Peran SEO bagi UKM dan Startup di Era Industri 4.0

300
Peran SEO bagi UKM dan Startup di Era Industri 4.0
Peran SEO bagi UKM dan Startup di Era Industri 4.0

Bisnis Jualan Online – Pada artikel sebelumnya kita sudah menjelaskan tentang SEO, dan pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang perannya SEO bagi UKM.

UKM adalah Usaha kecil menengah, UKM adalah salah satu penggerak roda perekonomian di Indonesia. Karena jumlah UKM yang mencapai ribuan ini yang sangat-sangat berharga dan harus terus dikembangkan.

Sayangnya banyak UKM yang dibangun masih dengan cara tradisional, kalaupun pengerjaannya sudah modern, namun dalam hal marketing umumnya masih tradisional.

Padahal di era industri 4.0 ini, kemampuan dunia digital bisa melebihi dunia nyata. Dalam hal jangkauannya ya.

Misalkan begini jika saja barang A yang tidak begitu berharga di kota Z akan sangat laku keras di kota Y. Agar barang A bisa dipasarkan di Kota Y, maka peran digitalisasi yang dalam hal ini SEO menjadi cukup krusial.

UKM dan SEO

SEO bisa diterapkan dimana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja. Karena SEO bisa dipelajari dan diaplikasikan dalam berbagai bidang, terlebih lagi jiks bidangnya berurusan dengan jual beli. Karena SEO bisa mengoptimalkan proses jual beli ini.

Lalu jika ditanyakan, apakah bagi UKM untuk mempelajari SEO itu sulit, jawabannya akan relatif. Seperti ilmu lainnya, untuk mempelajari SEO juga memerlukan waktu, tenaga, dan uang.

Waktu yang diperlukan bervariatif, ada yang bisa belajar SEO dalam 1 tahun, 1 bulan bahkan 1 hari. Lalu tenaga jelas disertai pikiran akan diperlukan ketike mempelajari SEO.

Terakhir, uang akan diperlukan untuk melakukan proses belajar, setidaknya kamu perlu kuota internet untuk belajar SEO.

Baca juga: Cara Mendapatkan Uang dari Instagram

Hal terpenting dari SEO bagi UKM dan Startup

Kalau kamu beranggapan menggunakan SEO sebagai optimasi keyword yang banyak di cari, maka sebenarnya ini kurang pas. Hal yang paling tepat ketika menggunakan SEO bagi UKM dan Startup adalah memanfaatkan SEO untuk mendapatkan market pembeli yang membutuhkan.

Misalkan, jika UKM kamu berbasis di jakarta, dan kamu menjual figura atau benda aksesoris lainnya. Kamu bisa mencoba untuk menarget keyword “Jual Figura/Aksesoris di Kebayoran Baru”.

Maka kamu sudah menarget market pembeli di daerah Kebayoran Baru. Ini akan lebih memungkinkan dibanding kamu menarget keyword yang skala nasional.

Jadi pergunakan SEO dengan tepat, karena tepat bisa lebih cepat. Apa sih.. hahaha

Oke semoga bermanfaat.

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here