Tips Membuat Feed Instagram Bisnismu Semakin Menarik

143

101Red – Saat ini Instagram tidak hanya sebagai media untuk bersosialisasi, namun juga sebagai media promosi sebuah bisnis. Sudah banyak pelaku bisnis yang menggunakan media ini untuk promosi. Jika kamu ingin instagram bisnismu selalu dilirik calon konsumen, kamu bisa mengatur apa yang kamu tampilkan dalam feed instagram. Foto tidak boleh asal-asalan. Selain menarik dan relatable (relevan) dengan target konsumen, tiap pos juga harus sejalan dengan branding bisnis Anda. Jadi, bagaimana caranya membuat feed instagram bisnism semakin menarik? Berikut tipsnya yang bisa kamu jadikan referensi.

Menentukan Jenis Konten Instagram

Satu hal yang perlu Anda garis bawahi bahwa pos populer Instagram selalu memiliki interaksi yang tinggi (engagement rates). Oleh karena itu, Anda harus bisa menyediakan konten yang bisa mendatangkan like, komentar, view, hingga share.

Untuk bisa mendatangkan hal-hal tersebut, Anda harus membuat variasi konten yang menarik. Meskipun tujuan Anda memang berjualan, Anda tidak disarankan untuk mengunggah foto dengan konten promosi terus menerus. Anda pun perlu menyusun strategi yang disesuaikan dengan proses target konsumen dalam berbelanja.

Tunjukkan Produk Anda

Foto dan video yang menampilkan produk adalah jenis konten yang paling mudah untuk diunggah ketika Anda kehabisan ide. Menampilkan produk tentunya dapat membantu Anda untuk mempromosikan jualan di Instagram sehingga nantinya menghasilkan penjualan. Terdengar mudah, namun jika foto dan video Anda tidak diambil dengan tepat dan kreatif, maka hasilnya pun bisa nihil.

Konten produk perlu diciptakan dengan kreatif. Anda bisa memotret produk dengan latar belakang polos untuk memperlihatkan detil produk. Anda juga bisa menyisipkan produk dalam potret foto sehari-hari seperti OOTD. Banyak konsep yang bisa Anda coba.

Tidak hanya soal visualnya saja, caption pun perlu diperhatikan agar unggahan Anda tidak terkesan asal. Hindari pemberian caption yang hanya menyisipkan nama dan harga produk serta hashtag saja. Anda bisa mengolah kalimat caption untuk mendiskusikan fitur produk dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

Ajak ke Belakang Layar

Konsumen kini lebih memilih brand yang transparan dan “apa adanya”. Promosi dengan janji-janji manis tidak lagi berpengaruh. Oleh karena itu mereka menyukai sisi belakang layar brand. Dengan menunjukkan bagaimana bisnis Anda berjalan kepada mereka, maka akan tercipta rasa transparansi yang bisa membangun kepercayaan konsumen.

Sorot Sosok di Balik Bisnis

Sosok di balik bisnis disini tidak melulu Anda sebagai pemilik bisnis. Memang tentunya Anda bisa menyorot diri sendiri, tapi akan lebih baik jika Anda juga menyorot sosok lain yang juga berkontribusi dalam bisnis Anda. Mengapa demikian? Karena menyorot diri secara berlebihan bisa menimbulkan kesan narsis, yang tentunya merupakan ciri khas negatif yang kurang disukai.

Dengan menyorot sosok-sosok tersebut, Anda juga memperlihatkan sisi humanis bisnis Anda. Jenis konten ini bisa dijadikan tumpuan untuk mempromosikan bisnis UMKM Anda secara tidak langsung.

Repost Foto Followers

Anda bisa memperbanyak variasi feed Instagram Anda dengan mengunggah ulang (repost) foto followers Anda. Sebelum Anda melakukan repost, Anda harus meminta izin kepada akun pemilik postingan tersebut agar tidak terjadi kesalahpahaman, dengan begini Anda bisa membangun relasi dengan para pembeli Anda. Anda juga perlu memastikan foto yang Anda pilih relevan dengan bisnis Anda, misalnya foto yang telah adan mention akun Instagram Anda. Bubuhkan caption Anda sendiri agar bisa memberikan kesan kalau Anda peduli dan memperhatikan konsumen Anda.

Dengan mengatur feed Instagram Anda sedemikian rupa, Anda bisa menarik calon pembeli dengan mudah.

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here