Reseller/Tim Loyal, Percaya ada?

1320

Peluang Bisnis Modal Kecilย Baru nonton share-an Video-nya Trent Shelton mengenai “Everybody Is not your friend” dari omย Sunil Tolaniย , jadi menginspirasi nulis ini.

Reseller/Tim Loyal, Percaya ada?

Yes, ada.

Tapi apakah banyak?

Nggak!

10% saja udah bagus!
20% udah bagus banget!
diatas itu, TOP!ย ๐Ÿ‘

๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ

Manusia itu LOYAL cuma karena ADA MAUNYA, ADA harapan ke kita, dan ADA benefit baginya.

“temen” tanda kutip, loyal karena mungkin kalau pergi sama kita, kita traktir. Atau karena kita bisa jadi tong sampah buat keluh kesah dia, atau karena kita bisa jadi dayang-dayang mereka yang bisa menatap iri melihat kesuksesan dari show off gaya hidup mereka, atau sesimple karena kita bisa membuat mereka tertawa dan melupakan beban hidupnya sejenak.

gak usah lagi temen, ANAK deh, telpon ortu karena ada maunya, ya karena kangen hahaha.. tapi anak gak beres ya telpon ortu karena ada maunya seperti “tolong jagain cucu ya”, “pinjem duit dulu bisa bun?”

Ibarat kamu punya 10 temen baik, yang selalu ada di inner circle kamu, yang kamu anggap sahabat.

Ketika kamu susah, ada SATU orang saja yang mau bantu kamu tanpa banyak tanya (pamrih). ini sudah bagus!.

๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ

Sahabat yang kamu sebutย terbaik, alias best-friend belum tentu menginginkan yangย terbaikย untukmu

Sahabat yang tumbuh bersama-mu, belum tentu menginginkan kamu tumbuh lebih maju dari dirinya.

Sering denger juga kan perkataan yang kurang lebih bunyinya, ketika kita jatuh, baru keliatan deh tuh temen kita sebenernya itu siapa.

Nah ini, sahabat loh.. apalagi Reseller/Tim ?

๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ

APALAGI RESELLER/TIM ?

๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ

Saya sendiri, di 101Red, dengan total hampir 3000 Reseller yang terdaftar. Apakah 3000 orang ini loyal semua?, loyal disini dalam artian aktif ya.

Nggak juga.

Padahal, dari reseller-reseller yang aktif, testimoninya banjir banget, mulai dari yang semuanya lengkap disediain.
โ˜‘ Marketing Kit dibikinin, Fb/IG Feed hingga Stories, lengkap disediain.

โ˜‘ Tiap hari dikasih panduan to do list untuk mereka kerjakan sebagai bagian dari pemasaran produk.

โ˜‘ 100 lebih Modul pembelajaran Digital Marketing disediain buat mereka pelajari.

โ˜‘ Website dibikinin, CS buat follow up disediain, live CS di tiap website juga ada.

โ˜‘ Bahkan Sharing Testimoni produk dari Reseller2 yang rela berbagi pun disediain, Reseller lain tinggal comot dan pakai.

โ˜‘ Produk2 unggulan yang laris manis dipasaran juga sudah disediakan di website masing-masing dengan real time stock update PLUS tentunya lengkap dengan marketing kit buat tinggal upload ke medsos dan CSV upload masal ke Marketplace

โ˜‘ Margin produk?, wah jangan tanya lagi deh, udah mana bisa dropship satuan, gak usah nyetok, tapi marginnya bisa sampai 1/2 harga ecer.. gede banget.

โ˜‘ Copywriting buat produk juga disediain men!

DAN jadi Reseller 101Red sendiri bukan gratis (ya kalau gratis atuh semua aja pengen jadi Reseller, siapa yang mau jadi Customer?), biaya join Rp 1.75 juta per tahun.

Bukan sesuatu yang murah dibandingkan supplier/distributor lain yang cuma mencharge 300k s/d 900k utk join.

Tapi MURAH jika mau compare fasilitas, benefit dan margin produk per dropship.

Dengan beda di harga join, ya jangan compare juga banyak2an jumlah Reseller 101Red dengan jumlah Reseller Distributor lain, yang udah murah, lifetime pula (tidak ada expired date) jadi Distributor lain mungkin bisa lebih dari 10rb, bahkan rumornya D*sD*san sudah reach 80.000 reseller (entah yang aktif jualan berapa banyak)

Saya sendiri masih gak nemu jawabannya ๐Ÿ™„, yang lifetime seperti itu, ujung2nya apakah market produknya jadi gak saturated ya?, secara makin tahun makin banyak reseller-nya, aktif gak aktif tetep disebut reseller.

Sementara di 101Red, bisa dipastikan yang gak aktif, biasanya gak perpanjang lagi di tahun berikutnya. Ini lah alasan kenapa 101Red yang sudah jalan 3 tahun, Resellernya baru 3000an..

dan inilah alasan kenapa Ori*lame, Resellernya bisa hampir 10 juta orang (gak ada expired, join murah dibawah 100k, tapi jualan makin lama makin susah, karena calon pembeli mikir mendingan jadi reseller ktimbang jadi customer dengan biaya join serendah itu)

๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ

NAH, JADI coba deh kira-kira dari 3000 reseller 101Red, yang joinnya aja bayarnya lumayan (secara logika harusnya serius dan niat belajarnya tinggi dong?, masa dah bayar “mahal” tapi gak aktif)

Berapa persen sih yang aktif?
Berapa persen sih yang ada penjualan.

Angka Aktif Member kita di sekitar 32% average.. dan naik jadi 41% per 3 bulan terakhir sejak kehadiran lumecolors.

Reseller yang rutin dapat profit minimal 30 juta/bulan ada, bahkan yang 200 juta/bulan juga ada (PROFIT loh ya, bukan omset)..

namun yang udah join 101Red tapi udah 3 bulan gak jualan 1 pun juga ada.

Bahkan yang boro-boro mau instal telegram aja juga ada, dengan alesan ribetย :vย , padahal group mentoring dan tanya jawab, kita fokuskan di telegram.

๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ

JADI, ibaratnya kalau Reseller yang saya bina sampai titik keringat penghabisan aja yang aktif sekitar 30-40%.

Gimana dengan mereka yang cuma rekrut reseller beli putus tok?, yang tanpa pembinaan, untuk kemudian nanya ke saya, kenapa Reseller saya gak ada yg loyal?

hmmm silahkan direnungkan

๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ

Jadi janganlah baper jika kita punya tim gak 100% loyal, ibarat seorang guru, ngajarin murid-muridnya, gak semua muridnya bisa jadi juara 1 toh?, tapi tetep bisa dilihat dari nilai rata-rata kelasnya. namanya juga rata-rata, berarti ada 50% murid kelasnya yang nilainya dibawah rata-rata. Apakah ini gurunya gagal?, atau muridnya yang oneng? hehehe. ya kudu saling intropeksi sih ini.

๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ

Sudah sifat manusia seperti itu.

Apalagi Reseller,

Tugas kita sebagai mentor/coach/distributor ya fokus ke mereka yang memang ingin tumbuh bersama ๐ŸŒฑ.

Bukan fokus ke mereka yang apa-apa minta disuapin dan nuntut terus.๐Ÿ˜œ

Reseller yang tahun ini loyal, belum tentu tahun depan loyal, mereka pun akan selalu mengalami life changing, entah sibuk karena baru punya anak, entah dapat tawaran peluang baru,

Reseller yang tahun lalu penuh pujian dan terima kasih ke kita karena hidupnya berubah jadi lebih makmur sejak kita bina, belum tentu di hari ini memiliki apresiasi yang sama terhadap kita ๐Ÿค”

Ya namanya bisnis, OJO BAPERAN lah intinya hihihi ๐Ÿ˜…

๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ

Dari kalian yang membaca semua tulisan saya diatas ini, mungkin mulai sedikit paham,

Kenapa sih para distributor kok gak berhenti mencari Reseller baru? (ya karena yang join, belum tentu aktif, dan karena yang loyal di bulan ini, belum tentu loyal di bulan depan)

Atau kenapa sih ada distributor yang ikutan jualan produknya? (ya karena kalau menggantungkan sales-nya ke Reseller2nya saja, belum lagi kalau ternyata si distributor ini sudah berhenti cari Reseller, pasti ada kecemasan kalau penjualannya menurun)

Selama si distributor ini menjual dengan harga jual yang sama ke end user DAN gak ngerusak harga, saya rasa sih gak masalah ya.

๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ๐Ÿ•ถ

Udah gitu aja deh, yang baca sampai abis, jangan lupa ngopi dulu โ˜•

Salam Cihuy,

Christina Lie
Founder/CEO
101Red.com

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here