Perbedaan Rekrutmen dan Talent Acquisition Versi Jobstreet

131
Perbedaan Rekrutmen dan Talent Acquisition Versi Jobstreet
Perbedaan Rekrutmen dan Talent Acquisition Versi Jobstreet

Peluang Bisnis Jualan Online – Jobstreet merupakan salah satu situs pencarian kerja yang sangat popular di Indonesia dan berbagai jenis pekerjaan tersedia dengan berbagai persyaratan yang berbeda-beda. Dalam dunia pencarian kerja, maka muncul berbagai istilah yang sangat berkaitan dan bagi para pencari kerja, maka penting hukumnya memahami berbagai istilah yang berlaku.

Sekilas Tentang Rekrutmen dan Talent Acquisition 

Rekrutmen dan talent merupakan 2 istilah yang mencakup tentang pengelolaan sumber daya manusia dalam sebuah perusahaan. Rekrutmen merupakan istilah yang berkaitan langsung dengan para pencari kerja atau kandidat. Sedangkan talent acquisition merupakan marketing yang bertugas menyusun perencanaan jangka panjang dalam hal perekrutan pegawai atau karyawan.

Baca juga: Inilah 4 Perbedaan Pekerja Keras dan Workaholic

Definisi mengenai rekrutmen dan talent acquisition seringkali membuat banyak orang keliru, karena keduanya hampir sama. Kedua istilah ini sering dipakai secara pergantian dalam hal pengelolaan sumber daya manusia. Namun keduanya memiliki beberapa perbedaan yang sangat signifikan, sehingga tidak bisa dinyatakan sama.

Perbedaan Rekrutmen dan Talent Acquisition Versi Jobstreet

Secara umum rekrutmen merupakan cara yang dipakai untuk menerima pekerja baru dan mengisi posisi kosong dalam sebuah perusahaan. Sistem rekrutmen bisa dijalankan secara offline atau online. Proses perekrutan yang dilakukan dengan ketat, akan menghasilkan para pekerja yang berkualitas dan proses rekrutmen bisa berlangsung dengan waktu yang fleksibel, karena sesuai dengan kebutuhan.

Talent Acquisition merupakan istilah yang mengacu pada strategi yang diperlukan dalam menentukan pekerja dan talent acquisition biasanya berupa perencanaan dalam waktu yang panjang mengenai pertumbuhan relasi. Berbagai administrasi yang dibutuhkan para pekerja akan dibuat dalam rencana talent acquisition, sehingga proses penentuan pekerja lebih tertata rapih.

Rekrutmen merupakan bagian penting dalam proses talent acquisition, sehingga tidak akan muncul talent acquisition bila tak adanya proses rekrutmen. Sedangkan proses rekrutmen masih bisa berjalan, meskipun tanpa talent acquisition. Proses penentuan pekerja akan berlangsung lebih lama, ketika sebelumnya sudah ditentukan perencanaan jangka panjang.

Itulah bahasan singkat mengenai perbedaan rekrutmen dan talent acquisition. Semoga semua bahasan yang tercantum dalam artikel bisa bermanfaat untuk para pembaca.

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here