Siapa Bilang Media Sosial Gak Bisa Untuk “Jualan”?

26

101Red – Pemasaran menggunakan media sosial merupakan salah satu trik pemasaran yang dapat dilakukan dengan bantuan pihak ketiga yaitu website berbasis media sosial.

Di zaman sekarang, pemasaran menggunakan media sosial sudah banyak dilakukan baik untuk sebuah produk atau jasa. Beragam media sosial yang dapat dimanfaatkan untuk pemasaran atau promosi yang diantaranya Facebook, Instagram, dan Twitter. Dengan pemanfaatan media sosial, promosi yang dilakukan perusahaan atau brand dapat terstruktur dan tepat sasaran.

Pendekatan Digital Pada Bisnis Penting Untuk Dilakukan Oleh Perusahaan

Dalam hasil survey Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia di tahun 2017, penetrasi pengguna internet tercatat telah mencapai 54.68% dari total jumlah penduduk Indonesia yang berjumlah sekitar 262 juta jiwa. Dari hasil survey tersebut, menunjukkan jumlah yang sangat besar dan sekaligus beberapa fakta bahwa terjadi peningkatan hingga 3 kali lipat dibanding 8 tahun silam.

Proses Pemasaran Melalui Media Sosial

Pemasaran menggunakan media sosial tidak berhasil sekejap mata. Hasil penjualan tidak dapat dirasakan dalam jangka waktu yang cukup singkat, hal itu dikarenakan masyarakat membutuhkan rasa percaya akan produk bisnis Anda.

Jika kepercayaan masyarakat telah besar serta dibarengi strategi yang tepat, maka hasil dari penjualan yang dilakukan berjalan lancar dan dapat dirasakan langsung.
Beberapa hal yang penting dalam pemasaran dengan Media Sosial.

Fokus Pada Sasaran

Pemasaran dengan pemanfaatan media sosial dapat dilakukan oleh siapapun, tidak hanya oleh kaum millenial. Hal yang terpenting, cukup memiliki akun sosial media, Anda sudah bisa memasarkan produk atau jasa kalian. Tetapi, untuk pemasaran yang fokus dan tepat sasaran tidak mudah untuk dilakukan.

Menggunakan beberapa platform

Penggunaan satu media sosial sangat disarankan oleh para marketer. Tetapi tidak menutup kemungkinan Anda menggunakan beberapa sosial media, agar promosi bisa semakin maksimal. Anda dapat menggunakan facebook, twitter, instagram, whatsapp, atau platform lainnya.

Aktif Dalam Berinteraksi

Upayakan untuk berinteraksi dengan pengguna media sosial lainnya, memberi komentar, bertukar pesan atau menyukai status mereka.

Bekerjasama Influencer

Pengaruh influencer memberi dampak yang cukup besar dalam meningkatkan daya tarik pembeli. Coba lah untuk bekerjasama dengan influencer.

Bersabar is the key

Pemasaran menggunakan sosial media sangatlah membutuhkan kesabaran yang besar. Hasil yang didapatkan tidak dapat dirasakan secara langsung. Setiap proses membutuhkan waktu yang tidak singkat.

Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial

Penggunaan media sosial sebagai sarana pemasaran harus benar-benar dipahami. Jangan sampai anda menyampingkan esensi penggunaan media sosial bagi masyarakat modern.

Menentukan Target Pemasaran Produk Anda

Penentuan target pemasaran produk merupakan hal yang pertama yang harus dilakukan. Sebagai contoh, jika produk anda dibutuhkan oleh kalangan pelajar dan mahasiswa, maka target pengguna media sosial Anda berasal dari kalangan pelajar dan mahasiswa. Namun jika produk Anda digunakan oleh anak-anak, maka target pengguna media sosial anda kalangan ibu-ibu.

Membuat konten yang bermutu dan kreatif

Konten yang anda gunakan harus tetap bermutu namun konten yang kreatif sangat kalian butuhkan. Konten yang kreatif tidak akan membuat pengguna internet jenuh setiap kali melihat postingan kalian, dan akan menarik mereka untuk selalu melihat postingan yang Anda berikan.

Menjalin Komunikasi Secara Personal

Komponen penting yang terakhir yang perlu Anda lakukan ialah menjalin komunikasi secara personal. Anda dapat meminta bantuan teman-teman Anda untuk membantu mem-promosikan produk Anda. Anda bisa membuat postingan di beranda mereka agar mereka dan temen-teman mereka dapat lebih mengenal produk Anda. Temen-temen Anda bisa menjadi partner Anda dalam memasarkan produk Anda.

Media Sosial sangat bermanfaat jika digunakan untuk hal yang bermanfaat. Namun akan menjadi “musibah” jika digunakan untuk hal yang membawa keburukan.

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here