Jimmy Wales Pendiri Wikipedia

    6

    101Red – Jimmy Wales sesungguhnya memiliki nama lengkap Jimmy Donal Wales. Wales inilah yang menggagas suatu web rujukan raksasa di dunia internet bernama Wikipedia. Wales lahir di kota bernama Huntsville, tepatnya di Alabama, Amerika Serikat. Dia lahir pada bertepatan pada 7 Agustus 1966.

     

    Wales dibesarkan dalam keluarga yang bergaya hidup simpel tetapi sangat menghargai aspek pembelajaran. Bapak dari Wales bekerja selaku pengelola toko kelontong yang terdapat di kota Huntsville tersebut. Sedangkan itu, bunda dari Wales bekerja jadi tenaga pengajar untuk sekolah swasta di kota yang sama pula.

     

    Sekolah tempat Wales belajar, yang pula diatur oleh bunda serta neneknya, ialah sekolah yang unik. Sekolah itu cuma memiliki sebagian siswa tidak hanya Wales.

     

    Di sekolah tersebut, para siswa diajarkan banyak perihal yang memanglah mengasyikkan buat dipelajari. Pada dikala belajar di situ, Wales lebih tertarik buat memelajari buku- buku ensiklopedia dunia.

     

    Sehabis Wales menuntaskan sekolah dasar, dia melanjutkan pendidikannya ke sekolah menengah bernama Randolph School. Semasa menuntut ilmu di Randolph, dia mulai tertarik terhadap berbagai aplikasi teknologi dalam bidang pembelajaran.

     

    Dia pula terpicu buat belajar serta berbagi ke orang di sekitarnya menimpa hal- hal yang dia pelajari. Kegemaran belajar serta mengajar inilah yang mengantar Wales pada kesuksesannya saat ini.

     

    Wales setelah itu melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih besar serta memperoleh gelar sarjana finansial dari Universitas Auburn. Kemudian dia melanjutkan lagi kuliahnya buat ambil gelar magister finansial di Universitas Alabama.

     

    Dia mempertegas keinginannya dengan memperoleh gelar doktor dari Universitas Indiana. Ketertarikan Wales terhadap dunia pembelajaran pula tercermin dari kedudukannya jadi dosen tamu serta pula pengajar lepas di bermacam berbagai institusi terpaut.

     

    Jimmy Wales Mendirikan Wikipedia

     

    Wales meningkatkan karir pertamanya di industri pialang saham bernama Chicago Options Associates di tahun 1994 sampai 2002. Karir pertamanya ini menawarkan upah yang lumayan besar, namun Wales tampaknya tidak begitu menikmatinya serta kesimpulannya memutuskan buat mengundurkan diri.

     

    Saat sebelum masa jabatannya berakhir, Wales meningkatkan suatu web semacam mesin pencarian yang bernama Bomis. Bomis ini pernah hadapi peningkatan popularitas. Namun image negatif yang mengasosiasikan Bomis dengan tempat jual beli benda erotisme ataupun seks membatasi kesuksesannya.

     

    Inilah kenapa Wales kesimpulannya melepas Bomis serta mulai berupaya lagi meningkatkan tipe web lain yang tidak berkonotasi negatif.

    Baca juga : Memahami Perbandingan Antara Konsep Penjualan serta Konsep Pemasaran

    Wales kembali meningkatkan minatnya dalam berbagi pengetahuan dengan bekerja sama dengan suatu industri nirlaba serta kesimpulannya mendirikan Nupedia.

     

    Nupedia merupakan dini mula terjadinya Wikipedia di 15 Januari 2001 secara swadaya. Berikut tampilan Wikipedia di tahun 2001.

     

    Bersumber pada liputan yang tersebar di bermacam media Amerika, bayaran pengelolaan Wikipedia menggapai US$ 500, 000 yang diambil dari dana individu Wales selaku hasil dari masa kerjanya di Chicago Options Associates.

     

    Di tahun 2006, Wales sukses mencapai pendanaan modal buat pengembangan Wikipedia dari sebagian industri yang sepakat buat jadi sponsornya. Wikipedia yang pada dasarnya bertabiat sosial serta menitik beratkan pembelajaran menarik banyak simpatisan.

     

    Orang- orang ini dikabarkan ialah orang- orang yang menyimpan simpati buat wujud Wales. Wales memanglah mau menghasilkan ensiklopedia ilmu pengetahuan terbanyak yang dapat seluruh orang akses secara free, di segala dunia pastinya.

     

    Wales pula kesimpulannya begitu banyak disorot oleh media- media nasional serta internasional. Salah satu publikasi yang berarti merupakan kala dia dinaikan jadi wujud utama pada postingan“ Scientist& Thinkers” dalam majalah TIME di tahun 2006. Kolom tersebut sesungguhnya cuma muat orang- orang yang sangat mempengaruhi di segala dunia.

     

    Jualan online masih ragu dan tak tahu caranya ? Mau jago jualan lewat internet ? Klik disini !

    daftar belajar jualan online di 101red
    daftar belajar jualan online di 101red

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here