Ciri Pemimpin yang Akan Membantu Anda Menjadi Seorang Pemimpin Karismatik

50

101Red – Pemimpin dengan kemampuan kepemimpinan yang efektif dapat menyedot perhatian orang-orang di sekitarnya.

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa ada sebuah tim yang melakukan segala hal selangkah lebih maju dari tim yang lain. Tim seperti ini terlihat lebih berdedikasi dan lebih produktif karena adanya hubungan dengan sosok pemimpin karismatik. Mereka tampaknya memancarkan magnet tertentu yang mengubah kepala saat berbicara. Mereka tahu bagaimana meminta perhatian tidak hanya dengan kata-kata mereka, tetapi juga irama suara mereka dan bahkan bahasa tubuh mereka.

Karisma dalam bahasa Yunani berarti “pemberian ilahi.” Adapun, kamus Merriam-Webster mendefinisikannya sebagai “keajaiban kepemimpinan pribadi yang membangkitkan loyalitas atau antusiasme populer istimewa sebagai seorang tokoh publik.”

Pemimpin karismatik adalah pemimpin yang membuat orang lain tertarik karena alasan yang sering tidak sepenuhnya mereka pahami.

Seorang pemimpin karismatik biasanya memiliki beberapa kualitas yang bisa terlihat. Mereka memiliki visi yang kuat yang akan mendukung nilai-nilai pengikut mereka, mereka tidak hanya memimpin tetapi juga melindungi orang-orang yang dipimpinnya, dan mereka akan membangun ikatan emosional dengan para pengikut.

Untuk menjadi Seorang Pemimpin Karismatik. Anda dapat ikuti langkah-langkah berikut agar Anda bisa menjadi pemimpin karismatik bagi tim Anda

  1. Milikilah Tujuan Saat Berbicara

Ketika sedang berbicara Anda harus memegang prinsip bahwa orang bijak berbicara kerena memiliki sesuatu untuk dikatakan, sedangkan orang bodoh berbicara karena ia harus mengatakan sesuatu. Berpikir terlebih dahulu sebelum Anda mulai berbicara dan bersikaplah seksama terhadap komunikasi yang Anda lakukan.

Baca Juga: Untuk Mendukung Perkembangan Karier dan Bisnis, Perlu Mengetahui Teknik Pembelajaran Visual

  1. Memiliki Kemampuan untuk Mengukur Situasi

Kemudian langkah selanjutnya setelah Anda melakukan seperti yang diatas adalah memperhatikan. Banyak pemimpin yang gagal memimpin hanya karena mereka tidak memperhatikan tim atau orang yang mengikuti mereka.

Misalnya saja saat sedang berbicara dan Anda melihat bahasa tubuh mereka terlihat bosan dan tidak tertarik dengan apa yang anda katakan, maka Anda harus segera mengubah sesuatu.

Mungkin Anda bisa meminta mereka untuk beristirahat sejenak atau meminta mereka menyampaikan apa yang salah dan mengungkapkan apa yang ada di dalam pikiran mereka.

Meskipun hal di atas terlihat sepele, membuat orang terlibat dalam apa yang Anda katakan adalah penting untuk dilakukan oleh seorang pemimpin karismatik.

  1. Meluangkan Waktu untuk Orang Lain

Sebagai seorang pemimpin karismatik, Anda diperlukan oleh anggota dan tim Anda, bukan hanya tentang diri Anda sendiri. Anda harus bisa membuat anggota tim bisa mendekat tanpa harus canggung dan merasa bersalah. Kemudian, jangan pernah berpikir bahwa Anda terlalu tinggi dan besar untuk berada di sekitar anggota tim yang lain. Banyak pemimpin melakukan kesalahan dan menciptakan suasana yang membuat para anggota tim merasa sungkan dan ragu untuk mendekat.

Sebagai seorang pemimpin karismatik, mulailah mengatur suasana yang ramah dan buatlah orang lain merasa nyaman untuk mendekati Anda. Anda bisa memulai kebiasaan baik ini dengan membuka pintu kantor dan jangan terlalu sering menutupnya dari waktu ke waktu. Pintu kantor yang selalu tertutup menjadi salah satu tanda bahwa Anda tidak ingin diganggu dan tertutup dengan keberadaan orang lain yang akan masuk.

  1. Kreatif

Orang karismatik cenderung berpikir di luar kotak dan mencari cara baru dalam melakukan sesuatu. Pemikir karismatik tidak hanya cenderung menjadi orang yang kreatif, tetapi mereka juga menantang status quo dan mengambil risiko untuk mewujudkan visi tersebut menjadi kenyataan.

Seorang pemimpin yang karismatik bangkit untuk memenuhi tantangan yang mereka hadapi dan memandang masalah sebagai peluang untuk berinovasi.

Ketika para pemimpin menunjukkan semangat kreatif mereka, mereka tampil sebagai orang yang sangat karismatik dan menginspirasi orang lain untuk mengikuti petunjuk kreatif itu juga.

Dengan menerapkan 3 panduan di atas diharapkan Anda bisa menjadi seorang pemimpin karismatik yang mampu menarik perhatian banyak orang untuk mengikuti. Jika Anda belum mampu menjadi seorang pemimpin karismatik, mulailah dari sekarang untuk melatih diri sendiri dengan kebiasaan pemimpin hebat dan luar biasa. Terimakasih

Yuk, mulai bisnis online bersama kami 101Red

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here