Search Marketing: Strategi Digital Marketing yang Sering Digunakan

178

101Red – Strategi digital marketing adalah salah metode berbisnis online yang paling banyak digunakan sebagai cara memperkenalkan produk dan menjangkau konsumen.
Apa itu Search Marketing?

Ada banyak contoh strategi digital marketing mulai dari SEO, SEM, Email Marketing, Sosial Media, Content Marketing, Influencer Marketing, dan lain sebagainya. Namun strategi digital marketing yang sering digunakan ialah search marketing.

Search Marketing adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mendapatkan trafik, baik dengan cara gratis maupun berbayar. Search Marketing merupakan strategi pemasaran digital yang paling minim biaya namun tingkat ROI sangat tinggi.

Perbedaan Strategi Digital Marketing dengan Search Marketing

Jika kamu bisa melakukan metode ini dengan tepat, dalam 6 sampai 10 bulan selanjutnya kamu bisa mendapatkan transaksi yang stabil, bahkan SEM bisa kamu tinggalkan dan memaksimalkan trafik organik saja sehingga biaya promosi akan semakin kecil.
Namun kamu juga harus ingat bahwa SEO itu kompleks banget, sangat wajar jika apa yang kamu lakukan seperti tidak ada hasilnya.
Beberapa Strategi untuk Menerapkan Search Marketing

Membuat Website

Search marketing tidak akan berjalan jika kamu tidak memiliki website. Kenapa? Karena hampir sebagian besar hasil pencarian didominasi oleh website. Sangat jarang hasil pencarian menampilkan akun sosial media.

 

Menentukan Keyword

Jika kamu telah berhasil membuat website, lakukan riset keyword sebelum kamu menggunakannya. Pilihlah keyword yang paling banyak dicari audience.

Kriteria keyword yang harus kamu pilih seperti ini:

  • Volume & Tingkat Persaingan: untuk keyword produk pilih yang memiliki volume paling tinggi, sedangkan untuk content marketing pilih yang tingkat persaingannya memungkinkan dengan website kamu.
  • Gunakan Keyword dengan Bijak: gunakan keyword sebagaimana mestinya, maksud kami hindari kanibalisasi keyword, yaitu ada banyak halaman dengan keyword sama, yang akhirnya membuat halaman satu dan lainnya saling bersaing.

Membuat Landing Page

Landing page yang dimaksud disini adalah halaman sales, yaitu halaman yang menjelaskan tentang produk yang ditawarkan kepada calon custumer.

Yang dibutuhkan dalam membuat landing page adalah

  • Konten: jelaskan produk dengan bahasa singkat, nggak ngebosenin, dan sesuaikan dengan audience.
  • Tampilan: Setelah konten jadi, aplikasikan konten tersebut kedalam sebuah landing page yang memiliki tampilan bagus, mudah di navigasi, dan bagian bawah ada call to action.
  • Struktur Headingsearch marketing itu sebenarnya juga bagaimana kita menjelaskan konten kepada robot mesin pencari agar website kita bisa diindex dan memiliki skor SEO yang baik, jadi struktur heading juga harus kita perhatikan tanpa mengabaikan user experience calon custumer.

Menjalankan SEM

Setelah berhasil membuat landingpage, kamu bisa mulai menjalankan SEM untuk mendapatkan trafik dan mulai mendapapatkan transaksi. Dalam tahap ini kamu juga bisa melakukan analisa terkait landingpage yang kamu buat, sudah maksimal atau belum.
Caranya bagaimana? Yaitu dengan melihat seberapa efektif landingpage kamu dalam mengkonversi trafik menjadi transaksi.

Tips dalam menjalankan SEM:

  • Pilih iklan yang paling sesuai dan memungkinkan untuk menjangkau banyak audience.
  • Alokasikan anggaran yang ideal, jangan berlebihan karena kita juga akan akan melakukan optimasi SEO yang budget-nya tidak sedikit.

Membuat Konten Marketing

Pembuatan konten pada website memang sangat membantu dalam hal Optimasi SEO.
Salah satu hal yang paling banyak dilakukan adalah dengan menghadirkan konten soft selling, masih cukup kuat pengaruhnya cara ini, namun akan menjadi tidak ada artinya jika kualitas konten alakadarnya dan dibarengi dengan promosi produk.

Tips yang dapat digunakan untuk membuat konten marketing:

  • Topik : pilih topik yang relevan dan bisa memberikan trafik pada website.
  • Kualitas: Jangan komromi pada kualitas, satu konten berkualitas atau tidak sama sekali.
  • Konsisten: jangan mudah menilai apa yang kamu lakukan gagal, hasil dari SEO baru bisa dilihat 2 sampai 4 bulan mendatang.

Menjalankan SEO
SEM, Content Marketing, dan SEO ini bisa kamu jalankan dalam waktu yang bersamaan, dan memang publikasi content marketing pada blog sendiri sebaiknya juga memperhatikan bagaimana teknik SEO yang biasa dilakukan seperti internal link, optimasi keyword, dan lain sebagainya.

Beberapa hal yang bisa dilakukan terkait SEO:

  • Kecepatan situs: kompres dan hilangkan beberapa bagian atau konten yang terlalu berat. Ini termasuk dalam onpage SEO.
  • Internal link: hubungkan konten-konten yang memiliki pembahasan relevan pada situs kamu secara wajar.
  • Pengelompokan Konten: Kelompokan setiap konten diwebsite kamu dengan topik-topik yang memiliki pembahasan relevan. Kamu bisa mengorganisasi setiap konten dengan bantuan kategori. Fungsinya agar bounce rate rendah, karena pengunjung akan pergi dari konten satu ke konten lainnya.
  • Backlink: dapatkan kontekstual backlink dari website otoritas. Jangan berpatokan pada jumlah, algoritma penguin sudah dijalankan Google sejak tahun 2012, dan fungsi untuk mengeliminasi backlink spam.

 

Terdapat banyak sekali strategi digital marketing yang bisa kamu gunakan. Namun, pilihlah yang sesuai dengan tujuan bisnis dan target konsumen kamu.

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here