Cara Membuat Blog Pribadi di Instagram Terbaru 2022

207

101Red – Seperti yang kita tahu bahwa saat ini sudah banyak orang yang mulai beralih dari akun instagram personal ke profesional untuk menikmati beberapa fitur seperti melihat insight, profile visit dan lain-lainnya.

Apa Itu Akun Instagram Profesional?

Maksuda Blog Pribadi di IG adalah akun instagram biasa yang diubah menjadi akun profesional. Pilihannya kreator atau bisnis, kemudian diberi kategori khusus seperti nama blog pribadi.

Beberapa fitur eksklusif untuk jenis akun ini adalah instagram insights, permintaan peringkat, hingga label bisnis tambahan. Mengubah akun instagram personal ke profesional ini tentu bisa kamu atur sendiri sesuai kebutuhan. Dan cara menambahkan blog pribadi di IG pun juga cukup mudah, sehingga bisa dilakukan secara mandiri.

Cara Menambahkan Blog Pribadi di IG

  1. Buka Aplikasi Instagram

Cara menambahkan blog pribadi di IG yang pertama dengan membuka aplikasi instagram di handphone milikmu. Kemudian, login menggunakan akun instagram milikmu yang sudah terdaftar untuk melanjutkan cara menambahkan blog pribadi di IG.

  1. Masuk ke Profil Akun Instagram

Apabila telah berhasil masuk ke akun instagram milikmu, segera kunjungi halaman profil dan pilih pengaturan untuk melakukan cara menambahkan blog pribadi di IG selanjutnya.

  1. Klik Switch To Professional Account

Jika sudah masuk ke pengaturan, temukan pilihan menu untuk beralih ke akun profesional. Ketika sudah yakin untuk mengubahnya, silahkan langsung klik menu switch to professional account atau beralih ke akun profesional.

  1. Pilih Kategori Blog Pribadi

Setelah klik menu switch to professional account, lalu klik kategori Blog Pribadi pada pilihan yang muncul, kemudian klik Done.

  1. Pilih Creator atau Business

Setelah memilih Blog Pribadi atau Personal Blog, kamu akan diarahkan untuk memilih salah satu, antara Creator atau Business. Silakan sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing akun Instagram.

  1. Sesuaikan 5 Steps Terakhir Menjadi Profesional Accounts

Pada tahap ini, kamu diminta untuk menyesuaikan informasi yang sesuai dengan niche akun Instagram. Mulai dari mengisi Profile hingga Explore Professional Tools.

  1. Blog Pribadi Sudah Berhasil Ditambahkan

Jika kelima langkah terakhir sudah dilakukan, kamu sudah bisa kembali ke halaman Profil. Pada bagian bio, di bawah foto profil akan ada tulisan Personal blog.

Itulah beberapa cara menambahkan blog pribadi di IG yang perlu kamu lakukan. Apabila semua langkah telah sukses dilakukan, secara otomatis kamu sudah beralih ke akun instagram dengan profil bisnis. Sehingga nanti akan terdapat tulisan blog pribadi di bagian atas bio profil instagram.

Perlu kamu ketahui juga bahwa kategori yang bisa dipilih tidak hanya blog pribadi saja, tetapi juga ada beberapa pilihan lainnya seperti Blogger, Kreator Digital, Penulis atau yang lainnya.

Kategori ini bisa kamu ubah sesuai dengan bidang pekerjaan atau kebutuhan. Cara mengubahnya pun cukup mudah dengan klik Edit Profile dan pilih Category. Jika kategori yang diinginkan tidak termasuk dalam daftar, kamu bisa ketik secara manual untuk mencarinya.

Setelah beralih ke akun profesional, kamu memang tidak bisa lagi menikmati fitur mode private. Tetapi keuntungannya, jika sewaktu-waktu ingin mengubahnya kembali ke akun personal kamu bisa melakukannya dengan mudah.

Cara Menghilangkan Blog Pribadi di IG

Tak jauh berbeda dengan cara menambahkan blog pribadi di IG, kamu bisa menghilangkannya dengan pengaturan manual.

Tulisan blog pribadi di IG bisa kamu hilangkan jika sewaktu-waktu merasa hal tersebut tidak dibutuhkan lagi karena alasan privasi atau hal lainnya. Berikut cara menghilangkan blog pribadi di IG:

  1. Masuk ke akun instagram

Langkah pertama, kamu harus login terlebih dahulu ke akun instagram.

  1. Masuk ke menu pengaturan

Kemudian, klik ikon Menu di sudut kanan atas dan pilih pengaturan.

  1. Pilih menu akun atau account

Apabila sudah masuk ke menu pengaturan, lalu pilih ke account.

  1. Pilih menu ubah jenis akun

Lalu, scroll hingga ke bagian bawah dan klik pada pilihan menu ubah jenis akun. Nantinya, akan muncul dua pilihan yaitu  beralih ke akun bisnis atau pribadi.

  1. Pilih menu beralih ke akun pribadi

Agar bisa menghilangkan tulisan blog pribadi pada profil instagram, maka kamu harus memilih beralih ke akun pribadi. Selanjutnya, akan muncul pop up konfirmasi untuk beralih akun dan silahkan pilih Beralih ke Akun Pribadi.

Apabila beberapa langkah di atas telah sukses dilakukan semua, maka saat ini kategori blog pribadi sudah hilang dan instagram milikmu bisa kembali seperti semula sebagai akun personal.

Fitur-Fitur yang Dapat Diakses dengan Beralih ke Akun Instagram Profesional

  1. Mendapatkan Dashboard Profesional

Ketika beralih ke instagram profesional kamu dapat melacak secara detail kinerja akun, mendapatkan beberapa akses untuk tools, bahkan hingga mencari berbagai informasi akurat lainnya dari instagram.

  1. Mendapatkan Akses untuk Menautkan Akun Instagram di Halaman Facebook

Saat menautkan akun instagram ke facebook, admin, editor, dan peran page atau halaman lainnya akan memiliki izin akses yang sama.

  1. Bisa Melihat Insight Akun Instagram

Selain itu kamu juga bisa melihat insight akun instagram. Fitur instagram insights ini memberikan informasi tentang siapa followers akunmu, kapan mereka online, dan lainnya.

Kamu juga dapat melihat insight untuk pos tertentu yang telah diposting. Tujuan melihat insight ini untuk melihat interaksi dan engagement yang terjadi dengan followers.

  1. Bisa Menambahkan Info Kontak

Akun instagram profesional juga dapat menambahkan tombol kontak di halaman profil utama. Beberapa info kontak yang bisa kamu tampilkan seperti maps lokasi atau petunjuk arah, nomor telepon, atau alamat email. Jika memiliki alamat fisik yang ingin ditampilkan, nantinya bisa ditampilkan di bawah deskripsi profil.

  1. Bisa Menambahkan Label Kategori

Akun instagram profesional juga memiliki label kategori tepat di bawah gambar profil. Kategori ini akan mengikuti halaman facebook yang sudah terhubung. Sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa kamu dapat memilih label kategori ini sesuai dengan kebutuhan masing-masing orang.

Baca Juga : Apa Itu Cash On Delivery (COD) Tips, Kekurang, dan Kelebihannya

  1. Bisa Menempatkan Kotak Masuk Sesuai Prioritas

Dengan akun profesional, kamu akan mendapatkan akses ke kotak masuk dengan dua tab yaitu primary atau utama dan umum. Adanya pembagian kotak masuk primary dan general ini dapat membantu kamu memilah pesan dan notifikasi yang ingin diterima berdasarkan prioritas.

  1. Permintaan Peringkat

Ranked request atau permintaan peringkat ini adalah fitur yang akan membantu kamu mengurutkan permintaan pesan baru dari akun yang tidak diikuti menurut tanggal penerimaan atau menurut akun teratas.

Apa Perbedaan Akun Instagram Personal dan Profesional?

Selain mendapatkan beberapa fitur yang sudah dijelaskan sebelumnya ada juga perbedaan nyata lainnya antara akun instagram personal dan profesional seperti:

  1. Privacy

Perbedaan yang paling utama adalah pada akun profesional kamu tidak bisa lagi menggunakan mode privacy seperti akun personal. Ini mungkin tampaknya tidak seperti fitur yang penting, tetapi perlu dicatat bahwa jika ingin memiliki akun instagram pribadi dengan mode private maka kamuu harus kembali beralih ke profil instagram personal.

Namun, dengan akun instagram personal kamu tidak bisa mengembangkan merek dan eksposur seperti menggunakan akun profesional. Oleh karena itu, sebelum beralih akun sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu apa yang menjadi kebutuhan dan tujuan muu dalam menggunakan instagram.

  1. Jangkauan Organik

Akun personal cenderung memiliki jangkauan organik yang lebih tinggi daripada akun profesional karena ini merupakan bagian dari cara instagram untuk mengutamakan konsumen mereka. Dengan akun profesional bisnis diharapkan untuk pay to play dan berinvestasi di platform jika mereka ingin meningkatkan jangkauan konsumen.

  1. Stiker Musik

Kamu mungkin memperhatikan bahwa akun bisnis dan kreator instagram tidak memiliki akses ke stiker musik di instagram stories. Meskipun instagram belum secara langsung mengomentari hal ini, tetapi undang-undang hak cipta dan lisensi ini tidak mungkin memanfaatkan musik artis lain untuk tujuan pemasaran mereka tanpa berbayar. Yuk, mulai bisnis online bersama kami 101Red

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here