Yuk Terapkan 5 Tips Psikologi Marketing yang Efektif

32
Yuk Terapkan 5 Tips Psikologi Marketing yang Efektif
Yuk Terapkan 5 Tips Psikologi Marketing yang Efektif

Jualan Online – Psikologi marketing merupakan strategi bisnis terbaik yang akan membuat pelanggan tertarik untuk membeli produk Anda tanpa dipaksa. Para pelanggan akan datang kepada Anda secara sadar karena merasa sangat membutuhkan produk Anda.

Inilah 5 Tips Psikologi yang Efektif

Nah, bagaimana cara menerapkan psikologi marketing ini? Berikut tips yang bisa Anda coba.

  • Bangkitkan Emosional Calon Pelanggan

Setiap orang yang melihat suatu produk lalu merasa moodnya meningkat dan bersemangat pasti akan berusaha untuk membeli produk Anda. Emosi ini sangat diperlukan untuk mempengaruhi keputusan pembelian para pelanggan. 

Anda bisa membangun emosi pelanggan dengan cara memberi tahu mereka bagaimana produk Anda dapat membuat pelanggan merasa puas. Pelanggan yang sudah puas terhadap suatu produk akan semakin loyal dan setia pada produk Anda.

  • Tunjukkan Bukti Sosial

Bukti sosial ditunjukkan oleh ulasan para pelanggan yang diberikan pada produk Anda. Kekuatan ulasan ini sangat berpengaruh pada minat pelanggan lainnya. 

Biasanya, pelanggan akan memilih produk yang mempunyai ulasan yang baik dibandingkan produk dengan ulasan yang buruk. Anda bisa menunjukkan ulasan pelanggan yang positif untuk menarik minat lebih banyak pelanggan.

Baca juga: Berencana Memulai Usaha, Jangan Lupa Siapkan Dokumen Ini

  • Ciptakan Kesan Produk Anda Terbatas

Setiap produk yang dijual dengan ide takut ketinggalan akan meningkatkan minat para pembeli dalam membeli produk Anda. Anda bisa memakai strategi flash sale atau promo tertentu untuk menarik para pelanggan. 

Anda juga bisa menggunakan frasa jangan lewatkan atau edisi terbatas untuk produk yang Anda tawarkan. Dengan begitu,  konsumen tidak akan berhenti menantikan info terbaru dari produk Anda.

  • Pakai Teknik Resiprokal

Teknik psikologi resiprokal akan membuat pelanggan merasa terdorong untuk mengembalikan sesuatu kepada apa yang Anda berikan. Misalkan saja Anda memberikan sampel produk gratis, maka pelanggan akan merasa harus membeli produk Anda kembali. Hal ini akan membantu Anda mendapatkan pelanggan yang loyal.

  • Manfaatkan Goldilocks Effect

Goldilocks Effect merupakan kondisi ketika pelanggan menemukan produk yang tepat dan benar-benar sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka tanpa peduli dengan harga atau yang lainnya. Jika pelanggan sudah merasa dapat produk yang tepat, mereka akan setia membeli kembali produk Anda.

Anda bisa menerapkan psikologi marketing diatas untuk meningkatkan usaha Anda. Pastikan membangun hubungan baik dengan pelanggan secara emosional agar mereka setia dengan produk Anda. 

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here