Tips Mudah Berjualan di Shopee

57

101Red – Akhir-akhir ini, berjualan online semakin diminati oleh banyak orang. Hal itu disebabkan meningkatnya konsumen yang lebih menyukai berbelanja secara online, karena mudah dan praktis. Selain itu, seller tidak perlu lagi mencari atau menyewa toko, dan dapat menjangkau banyak konsumen.

Untuk seller yang baru pertama kali berjualan secara online, pastinya masih merasa bingung. Namun, peluang bisnis online cukup menjanjikan dan akan terus berkembang di masa mendatang. Bagi anda yang ingin berjualan online, tentu tidak ada salahnya memilih platform Shopee sebagai tempat yang tepat untuk berjualan. Lantas, bagaimana cara jualan di Shopee? berikut ini adalah cara jualan di Shopee:

A. Mengunduh Aplikasi Shopee

Untuk memulai berjualan di Shopee, tidak akan sesulit ketika anda berjualan di situs belanja online lain. Sebelum berjualan di Shopee, anda harus mengetahui poin-poin di bawah ini:

  • Menyiapkan produk yang ingin dijual. Kemudian, lengkapi masing-masing produk dengan foto yang jelas. Sebaiknya, foto tersebut dibuat sendiri dan bukan hasil editan atau milik orang lain.
  • Mendeskripsikan produk dengan jelas. Sehingga, calon konsumen akan memahami dan mengenal produk yang anda jual. Deskripsi harus sesuai dengan kondisi produk.

B. Kiat- Kiat Mudah Jualan di Shopee

Kalau anda sudah mengunduh aplikasi Shopee dan mempersiapkan beberapa poin di atas, maka berikut ini adalah cara berjualan di Shopee yang harus anda lakukan .

  1. Buka aplikasi dan tambah produk baru yang ingin dijual dengan cara memilih ikon plus (+) yang ada di bagian kanan bawah menu utamanya.
  2. Kemudian, upload seluruh foto produk yang sudah disiapkan di galeri foto. Foto tersebut bisa diambil dari Facebook atau Instagram. Untuk produknya, anda bisa memasukkan maksimal 9 foto.
  3. Menuliskan deskripsi di masing-masing produk yang sudah di-upload.
  4. Mengisi seluruh kolom, yaitu kategori produk, tanggal kedaluwarsa (makanan/minuman), merek produk, harga, berat produk, estimasi pengiriman, dan lainnya.
  5. Jika produk sudah siap dijual, selanjutnya melengkapi foto dan profil toko Shopee. Buat profil yang menarik agar calon konsumen tertarik berbelanja di tokomu, mulai dari nama toko, foto, dan sebagainya
  6. Lengkapi nomor telepon, agar pembeli bisa menghubungi atau chat dengan mudah.
  7. Memilih dan melengkapi pengaturan toko.
  8. Lengkapi nomor rekening di kolom yang tersedia. Supaya anda bisa melakukan penarikan dana dengan mudah.

Baca Juga: Beriklan di Facebook Secara Gratis

Tips Jualan di Shopee

Berjualan di Shopee bukan berarti  barang jualan anda laris dengan cepat. Karena di sini anda bisa menemukan banyak kompetitor yang berjualan produk yang mungkin sama. Agar semuanya berjalan lancar. Di bawah ini adalah beberapa tips berjualan online di Shopee.

  1. Memakai foto produk yang menarik 

Salah satu faktor terbesar untuk menarik calon konsumen adalah dengan menampilkan foto produk yang menarik. Ambil foto produk dengan latar yang bersih, pencahayaan yang pas, dan kualitas foto yang besar agar produk lebih jelas.

2. Melampirkan deskripsi yang jelas

Berikan informasi tentang produk yang anda jual sedetail mungkin, mulai dari keunggulan, fitur, warna, harga, ukuran, bahan, dan sebagainya. Ini juga akan membantu anda karena tidak perlu lagi mendapatkan pertanyaan standar dari pelanggan.

3. Melayani pembeli dengan baik 

Sebagai seller, anda juga harus melayani pembeli dengan sangat baik, walaupun dengan konsumen yang banyak tanya. Cobalah berikan mereka solusi dan jawaban yang pas terkait produkmu dengan ramah dan cepat.

4. Sering memberikan promosi 

Banyak konsumen yang tertarik dengan promosi. Ini juga menjadi salah satu strategi anda mendapatkan pendapatan dan pelanggan lewat Shopee. Ada beberapa promo yang mungikin bisa anda berikan, mulai dari diskon, hadiah, ataupun gratis ongkir.

5. Berikan harga yang terbaik 

Ada banyak ribuan toko yang menjual produk yang sama denganmu di Shopee. Untuk memenangkan persaingan, anda harus bisa memberikan harga terbaik, kalau bisa kasih harga termurah dibandingkan lainnya.

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here