Kenali Algoritma Instagram Agar Penjualan Tepat Sasaran

19

101Red – Bagi sebagian besar online shop atau biasa dikenal dengan istilah olshop, Instagram menjadi salah satu media pemasaran dan penjualan yang paling penting. Lewat Instagram, olshop bisa menjangkau calon pembeli dan membangun hubungan dengan pelanggan. Apalagi sekarang Instagram memiliki fitur-fitur yang dapat mendukung penjualan.

Postingan yang Muncul Berdasarkan Minat
Kini postingan yang terdapat pada feed Instagram tidak lagi muncul berdasarkan urutan kronologis atau waktu unggahan tetapi berdasarkan minat. Feed Instagram bekerja tidak hanya berdasarkan siapa yang diikuti oleh pengguna tetapi juga berdasarkan akun dan tipe uggahan yang disukai sebelumnya. Apabila algoritma Instagram menilai pengguna menyukai atau berminat terhadap tipe-tipe postingan tertentu, maka postingan serupa akan semakin sering muncul pada feed tersebut.
Artinya unggahanmu akan lebih sering muncul di feed pengguna yang banyak berinteraksi dengan konten atau akun yang serupa dengan unggahanmu.

Keterkaitan dengan Followers
Algoritma Instagram menunjukkan konten-konten yang dirasa paling dekat dengan penggunanya. Jika seorang pengguna sering berinteraksi dengan konten Instagrammu misalnya dengan memberi like, mengirim DM, mencari akun brandmu, atau meninggalkan komentar, kemungkinan mereka akan sering melihat konten-kontenmu ke depannya.

Waktu Postingan
Selain engagement, Instagram juga melihat kapan postingan kamu diunggah. Walaupun feed tidak lagi diurutkan berdasarkan waktu unggah, tetapi waktu post tetap menjadi salah satu faktor dalam algoritma Instagram.

Frekuensi Penggunaan
Jika pengguna menghabiskan banyak waktu di Instagram, mereka akan melihat lebih banyak konten dan bahkan bisa kehabisan konten baru untuk dilihat. Apabila ini terjadi, algoritma Instagram akan merekomendasikan akun baru berdasarkan interaksi pengguna sebelumnya.

Instagram Story
Instagram Story merupakan salah satu fitur yang dapat kamu manfaatkan untuk meningkatkan engagement. Sama dengan Instagram post, Instagram Story yang muncul di feed pengguna juga didasarkan pada engagement seperti likes, komentar, view Story, reaksi, dan DM.
Selain itu, algoritma Instagram Story juga fokus pada waktu unggahan. Instagram ingin menunjukkan pengguna Story terbaru dari akun-akun favorit mereka.

Explore Page
Halaman Explore Instagram pun kurang lebih sama. Konten yang disajikan adalah konten-konten yang menurut algoritma Instagram paling diminati oleh penggunanya berdasarkan interaksi-interaksi sebelumnya. Namun, berbeda dengan feed dimana konten yang muncul berasal dari akun yang diikuti pengguna, konten pada halaman Explore cenderung berasal dari akun baru yang belum diikuti pengguna.
Halaman Explore juga terus berubah, dengan kategori-kategori baru dan fungsi pencarian advanced seiring dengan aktivitas pengguna di Instagram.

Rekomendasi
Instagram juga memunculkan fitur yang semakin terpersonalisasi bagi penggunanya yaitu Suggestion. Jika pengguna telah melihat semua konten baru, maka Instagram akan memberikan rekomendasi postingan yang baru diunggah dari akun yang tidak diikuti pengguna. Konten rekomendasi ini juga berbeda dari konten yang muncul pada halaman Explore.

Instagram Shop
Baru-baru ini Instagram juga mengeluarkan fitur untuk mendukung bisnis yaitu Instagram Shop. Sama seperti fitur-fitur Instagram lainnya, algoritma Instagram Shop disesuaikan dengan minat penggunanya. Jadi konten-konten produk yang muncul pada Instagram Shop pengguna juga merupakan konten-konten yang telah dipilih dan terpersonalisasi.
Instagram akan menunjukkan produk-produk yang kemungkinan besar akan dibeli oleh penggunanya berdasarkan engagement sebelumnya, post dan brand yang diikuti pengguna, serta engagement dari pengguna lain yang serupa. Artinya, pengguna yang menemukan postinganmu pada feed Instagram Shop memiliki niat membeli yang cukup tinggi.

Dengan memahami algoritma Instagram, kamu bisa mengoptimalkan bisnis online shop-mu. Jangan lupa juga untuk membuat konten yang menarik agar followers-mu tidak bosan setiap melihat postinganmu.

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here