Yuk Sadar Finansial Sejak Mahasiswa! Cobalah Tips Kerja Part Time Berikut

14
Yuk Sadar Finansial Sejak Mahasiswa! Cobalah Tips Kerja Part Time Berikut
Yuk Sadar Finansial Sejak Mahasiswa! Cobalah Tips Kerja Part Time Berikut

Bisnis tanpa modal – Bagi para mahasiswa, kerja part time banyak dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan penghasilan. Meski biasanya mahasiswa masih dibiayai oleh orang tua untuk segala kebutuhannya, tidak jarang mereka secara independen bekerja paruh waktu. 

Ada banyak alasan kenapa mahasiswa melakukan kerja paruh waktu. Nah, jika tertarik untuk bekerja paruh waktu, simak beberapa tips berikut ini, ya!

Cari Lowongan Paruh Waktu dari Berbagai Sumber

Jika Anda sendiri tidak yakin dapat membagi waktu antara kuliah dan bekerja maka tidak ada salahnya untuk coba bekerja sebagai freelancer. Pekerjaan freelance menawarkan fleksibilitas dan kapasitas yang dapat Anda sesuaikan dengan kemampuan. Bahkan bekerja sebagai freelance dapat menuntun untuk membuka usaha sendiri nantinya.

Selain dari laman situs kampus juga dapat mencari informasi lowongan pekerjaan paruh waktu lewat media sosial. Misalnya, akun-akun penyedia informasi lowongan kerja. Seperti instagram atau twitter. 

Di sana banyak terdapat akun-akun yang menyediakan informasi lowongan kerja. Perhatikan dengan betul bahwa lowongan yang dicari memang untuk paruh waktu bukan full time.

Mulai Cari Lowongan Paruh Waktu Lebih Awal

Apabila Anda adalah mahasiswa tingkat akhir yang sudah tidak sangat banyak perkuliahan di kampus, sebaiknya mulailah melamar pekerjaan sejak jauh hari. Persiapkan diri jauh sebelum liburan semester. Jadi ketika libur semester Anda sudah dapat menjalani kerja paruh waktu.

Baca juga: Lakukan Hal Ini untuk Mengatasi Stress dan Bosan Saat Bekerja 

Buat CV Menarik dan Informatif

Meski lowongan pekerjaan yang akan dilamar adalah pekerjaan paruh waktu, punya CV yang berkualitas juga merupakan poin penting. Apapun posisi pekerjaan yang Anda lamar buatlah CV semenarik mungkin. 

Hal ini dapat membuka kesempatan Anda untuk mendapatkan pekerjaan. Karena CV merupakan kesan pertama yang diciptakan untuk rekrtuter. Buatlah CV bersama semenarik mungkin, bagaimana informasi mengenai diri sendiri sanggup disampaikan seinformatif mungkin.  Informasi yang dimuat di dalam sebuah CV sudah pasti mengenai profil, pengalaman, skill yang Anda punya dan juga sanggup juga portofolio tersebut.

Akun Media Sosial

Banyak faktor yang wajib Anda perhitungkan ketika akan melamar pekerjaan paruh waktu. Salah satunya adalah media sosial. Aturlah sedemikian rupa agar feed media sosialmu menunjukkan segi positif dan kelebihan Anda. 

Ini bukan artinya Anda wajib show off tentang sesuatu yang mengada-ada. Tapi lebih  menghindari memposting konten-konten negatif dan tidak sesuai dengan kepribadian seseorang yang berpendidikan. 

Selain itu pastikan profil media sosial secara ringkas, lengkap dan terlihat profesional. Cara ini dapat meningkatkan kesempatan untuk mendapat pekerjaan.

Itulah tips kerja part time yang dapat diterapkan. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan memberikan inspirasi untuk Anda. Khususnya dalam mengembangkan skill dan meningkatkan pendapatan secara mandiri.

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here