Pemanfaatan E-Commerce dalam Memasarkan Eco-Print di Era Digital Marketing

38

Apa itu Ecoprint?

101Red – Ecoprint merupakan sebuah teknik pewarnaan kain yang menggunakan bahan-bahan alami yang sangat ramah lingkungan. Hasil cetakan ecoprint ini sangat unik karena tidak dapat diulang. Keunikan ini terletak pada hasil akhir yang tidak akan sama satu dengan yang lainnya. Pasalnya, meskipun menggunakan jenis daun, bunga atau bagian tumbuhan lain yang sama dan sejenis pasti memiliki struktur daun yang berbeda sehingga lebih ekslusif. Teknik ecoprint ini memanfaatkan bahan alami yang ada disekitar kita seperti daun, bunga, batang, bahkan tumbuhan lainnya.

Pembuatan ecoprint ini prosesnya cukup sederhana dalam membuat pola dan warna yang unik, sehingga kain yang dihasilkan akan terlihat berbeda dan eksotis. Kain yang digunakan dalam pembuatan ecoprint ialah kain yang mudah menyerap warna seperti bahan katun, linen, sutera dan rayon. Untuk pemasaran produk ecoprint diperlukan strategi pemasaran yang tepat dalam memperkenalkan produk ke pasaran sehingga dapat memunculkan daya tarik konsumen untuk membeli produk. Sejalan dengan meningkatnya pemakaian teknologi dan informasi di era industri 4.0 maka penggunaan internet bukanlah hal baru lagi. Saat ini sudah banyak strategi pemasaran dilakukan secara online dimana transaksi dan penjualan barang dapat melalui e-commerce.

Tidak hanya pemasaran produk kebutuhan rumah tangga, pemasaran ecoprint juga dapat dilakukan menggunakan e-commerce. Kehadiran e-commerce membuat para pengrajin maupun UMKM lebih terbantu dalam memasarkan produknya. Nilai penjualan yang didapatkan juga akan semakin meningkat jika menggunakan pemasaran digital.

Berbicara tentang e-commerce, sebenarnya apa yang dimaksud dengan e-commerce? Apa saja jenis-jenis e-commerce?

Baca Juga: Kembangkan Bisnis dengan Menggunakan Tools Digital Marketing

Pengertian E-Commerce

E-commerce adalah aktivitas jual beli yang dilakukan melalui media elektronik. Dengan kata lain e-commerce adalah penyebaran, penjualan, pembelian dan pemasaran barang maupun jasa dengan mengandalkan sistem elektronik. Kemajuan teknologi seperti perdagangan elektornik ini dapat dianggap sebagai distrupsi ekonomi. Sehingga, e-commerce memiliki banyak manfaat bagi para pelaku bisnis online seperti memiliki jangkauan yang luas, tidak ada Batasan waktu untuk melakukan jual beli, biaya lebih murah dibandingkan dengan bisnis offline, tidak perlu menyetok barang sendiri, dan memberikan kemudahan dalam transaksi dan pengiriman barang.

 

Jenis-jenis E-Commerce

E-commerce juga memiliki jenis seperti media marketing lainnya. Berikut jenis-jenis e-commere:

  • Business to business (B2B) adalah perusahaan menjual produk atau jasa kepada perusahaan lain. Contohnya elektronik city, ralali, mbiz
  • Business to consumer (B2C) perusahaan menjual produk atau jasa kepada konsumen. Contohnya Lazada, bli bli, shopee
  • Consumer to consumer (C2C) adalah transaksi online antara dua individu. Contohnya olx, Tokopedia dll
  • Consumer to business (C2B) adalah perdagangan elektronik dimana konsumen menyediakan produk atau layanan ke perusahaan.  Contohnya freelancer, upwork, dll.

Melalui e-commerce produsen dapat menawarkan produk atau jasanya tanpa bertemu secara langsung dengan konsumen. Begitupun kosumen yang dapat memilih dan membeli produk tanpa melihatnya secara langsung terlebih dahulu mengingat kondisi saat ini dimana adanya pandemi covid-19. Sehingga inovasi produk serta strategi usaha harus disesuaikan dengan kondisi pandemi. Penjualan melalui e-commerce merupakan strategi yang tepat karena dengan e-commerce penjualan produk ecoprint ini dapat meningkat secara drastis dan cara ini lebih praktis dibandingkan harus ke toko secara langsung. Melalui e-commerce pengusaha juga dapat memasarkan produknya secara luas dan tentunya akan meningkatkan hasil penjualan lebih cepat.

Yuk, mulai bisnis online kami bersama kami di 101Red.

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here