Persiapkan 8 Peralatan Ini Sebelum Memulai Online Shop

14

101Red – Di zaman digital marketing, online shop sedang “naik daun”. Dulu online shop hanya dijadikan sampingan mencari rezeki, pemilik bisnis tetap mengelola tokonya dan hanya sekedar berjualan secara online. Namun, saat ini online shop sudah menjadi lading utama dalam mencari rezeki. Sebagain kasus, untuk memulai online shop tidak memerlukan moal yang cukup besar. Inilah yng menjadikan online shop berkembang pesat. Tidak membutuhkan modal besar, dapat dikerjakan dimana dan kapan saja.

Sebelum memulai online shop, kamu harus mempersiapkan beberapak peralatan agar dapat menunjang bisnis kamu secara optimal kedepannya. Lalu, peralatan apa saja yang perlu disiapkan? Berikut rekomendasinya.

1. Alat tulis

Pen atau pensil berguna untuk menulis alamat pembeli. Kalau tidak ada alamat tidak bisa sampai dong. Tulislah dengan rapi agar pihak ekspedisi mudah membacanya.

2. Kertas

Tidak perlu kertas baru, kertas sisa asalkan bersih, bisa digunakan juga. Kertas dijadikan sebagai tempat tulis alamat pembeli. Ada juga yang dicetak, namun apabila tidak punya printer, tulis tangan juga sudah cukup.

3. Lakban

Selotip untuk menempelkan kertas alamat di barang yang dikirim. Selotip juga digunakan untuk menempelkan bungkus plastik agar rapi menutupi barang supaya tidak terkena air. Gunakan selotip bening untuk alamat dan selotip coklat untuk plastik.

4. Alat potong (Gunting atau cuter)

Gunting atau kater digunakan untuk merapikan plastik pembungkus barang yang dikirim. Gunting juga bisa digunakan untuk memotong selotip ketika menempel barang. Sediakan benda ini minimal salah satunya.

5. Plastik

Plastiknya bebas. Intinya plastiknya harus bisa melindungi benda yang dikirim. Mencegah hal yang tidak bisa diduga seperti hujan. Kalau tidak diplastikin, takutnya barang rusak kena air hujan.

6. Barangnya

Kalau tidak ada barang, mau jual apa memangnya? Sediakan barang untuk dijual entah anda beli untuk dijual kembali atau produk buatan sendiri. Bila modal anda belum cukup, bisa melakukan dropship. Tapi harus minta izin dulu sama pemilik toko ya sebelum melakukan dropship.

7. Smartphone

Namanya sudah online shop, pastinya membutuhkan perangkat yang bisa terhubung dengan internet. salah satunya Smartphone. Usahakan gunakan smartphone yang bisa untuk anda berjualan. Usahakan HPnya lancar dan tidak ngelag untuk membuka online shopnya. Entah via Instagram, Tokopedia, Bukalapak, atau Shopee. Sekarang banyak kok pilihan HP yang murah untuk sekedar komunikasi dan online shop.

8. Uang

Uangnya untuk bayar ongkir pembeli. Ketika membeli, sertakan harga barang dan ongkirnya terutama jika bukanya di Instagram. Jika di Tokopedia, Bukalapak dan Shopee tinggal pilih ekspedisi yang ingin digunakan untuk mengirim. Misalnya rumahnya dekat dengan JNE dan J&T, nah pilih ekspedisi yang digunakan untuk toko kamu.

Online shop merupakan pilihan orang – orang yang ingin menambah penghasilan, banyak dilakukan oleh ibu-ibu dan anak sekolah. Para ibu-ibu tetap bisa berpenghasilan dari rumah tanpa mengganggu aktivitas sebagai ibu dari rumah tangga. Bagi anak sekolah, mereka memiliki tambahan uang jajan sehingga tidak meminta lagi ke orang tua. Bahkan jika keuntungan sudah cukup banyak, mereka bisa membantu perekonomian keluarga juga. Semangat!

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here