Cara Mengatasi Kesulitan Berkomunikasi

64

101Red – Kamu mungkin merasa kesulitan untuk menyampaikan sudut pandang kepada pimpinan perusahaan atau rekan kerja. Atau merasa sulit menghubungi teman dan berbicara dengan mereka tentang masalah yang penting.

Hal yang kamu rasakan adalah membuat orang lain sulit memahami apa yang sedang dikatakan.

Hal yang perlu dipahami di sini adalah komunikasi yang terjadi harus diperlakukan sebagai dialog, bukan monolog. Nah, Itu artinya bukan hanya kamu yang berpartisipasi dalam percakapan tersebut.

Namun, ada pertukaran informasi yang melibatkan kedua belah pihak secara setara. Kamu juga harus bisa mengkombinasikan sinyal verbal dan non-verbal untuk memastikan ide-ide disampaikan secara efisien.

Dalam mengembangkan keterampilan berkomunikasi membutuhkan latihan dan kemauan untuk menjadi lebih baik.

Memberikan Waktu dan Perhatian dalam Percakapan Penting

Komunikasi yang efektif membutuhkan waktu dan pesan yang disampaikan harus dalam kesempatan yang tepat. Hal ini sangat tergantung pada tingkat kepentingan komunikasi yang akan kamu lakukan.

Misalnya saja seperti ini, jika kamu ingin berkomunikasi dengan atasan tentang kenaikan gaji, maka jangan melakukan hal ini saat sedang berjalan di lorong kantor atau saat sedang makan siang bersama.

Solusi yang bisa dilakukan adalah membuat jadwal pertemuan dan memastikan Anda bisa memperhatikan percakapan tanpa gangguan. Kapan saja kamu ingin menyampaikan pesan yang penting, maka berikan waktu dan perhatian yang pantas sebelum berkomunikasi.

Lakukan Kontak Mata dengan Lawan Bicara

Hal yang tidak kamu pahami adalah akan ada banyak informasi dan emosi yang bisa disampaikan hanya dengan menatap mata seseorang. Menatap mata tidak dengan cara yang menakutkan, tetapi untuk memastikan kamu tetap terhubung dengan orang lain selama percakapan sedang berlangsung.

Menatap lawan bicara akan membuat kamu terlihat menghormati dan peduli dengan mereka untuk tetap terhubung dalam percakapan. Melakukan kontak mata merupakan keterampilan berkomunikasi yang penting untuk dilakukan.

Menggunakan Bahasa Tubuh yang Baik Selama Berbicara

Hal ini akan sangat bermanfaat untuk mencerminkan perawakan orang yang sedang Anda ajak berbicara. Kamu bisa menurunkan diri menjadi lebih rendah saat sedang berbicara dengan anak-anak. Atau bisa juga dengan duduk dan berdiri tegak saat sedang berbicara dengan orang dewasa.

Lakukan gerakan tubuh saat sedang berkomunikasi dengan lawan bicara

Jika kamu harus menggerakkan tangan saat berbicara, maka perhatikan efek yang bisa ditimbulkan pada orang lain dan jangan lupa memperhatikan reaksi lawan bicara kamu.

Alasan Pentingnya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Perlu dipahami bahwa keterampilan berkomunikasi merupakan komponen yang penting di dalam kehidupan.

Kemampuan komunikasi berhubungan dengan bisnis, karir, membangun koneksi, persahabatan, dan bisa memperkuat ikatan keluarga.

Baca Juga: Bagaimana Sikap dan Cara Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Agar Lebih Berkarisma

Berikut ini beberapa alasan mengapa kamu harus meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi:

  1. Menciptakan Kesan Pertama yang Baik

Kesan pertama sangatlah penting karena biasanya kesan pertama akan menentukan hubungan selanjutnya di antara kamu dengan orang yang kamu temui.

Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik akan membuat orang lebih mudah untuk memahami kamu, oleh karena itu kesan pertama yang mereka dapatkan tentang dirimu akan menjadi kesan pertama yang positif.

  1. Membangun Hubungan Lebih Baik

Membangun hubungan yang lebih baik sangat penting untuk pertemanan dan hubungan dengan atasan. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa menciptakan kemitraan yang saling menguntungkan dengan hubungan bisnis.

Hubungan yang baik didapatkan dengan melakukan keterampilan berkomunikasi yang baik, misalnya dengan cara mendengarkan, menggunakan kalimat yang baik, dan bahasa tubuh yang mendukung.

  1. Menonjol Dalam Karir

Saat ini banyak perusahaan yang mengharuskan karyawan mereka untuk mengambil tanggung jawab yang lebih besar, misalnya saja mengikuti rapat kerja dan melakukan presentasi di depan banyak orang.

Jika kamu tidak terbiasa dan tidak memiliki keterampilan berkomunikasi yang baik, maka hal seperti ini bisa saja membuat gugup dan kamu tidak bisa melakukannya dengan optimal.

Padahal agar bisa maju dan berkembang di dalam karir, kamu perlu memiliki keterampilan berkomunikasi yang baik.

Kemampuan berkomunikasi akan membantu kamu untuk menjual kemampuan, membangun hubungan, dan mendapatkan rasa hormat serta kepercayaan yang lebih baik.

  1. Membuat Banyak Orang Tertarik

Berdasarkan ilmu psikologis, orang yang memiliki keterampilan berkomunikasi yang baik akan lebih mudah untuk disukai oleh orang lain. Alasannya sangat sederhana, sebab komunikasi yang baik sangat berkaitan erat dengan kepemimpinan dan kemampuan mereka.

Kualitas seperti inilah yang membuat orang lain merasa tertarik dengan orang yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Dengan mengembangkan dan mendemonstrasikan kemampuan komunikasi yang baik, maka kamu bisa memposisikan diri sebagai seorang pemimpin yang membuat orang lain tertarik.

  1. Menjadi Pendengar yang Baik

Meskipun banyak yang menyukai orang dengan kemampuan berbicara yang baik, namun jika kamu melakukannya secara berlebihan orang tidak akan suka dengan hal ini.

Tidak semua orang suka dengan mereka yang terlalu mencari perhatian. Keterampilan berkomunikasi yang baik sangat berhubungan dengan kemampuan untuk mendengarkan.

Mendengarkan orang berbicara menunjukkan bahwa kamu tertarik dengan orang yang sedang diajak berbicara.

Hal ini juga menunjukkan bahwa kamu peduli dengan pendapat orang lain dan tidak memikirkan diri sendiri. Percakapan dan komunikasi yang baik adalah saat kedua belah pihak merasa terlibat di dalamnya.

Nah, penjelasan di atas menunjukkan bahwa membangun kemampuan untuk mendengarkan akan membuat kamu menjadi orang yang disukai banyak orang.

Kemampuan berkomunikasi menjadikan seseorang lebih baik dalam menyampaikan ide, membangun hubungan dengan orang lain, mempromosikan sesuatu, dan juga bisa meningkatkan kepercayaan orang lain.

Jadi, semua faktor di atas sangat bermanfaat dalam kehidupan kamu, terutama untuk bisa sukses di dalam sebuah pekerjaan yang sedang dilakukan. Meningkatkan kemampuan dalam diri merupakan sebuah investasi untuk mendapatkan kehidupan dan karier yang lebih baik. Yuk, mulai bisnis online bersama kami 101Red

 

 

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here