Apa salahnya dengan Karyawan yang tidak mau menjadi Pengusaha?

462

Bisnis Jualan Online Gw pernah diminta ngisi seminar yang intinya motivasi orang utk berhenti jadi karyawan dan jadi pengusaha. Nggak gw iya-in karena masih bertentangan sama pikiran gw.

“Apa salahnya dengan orang yang cita-citanya cukup menjadi karyawan?”

πŸ”»πŸ”»πŸ”»πŸ”»πŸ”»πŸ”»

Hampir atau bahkan Semua? Motivator, topik seminarnya itu menjual MIMPI, kalau nggak ya pasive income, bangun kerajaan bisnis sendiri, atau rahasia menjadi kaya tajir melintir.

TAPI gak banyak motivator yang menjelaskan proses dan resiko menuju kesananya. Rata-rata tidak membekali para pesertanya dengan “what to do” secara lengkap ATAU setidaknya nanya balik, kalau saya bilang kamu akan kerja muter otak 100 jam seminggu, masih mau gak utk menggapai mimpi itu yg bisa jadi baru terealisasi 5 tahun lagi? Bahkan bisa jadi juga gagal total?

Ada sih yg kasih bimbingan lanjutan tapi dalam bentuk another workshop/seminar lagiΒ πŸ˜…

πŸ”»πŸ”»πŸ”»πŸ”»πŸ”»πŸ”»

Gak semua orang siap jadi pengusaha, atau bahkan mau jadi pengusaha.

Kadang mereka cuma mau mencoba buka usaha, biar dinilai “keren” aja.

Buat mereka yang menyukai keteraturan, kepastian, rata-rata nyesel keluar dari kerjaannya utk mengejar cita-citanya jadi pengusaha.

Pengusaha itu terpapar
Ke resiko gagal dan resiko finansial

πŸ”»πŸ”»πŸ”»πŸ”»πŸ”»πŸ”»

πŸ”°KALAU MENTAL GAK KUAT mending jangan resignπŸ”°

πŸ”»πŸ”»πŸ”»πŸ”»πŸ”»πŸ”»

Banyak yang kayak baru melek setelah resign kalau jam kerjanya pengusaha itu malah jadi 80 jam seminggu, otak gak bisa di shut down, gak ngelapak gak dapet duit.

Mental pun masih mental karyawan, orderan mulai banyak tapi takut hire orang (takut pas orderan sepi, ga bisa gaji) Punya duit tapi gak bisa dinikmati, kerjaan ga bisa ditinggal.

πŸ”»πŸ”»πŸ”»πŸ”»πŸ”»πŸ”»

Kalau dulu pas masih jadi karyawan, Weekend bisa jalan-jalan sama keluarga atau ngaso di rumah lah main main sama anak sambil nonton tivi.

Begitu jadi pengusaha dengan status semua masih urus sendirian (you are your own business operator), hal itu sulit dilakukan lagi,

πŸ”»πŸ”»πŸ”»πŸ”»πŸ”»πŸ”»

Hingga akhirnya cita-cita jadi pengusaha putus ditengah jalan begitu dia membatin

“ini kah yang saya inginkan? Duit punya, tapi mau nikmatin aja ga bisa” sambil memandangi anak istri yg udah lagi tidur sementara dia sendiri masih kerja

Bahkan istri pun ngeluh lagi “aku mendingan makan pecel lele sama teh kotak asal bareng mas makannya, ketimbang aku makan steak wagyu sama ice lychee tea tapi sendirian tanpa kamu mas”

πŸ”»πŸ”»πŸ”»πŸ”»πŸ”»πŸ”»

T: Cita-cita kamu apa?

J: Mau bisa main sama anak, makan malem bareng2, jalan jalan sama istri tiap weekend, kebutuhan tercukupi.

T: yok jadi pengusaha lah, tabungan kamu pake buat modal usaha, nanti kamu berapa tahun pertama memang stress jadi business operator dulu, terus naik jadi business manager sampe akhirnya jadi business autopilot.

J: biar apa toh mas?

T: Biar kamu bisa main sama anak, makan malem bareng2, jalan jalan sama istri tiap weekend, kebutuhan tercukupi.

J: lah mas aku sekarang jadi karyawan juga dah bisa melakukan itu semua kok mas.

πŸ”»πŸ”»πŸ”»πŸ”»πŸ”»πŸ”»

Jadi inti tulisan ini.
1. Jika mau mencoba usaha, setidaknya pastikan punya tabungan (diluar modal usaha) utk biaya hidup minimal 3 bulan kedepan. DAN PUNYA MENTOR (ini yang penting) Jangan tergesa-gesa langsung resign. Mulai BISNIS GAK MESTI Resign kan?

2. Gak usah malu jadi karyawan jika kamu merasa hidupmu sudah cukup dan nyaman disana. Fokus di peningkatan karir kan bisaΒ πŸ™‚Β Siapa bilang jadi Karyawan nggak bisa sukses? Pasti kalian juga punya kenalan/kawan yang berstatus karyawan tapi punya rumah, mobil, DAN juga punya kenalan/kawan yang pengusaha tapi hutangnya dimana-mana.

3. SUKSES itu bukan tergantung penilaian orang, tapi tergantung dari apakah kamu bahagia dengan hidupmu dan pencapaianmu.

4. Postingan ini BUKAN bermaksud bilang ngapain jadi pengusaha, TAPI lebih ke SIAP KAH kamu? Ini loh proses perjuangan yang jarang dikasih tau orang, jika setelah membaca postingan ini kamu masihΒ mantap, lanjutkan!

Cheers,
Christina Lie
Instagram: christinalie27
CEOΒ 101Red.com
(Mantan Karyawan)

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here