Bakat Vs Kemauan Mana yang Lebih Kuat Menentukan Kesuksesan?

1034

101Red.com – Kesuksesan seseorang mengundang ‘rasa ingin menjadi sama’ di dalam benak orang yang belum sukses. Lantas apakah yang paling kuat dalam menentukan kesuksesan selain Tuhan? Bakat atau Kemauan?

Kata orang-orang menyanyi itu bakat, melukis itu bakat, menari itu bakat. Lantas apakah ketika tidak bisa menari dan bernyanyi kita tidak berbakat? Kemudahan, tidak berhak sukses dalam bidang itu?

Biasanya orang-orang introvert atau tidak memiliki percaya diri. Sering berkilah, “Aku kan tidak berbakat. Tidak bisa buat seperti itu,” kalimat itulah yang sering kali terdengar, saat seseorang yang tidak percaya diri, diminta menunjukan karya seninya, seperti bernyanyi, menari, melukis atau berbicara di depan orang lain. Lantas, apakah hal-hal itu adalah bakat? Jawabannya tidak.

Apa sih bakat itu? Sederhananya, bakat diartikan sebagai kemampuan yang dimiliki oleh seseorang. Kemampuan itu, sudah melekat dalam dirinya sejak kecil. Berbicara soal kemampuan, apakah benar? Kemampuan itu hanya didapat dari lahir tanpa perlu adanya usaha? Tidak! Jangan berpikir demikian.

Taukah kamu? Setiap orang ditakdirkan menjadi berbakat. Pembedanya, orang sukses memiliki kemauan kuat dalam mengasah bakatnya. Jika kamu merasa tidak bisa bernyanyi, namun ingin menjadi penyanyi? Apakah keinginan itu mustahil terwujud karena kata orang kamu tidak berbakat?

Tidak! Kamu tetap bisa menjadi penyanyi walau awalnya tidak bisa bernyanyi. Bagaimana bisa mengubahnya? Kata dan perbuatan yang menunjukan bahwa kamu mau menjadi penyanyi. Setiap usaha untuk mengubah apa yang tidak bisa menjadi bisa, percayalah selalu ada hasil meski akhirnya ada yang tidak sesuai harapanmu. Lakukanlah kemauan menjadi penyanyi, biarkan orang berkata buruk.

Jangan dengarkan jika ada orang yang mematahkan semangatmu dengan berkata, “Udahlah jangan dipaksa. Kalau gak bakat yaudah terima aja,” Hiraukan saja orang-orang yang tidak mendukungmu. Terus lakukan apa yang menurut kamu harus lakukan. Bahkan, di saat hatimu menggoda untuk menyerah.

Setelah kamu berjuang, bersusah payah mencapai apa yang kamu mau. Namun, tidak juga kamu dapat. Bukan berarti gagal, hanya saja Tuhan memberikan petunjuk padamu bahwa apa yang kamu inginkan bukanlah porsimu. Ya, bagaikan memakan mie ayam, setiap orang memiliki porsinya masing-masing. Kalau belum menemukan apa yang menjadi kekuatanmu. Terus cari jangan pernah menyerah.

Bakat menjadi tidak berguna jika tidak diasah. Tetapi, seseorang yang tidak berbakat bisa menjadi luar biasa jika punya kemauan kuat. Lantas tanpa kemauan, bakat bukan menjadi apa-apa tetapi kemauan bisa membawamu menjadi orang yang amat berharga.

Misalnya saja, Asma Nadia tokoh penulis di Indonesia yang berhasil membuktikan hal ini. Dulu, sebelum ia menjadi penulis terkenal di Indonesia dan dunia Internasional.

Ia hanya gadis biasa yang mengalami kondisi tidak prima pada tubuhnya. Setiap ia menulis atau membuat sebuah cerita. Suami bahkan anaknya, sering menertawakan hasil karyanya. Ya, bisa dikatakan Asma Nadia tidak berbakat menulis.

Mimpinya mengelilingi dunia, memberikan energi kemauan yang kuat untuk menjadi penulis. Semua proses ia telan habis, hasilnya sekarang? Ia membuktikan bahwa bakat bukanlah penentu tapi kemauan berandil besar untuk mencapai hasil akhir. Saat ini, seluruh tulisan Asma Nadia laku di dunia perbukuan. Tulisan-tulisan yang pernah ditertawakan itu, menjadi tulisan yang dicintai seluruh pembacanya.

Bagaimana? Apakah kamu berhenti bermimpi karena orang lain berkata kamu tidak berbakat? Setelah menyimak tulisan ini. Tolong hilangkan pikiran itu, percayalah kamu itu berbakat. Percaya pada mimpimu bahwa akan menjadi nyata. Tidak ada bakat yang berhasil menjadi bakat jika tidak mau berusaha, berdoa dan berusaha.

Baca juga : Salad Buah Menjadi Bisnis Kuliner Sehat Masa Kini!

Tidak harus menjadi orang yang berbakat, kamu cukup menjadi orang yang memiliki kemauan dan bernafsu menelan semua proses. Tanpa bakat, dengan kemauan kamu bisa menjadi yang kamu mau. Tentu, diiringi usaha dan doa. Tiga kaya itu yang menentukan akhir dari perjuangan.

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here