Tips mengembangkan Bisnis Online Untuk Pemula

36

101Red – Notifikasi ataupun story di  media sosial kamu pasti dipenuhi oleh tawaran bisnis hingga produk yang mungkin asing bagi kamu. Dari produk pakaian, makanan, sepatu dan banyak lainnya. Wajar saja, karena masa sekarang ini berbisnis di media sosial selain murah, juga dapat dilihat  saudara,teman sendiri maupun orang sekitar. Banyak juga orang-orang menemukan peluang bisnis dari rumah, seperti menjadi resseler ataupun menjual produk sendiri.

Kalau kamu sedang menjalankan bisnis online perlu juga menyusun strategi, karena pada masa sekarang orang akan lebih memilih belanja online daripada keluar rumah dan pergi ke toko untuk membeli barang yang diinginkan. Dalam mengelolah marketing online ada beberapa strategi yang harus dilakukan jika bisnismu ingin dikenal orang melalui online marketing, tentunya dengan kesan menarik dan meyakinkan pembeli akan produk yang kita tawarkan diantaranya adalah :

  1. Pastikan pembeli mudah menghubungimu.

Langkah pertama dalam berbisnis adalah permudah pembeli atau calon konsumen produk anda untuk menghubungimu. Biasanya calon pembeli /konsumen akan bertanya banyak tentang produk yanga anda tawarkan untuk memudah kan semuanya pastikan no handphone, atau Whatsapp bisnis  serta e-mail anda sertakan dalam akun bisnis yang anda punya. Kemuadian pastikan selalu membaca notifikasi pesan yang masuk diberbagai akun online marketing yang anda miliki.

  1. Buat media sosial yang menarik

Langkah selanjutnya adalah pastikan bisnis yang kamu kelolah memiliki akunmedia sosial sendiri. Hal ini berguna untuk memudahkan calon pembeli / konsumen berinterkasi dengan binismu, mengetahui produk apa saja yang dijua. Selain itu juga dengan akun bisnis ini akan mudah mendatangkan calon pembeli baru. Buatlah media sosial yang kamu miliki semenarik mungkin. Pergunakan foto dan slogan atai caption yang mudah dipahami dan mudah diingat oleh calon pembeli.dan jangan lupa masukkan tautan market place bisnismu.

  1. Berjualan di Marketplace/ e-Commerce

Marketplace jadi tempat yang pas untuk berbisnis online, selain media sosial. Pasar yang luas dan jutaan pengguna menjadikan peluang produk yang kamu tawarkan dapat dikenal dan dibeli oleh halayak ramai. Banyak orang merasa nyaman jika berbelanja di e-commerce karena prosesnya aman, mudah, serta memiliki berbaga macam produk dan opsi pembayrannya juga beragam. Selain menghemat anggaran promosi biasanya marketplace memiliki promo sendiri yang bermanfaat bagi para pembeli, seperti diskont dan bebas ongkos kiriman untuk wilayah yang ditentukan.

BACA JUGA: Menjadi Wirausaha dimasa Tua

  1. Kelola keuangan bisnismu dengan baik

Mengelolah keuangan adalah hal yang sangat penting dalam berbisnis.Memisahkan rekening bisnis dan rekening pribadi sangatlah penting. Hal ini untung mengetahui alur kas masuk dan keluar dalam bisnis anda. Selain itu juga akan memudahkan dalam mengatur keuangan dan pembukuan bisnis anda.

  1. Mulai gunakan Media Sosial Facebook ads dan Instagram, Twitter

Memperluas pasar dimedia sosial facebook atau Instagram serta Twitter atau yang lainnya. Gak adalah salahnya kita mengeluarkan biaya tambahan untuk mencba cara baru meningkatkan traficc, website,brand exposure. Guna mendatangkan pembeli baru.  Buatlah  caption yang efektif dan pasang foto atau video menarik dalam beriklan.

  1. Tawarkan promo atau paket bundling

Promo yang gencar dengan membuat diskont harga. Ini akan menarik pelanggan setia dan baru  mengunjungi akun bisnis kamu. Siapa sih yang gak suka potongan harga. Atau bisa juga promo buy 2 get 1 free, potongan harga di hari besar atau penghujung minggu pasti akan menarik para pelanggan, dan dijamin kamu bisa terima repeat order.

Nah, sekarang kamu bisa mulai ikuti tips-tips di atas supaya bisnis online-mu bisa cepat berkembang!

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here