Ada beberapa cara Dalam Menghemat Energi dalam Kehidupan Kita Sehari-hari

12

101Red – Didalam setiap rumah tangga pasti di setiap aktivitas kita sehari-hari membutuhkan penggunaan energi listrik. Dari mulai smartphone hingga perabotan rumah tangga sudah memanfaatkan energi listrik untuk pengoperasiannya. Namun, dalam kehidupan kita sehari-hari penggunaan energi listrik yang berlebihan bisa merusak lingkungan dan membuat penggunaan sumber daya listrik menjadi sia-sia.

Dalam melakukan penghematan energi dan membiasakannya selama melakukan berbagai aktivitas. Hal ini akan membuat pasokan energi listrik bisa digunakan secara optimal tanpa harus terbuang sia-sia. Selain itu, kebiasaan hemat energi tentunya juga bisa menghemat tagihan bulanan kita. Bagaimana cara? Dan apa yang harus kita lakukan? Berikut adalah hal-hal sederhana yang bis akita lakukan

Menggunakan lampu hemat energi

Cara menghemat energi yang bisa kita lakukan adalah dengan menggunakan lampu hemat energi, dengan menggunakan lampu yang hemat energi kita dapat menjaga kelestarian lingkungan dan tidak boros listrik.

Salah satu lampu yang hemat energi adalah lampu LED yang pemakaian dayanya lebih efisien. Penggunaan lampu LED juga memancarkan cahaya terang yang lebih alami untuk penerangan ruangan, sedangkan lampu pijar menjadi salah satu lampu yang relatif boros listrik.

Oleh karena itu, kita juga bisa menggunakan lampu neon sebagai alternatif penggunaan lampu pijar. Ruangan tetap terang dengan penggunaan energi yang lebih efisien. Sehingga kita dapat menghemat energi listrik.

Mematikan lampu saat sudah tidak dipakai

Dalam kehidupan kita sehari-hari secara tidak sadar kita mungkin sering membiarkan lampu ruang tamu menyala, padahal kita sedang berada di kamar atau di luar, bahkan sebaliknya kita sering tidak sadr membiarkan lampu kamar terus menyala. Terkadang meski kita sadar, sering kali kali kita merasa malas untuk mematikan lampu. Ini jika sudah terbiasa, kita bisa lebih menghemat penggunaan listrik di rumah.

Mengeringkan pakaian di bawah sinar matahari

Terkadang kita untuk mempercepat pekerjaan kita sering menggunakan mesin pencuci pakaian, dan sekaligus menggunakan mesin pengering pakiannya untuk mengeringkan pakaian kita, tetapi kita tidak menyadarinya bahwa pengering pakaian menggunakan daya listrik yang cukup besar. Oleh karena itu, akan lebih baik jika kita mengeringkan pakaian secara langsung di bawah sinar matahari. Jika matahari sedang terik, cukup keringkan pakaian dengan mengeringkan pakaian dengan menggunakan tangan agar selain lebih hemat energi, pakaian juga tidak akan cepat melar.

Menggunakan kulkas dengan freon ramah lingkungan

Sekarang juga sudah banyak peralatan elektronik yang memanfaatkan teknologi ramah lingkungan untuk pengoperasiannya. Kita bisa memilih kulkas yang menggunakan freon ramah lingkungan agar penggunaannya lebih hemat energi.

Memanfaatkan pencahayaan alami

 

Dalam rumah kita disiang hari, kita dapat menggunakan pencahayaan alami dari cahaya matahari. Ketika kita didalam ruangan kita dapat membuka jendela yang lebar agar kita dapat memanfaatkan pencahayaan alami yang dari cahaya matahari, karena selain menghemat energi listrik cahaya matahari juga baik untuk mengeringkan atau menghangatkan ruangan yang lembab.

Menggunakan fasilitas transportasi umum

Penggunaan transportasi umum juga sangat membantu penghematan energi, loh. Jika puluhan orang memilih menggunakan transportasi umum daripada penggunaan kendaraan pribadi, penggunaan puluhan energi untuk kendaraan bisa lebih hemat. Belum lagi, sahabat juga bisa mengurangi polusi limbah kendaraan yang juga berbahaya bagi lingkungan.

Menggunakan timer pendingin ruangan

Kita sekarang sangat suka dengan menggunakan pendingin ruangan, apalagi kalau kita tidak suka dengan yang namaya keringatan atau gerah di dalam ruanga. Namun, kita juga bisa memilih pendingin ruangan yang ramah lingkungan. Selain itu, atur timer pendingin ruangan untuk padam saat sudah tengah malam dan suhu udara sudah lebih sejuk. . Jadi, cukup gunakan pendingin ruangan saat dibutuhkan saja.

Baca Juga :  Hal yang Membuat Kita Menghabiskan Banyak Energi

Tidak membiarkan charger smartphone semalaman

Beberapa peralatan listrik di rumah memang perlu diisi daya listriknya, tapi cukup lakukan pengisian daya baterai secukupnya saja. Kita tidak perlu meninggalkan peralatan listrik seperti smartphone, game console, atau laptop seharian dalam keadaan di-charge.

Jika baterai sudah penuh, cabut kabel dari smartphone agar daya listriknya tidak terbuang tanpa ada perangkat yang diisi baterainya. Nah, biasanya kabel tetap dibiarkan dengan kondisi terhubung dengan sakelar, pastikan kita sudah melepasnya juga dari sakelar.

 Menggunakan air secukupnya

Kita sangat suka sekali berlama-lama dikamar mandi, hal ini akan menghabiskan lebih banyak energi listrik dan air. Secara tidak sadar, energi listrik yang digunakan akan terbuang tanpa ada yang menggunakan, kita sebaiknya cukup mandi dengan bersih tanpa harus berlama-lama membiarkan air mengalir tanpa digunakan.

Memasak dengan air secukupnya

Saat sedang merebus sayuran atau telur, usahakan untuk menggunakan takaran air yang sesuai. Hal ini akan mengurangi limbah bekas memasak sekaligus mempercepat proses memanaskan air sehingga penggunaan sumber daya listrik atau gas lebih awet. Baik menggunakan alat masak listrik maupun gas, tentu ini membutuhkan energi.

Merawat peralatan listrik secara teratur

Sebaiknya kita juga melakukan service peralatan listrik dengan teratur. Hal ini menjaga peralatan listrik tetap berfungsi optimal dan tidak bekerja menggunakan daya berlebihan. Salah satu contohnya adalah kulkas dan microwave yang biasanya bagian freon-nya harus dibersihkan secara teratur agar pendinginnya tetap berfungsi secara optimal.

Membiasakan kebiasaan hemat energi

Banyak hal yang bisa kita dilakukan untuk melakukan penghematan energi. Namun, hal yang paling penting adalah terus membiasakan diri untuk menerapkannya secara konsisten. Selain itu, kita juga menyebarkan kebiasaan ini ke lingkungan terkecil yaitu keluarga dan pertemanan. Jika hal ini dilakukan secara berkesinambungan, penggunaan energi akan lebih hemat dan ramah lingkungan.

Jadi saatnya kita sekarang sekarang mulai mengevaluasi diri dengan memperhatikan kebiasaan-kebiasaan kecil. Jika sudah dilakukan, pertahankan kebiasaan-kebiasaan tersebut secara konsisten. Jangan lupa untuk melakukan rutinitas lain yang biasanya masih diabaikan agar penggunaan energi lebih hemat untuk masa depan. Mari kita sama-sama menerapkannya dalam kehidupan kita sehari-harinya. trimakasi

Yuk, mulai bisnis online bersama kami 101Red

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here