Strategi Efektif Penawaran Produk di Marketplace

28

101Red – Kamu memerlukan strategi untuk menawarkan produk ketika berjualan di online marketplace. Karena disamping marketplace diramaikan dengan customer potensial, juga dipenuhi dengan sellers yang menawarkan produk yang sama. Untuk itu, kamu perlu mematangkan strategi berjualan di marketplace.

Tentu ada beberapa cara untuk meningkatkan penjualan yang dilakukan sellers. Seperti mengenal target pasar maupun kompetitor yang dituju, memaksimalkan order fulfillment, mengoptimalkan anggaran untuk paid ads, dan menawarkan ragam produk baru.

Bisa disimpulkan dari sini, bahwa terdapat tiga strategi yang dapat kamu lakukan untuk berjualan produk di marketplace. Diantaranya yaitu menggunakan perangkat marketing yang efisien untuk bisnis, menyusun list produk dan katalog, dan melakukan riset market.

Kenali dan Riset Target Market

Untuk lebih mengenal siapa pembelimu, tidak sedikit tempat yang bisa kamu manfaatkan di mana kamu bisa mendapatan insights. Pertama, manfaatkan lapak sendiri sebagai tempat di mana kamu bisa menemukan paling banyak informasi.

Pembeli yang memiliki minat dengan produkmu tentu bakal bertanya di direct message atau kolom pertanyaan terlebih dahulu. Di sini kamu akan bisa mengetahui produk mana yang paling dicari oleh pembeli dan varian mana yang mereka minati.

Kemudian, melalui kolom ulasan di lapakmu, kamu juga dapat mengkurasi feedback dari pembeli. Bagaimana kualitas produk yang kamu tawarkan, apa kata mereka yang sudah membeli di lapakmu,  dan bagaimana mereka menilai pelayananmu. performa took dapat kamu ukur dengan mudah melalui setiap input yang diberikan sehingga kamu mendapatkan gambaran dari siapa saja pembelimu.

Menyusun List Produk dan Katalog

Katalog produk di lapakmu perlu kamu optimalkan, karena produk yang kamu jajakan di marketplace akan dilihat oleh banyak calon pembeli.

Ada banyak elemen yang bisa kamu kembangkan, seperti tampilan visual keseluruhan lapakmu (estetika foto, banner, display picture), foto produk, deskripsi produk, deskripsi toko, dan penulisan nama produk. Namun ada banyak hal teknis yang perlu kamu perhatikan juga karena itu saja tidak cukup.

Baca Juga: Kenali Perilaku Belanja Online Pada Generasi X, Y dan Z

Pertama, etalase toko. Pastikan produk yang diinginkan pembeli dapat dengan mudah mereka temukan ketika mampir ke lapakmu. Produk-produkmu perlu disusun di etalase dengan terorganisir dan kategori yang sesuai. Lalu, kamu perlu memastikan tidak memberikan informasi yang keliru dari produk yang kamu jual. Informasi yang salah tentang produk atau simpang siur akan mengurangi kemungkinan repeat order karena mengecewakan. Kamu juga perlu meng-highlight keunggulan utama atau fitur-fitur produkmu di kolom deskripsi; lengkap dengan batas dan cara penggunaannya.

Marketing yang Efisien

Ada baiknya kamu menganalisa dulu tujuan marketing-mu, sebelum mulai menentukan tools untuk menjajakan produk jualanmu. Kamu bisa memanfaatkan marketing tools dalam platform marketplace apabila tujuanmu adalah meningkatkan penjualan. Seperti TopAds dari Tokopedia, setiap platform memiliki tools yang mendukung penjualan sellers.

Adapula sistem keanggotaan di marketplace seperti Power Merchant dari Tokopedia dan Star Seller dari Shopee yang dilengkapi dengan berbagai fitur, seperti tambahan kredit, flash sale, dan etalase toko. Kamu juga bisa mendaftar sebagai Official Store di marketplace. Official Store juga dilengkapi dengan berbagai macam fitur dan memudahkan pembeli untuk menemukan lapakmu di marketplace.

Untuk memulai berbisnis, kamu bisa dibantu oleh skema bisnis 101Red yang memberikan berbagai layanan untuk memulai bisnis tanpa pusing manajemen gudang, pengelolaan pesanan, layanan pelanggan, hingga pengiriman barang sampai ke tempat tujuan. Langsung cek ya!

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here