersungguh-sungguh dan bekerja keras. Ia terus maju meskipun banyak cobaan yang dihadapi. Sehingga memperoleh kesuksesan yang luar biasa.

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here