Women Entrepreneur, Ini 5 Tantangan Kewirausahaan Bagi Wanita

10
Women Entrepreneur, Ini 5 Tantangan Kewirausahaan Bagi Wanita
Women Entrepreneur, Ini 5 Tantangan Kewirausahaan Bagi Wanita

Bisnis Jualan Online – Dewasa ini banyak tantangan wirausaha yang dihadapi oleh pelaku usaha. Dikarenakan semakin banyak orang yang tertarik untuk memulai usaha sendiri  dibandingkan mencari kerja. Menurut study International Finance Corporation dikatakan bahwa sepertiga dari seluruh total UMKM yang ada di Indonesia adalah usaha yang dikelola oleh para wanita.

Hal ini membuktikan bahwa wanita Indonesia turut memiliki peran yang penting dalam kemajuan bangsa Indonesia. Baik di dunia ekonomi, bisnis dan usaha entah sebagai pekerja maupun pelaku wirausaha.

Menjadi Womenpreneur Sukses Dengan Hadapi Tantangan Ini

Sebagai seorang istri mungkin tidak dituntut untuk menjadi pencari nafkah demi memenuhi kebutuhan rumah tangga. Namun tidak ada salahnya apabila sebagai wanita Anda mampu untuk menciptakan suatu usaha sehingga dapat meningkatkan pemasukan internal bagi keluarga. 

Anda bisa memanfaatkan peluang usaha yang ada untuk bisa dikembangkan menjadi bisnis yang sukses. Dengan bertambahnya pemasukan di suatu keluarga maka akan berpengaruh pada roda ekonomi Indonesia. 

Namun untuk memulai sebuah usaha, ada beberapa tantangan yang biasanya dihadapi para wanita tersebut, apa sajakah itu:

Ragu Untuk Memulai

Jumlah wirausaha wanita masih jauh lebih sedikit daripada pria. Hal ini mungkin dikarenakan tidak adanya tuntutan dan kewajiban untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga bagi yang mampu. Bagi Anda para wanita yang mau tidak mau harus turut membantu perekonomian keluarga, maka jangan ragu untuk berani memulai suatu usaha. Modal usaha, ide, proses produksi dan lainnya dapat menjadi dasar dari rasa ragu tersebut.

Motivasilah diri Anda dan carilah inspirasi untuk memulai bisnis Anda. Cobalah untuk berkonsultasi dengan teman yang sudah memiliki bisnis. Ikutlah pendidikan praktis dan pelatihan ketrampilan yang kadang diadakan oleh pemerintah agar bisa Anda manfaatkan untuk usaha Anda.

Baca juga: Ampuh! Lakukan Cara Ini Agar Penjualan Bisnis Online Meningkat

Ide Bisnis Yang Tidak Potensial

Terkadang suatu usaha tidak kunjung dimulai karena merasa bahwa usaha tersebut kurang potensial untuk dijalankan. Lakukan riset pasar dan cobalah mencari inspirasi dari tren yang ada sekarang. Atau Anda bisa langsung mencoba ide bisnis tersebut agar dapat mengevaluasi hasilnya. 

Sebagai Ibu Rumah Tangga

Menjalankan tugas sebagai istri, ibu dan pelaku usaha dengan baik menjadi tantangan yang tersendiri. Manfaat kemampuan wanita yang tidak dimiliki oleh pria, yaitu kemampuan multitasking. Kemampuan ini menunjukkan kekuatan wanita yang mampu melakukan beberapa pekerjaan sekaligus dalam satu waktu.

Pengetahuan Dalam Memulai dan Mengelola Bisnis yang Kurang

Untuk memulai suatu bisnis dengan baik diperlukan pengetahuan dasar mengenai modal, produksi, manajemen, pemasaran dan lain sebagainya. Seiring dengan waktu Anda bisa belajar dan memahami bagaimana alur perkembangan usaha yang akan mempengaruhi penilaian Anda dalam mengambil kebijakan dan mengembangkan usaha Anda.

Akses Terhadap Pinjaman Modal Usaha yang Kurang

Modal merupakan hal utama dalam memulai suatu usaha. Tanpa adanya modal maka bisnis bisa tertunda untuk dimulai apalagi bisa berkembang. Dengan adanya modal maka bisnis akan memiliki potensi untuk berkembang.

Sebagai wanita Indonesia apakah Anda siap untuk menaklukkan tantangan wirausaha ? Carilah peluang usaha  yang ada di sekitar Anda dan mulailah dari rumah. Jangan biarkan kendala-kendala di atas menyurutkan semangat Anda untuk memulai suatu wirausaha.

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here