Pebisnis UKM Harus Hindari Kesalahan Bisnis Ini Biar Tak Collapse

10
Pebisnis UKM Harus Hindari Kesalahan Bisnis Ini Biar Tak Collapse
Pebisnis UKM Harus Hindari Kesalahan Bisnis Ini Biar Tak Collapse

Bisnis Jualan Online – Bisnis UKM merupakan salah satu aspek yang memegang peranan penting dalam perkembangan perekonomian Indonesia. Hal ini dapat terlihat pada saat perekonomian Indonesia mengalami krisis, UKM lebih mampu untuk bertahan dibandingkan dengan perusahaan yang lebih besar.

Oleh karena itu UKM telah mendapat perhatian dari pemerintah dengan fokus terhadap perkembangan dan pemberdayaan UKM. UKM memegang peranan yang penting dalam aktivitas keuangan negara karena perputaran uang yang beredar di tengah masyarakat menjadi lebih cepat. 

Selain itu juga dapat mengurangi angka pengangguran di Indonesia karena menyerap tenaga kerja meskipun dalam skala kecil. Sebagai salah satu penunjang perekonomian negara kita, UKM diharapkan untuk terus berkembang dan dapat memberikan kontribusi yang besar terhadap perekonomian negara secara berkesinambungan.

Namun agar UKM dapat berkembang secara maksimal tak semudah yang kita bayangkan. Karena faktor utama yang menentukan perkembangan UKM tersebut adalah pelaku usaha itu sendiri. 

Agar Tidak Bangkrut, UKM Harus Hindari Kesalahan Ini

Tidak sedikit usaha UKM yang jatuh pada saat di tahun pertama atau kedua, hal ini bisa disebabkan dari kesalahan yang dilakukan oleh para pelaku usaha UKM. Untuk itu diperlukan suatu antisipasi dari para pelaku usaha agar tidak melakukan kesalahan di masa yang akan datang. 

Selain itu sebagai pelaku usaha pemula, Anda dapat mempelajari beberapa kesalahan usaha sebagai berikut:

Ide Terlalu Tinggi Tanpa Perhitungan Seimbang

Kadang kala kita memiliki ide-ide yang ingin kita terapkan pada usaha kita agar dapat berkembang. Namun ide-ide tersebut harus melalui pemikiran dan perhitungan yang sebelum kita terapkan. Hal tersebut perlu dilakukan agar tidak terjadi salah perhitungan dan menimbulkan kerugian pada usaha kita.

Terlalu Berlebihan Dalam Berharap

Terlalu berlebihan dalam  berharap mendapat keuntungan yang tinggi kadang menjadi salah satu penyebab jatuhnya usaha UKM. Diperlukan perhitungan  perencanaan keuangan yang rinci serta dana cadangan yang cukup sebagai persiapan selama Anda memulai usaha UKM tersebut.

Baca juga: 7 Cara Mengubah Keterlibatan Konsumen Jadi Keputusan Membeli

Tidak  Memiliki Pembukuan yang Baik

Kadang para pelaku usaha kurang perhatian terhadap masalah keluar masuk kas. Padahal dengan melakukan pembukuan yang baik akan diperoleh suatu informasi yang dapat membantu para pelaku usaha untuk menentukan langkah usaha selanjutnya.  Selalu siapkan dana darurat sebagai cadangan untuk digunakan apabila terjadi hal-hal yang terduga.

Melakukan Semua Pekerjaan Sendiri

Apabila baru merintis suatu usaha tidak ada salahnya jika semua urusan mulai dari modal, rencana, ide, produksi, pemasaran dan yang lainnya Anda lakukan sendiri. Namun jika bisnis Anda mulai berkembang ada baiknya jika Anda mempekerjakan orang untuk membantu Anda. 

Pada akhirnya Anda akan sadar bahwa dengan merekrut orang untuk membantu, maka Anda akan lebih fokus terhadap pekerjaan Anda dan tidak kewalahan dengan semua tugas usaha. 

Kurang Fokus Terhadap Usaha

Usaha Anda sudah berkembang dan memberikan keuntungan yang lumayan. Maka ada kalanya Anda berpikir untuk mengembangkan bisnis Anda dengan memanfaatkan peluang yang ada. Hal ini  membuat Anda menjadi kurang fokus terhadap rencana usaha Anda sebelumnya. 

Sebaiknya Anda pikirkan kembali dengan pertimbangan yang matang dari berbagai aspek usaha. Sudah siapkah Anda dengan peluang bisnis tersebut? Yang paling penting adalah apa peluang bisnis tersebut akan memberi manfaat bagi pelanggan Anda. 

Selain itu bagaimana dengan  sumber daya yang Anda miliki, apakah memiliki kualifikasi dengan peluang bisnis tersebut. Lebih baik Anda fokus terhadap satu usaha dan menjadi yang terbaik diantara lainnya.

Dengan mempelajari beberapa kesalahan yang kadang dilakukan oleh para pelaku usaha tersebut, Anda diharapkan sudah mendapatkan solusi apabila Anda menemui permasalahan di atas. Sehingga para pelaku bisnis UKM bisa terus memberikan kontribusinya dalam perekonomian bangsa kita.

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here