Panduan Lengkap Digital Marketing Khusus Para Pemula

41

101Red – Digital marketing merupakan sebuah istilah  dengan pengertian yang luas dan dalam. Pasalnya, bidang tersebut memiliki banyak cabang yang tidak akan pernah habis untuk dipelajari.

Meskipun demikian, setiap calon pemasar digital perlu mengetahui konsep-konsep dasar mengenai pemasaran digital.Mereka harus mengetahui cara terbaik untuk memasarkan produk atau jasa perusahaan melalui berbagai platform digital yang memiliki karakteristik masing-masing.

Selain itu, pemula juga wajib belajar dan mengetahui konsep dasar digital marketing  yang sekiranya selaras dengan model bisnis perusahaan mereka.Mengapa demikian? Sebab, tidak semua jenis pemasaran digital akan cocok untuk perkembangan bisnis perusahaan.

Setelah itu, mereka juga perlu menentukan tujuan dan matriks yang perlu dilihat selama menjalankan pemasaran digital .

Sebagai contoh, dalam dunia content writing, dikenal istilah search engine optimization (SEO). Teknik tersebut dilakukan untuk memunculkan konten pada halaman pertama mesin pencarian atau mesin pencari.

Contoh berikutnya, media sosial kerap kerap dengan istilah engagement. Maka dari itu, matriks yang bisa dilihat saat menjalankan  pemasaran media sosial antara lain seperti, komentar, pengikut, dan sebagainya.

Dari semua penjelasan di atas, dapat dipastikan bahwa tahap pertama dalam belajar digital marketing adalah menentukan jenis pemasaran digital yang ingin digunakan.

Pilihannya pun banyak, mulai performance marketing hingga SEO. Akan tetapi, tugas untuk memilihnya berada di tangan  pemasar  yang mengetahui kesesuaian bisnis perusahaan dengan jenis  pemasaran ,Sebelum belajar lebih lanjut tentang pemasaran digital, ada berbagai keterampilan dasar yang perlu dikuasai para pemula. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:-

1. Konsisten

Skill utama yang perlu kamu miliki jika ingin belajar  digital marketing adalah konsistensi. Mengapa demikian? Sebab, seperti yang sudah Glints paparkan, mempelajari digital marketing membutuhkan waktu yang panjang.

Dengan konsistensi yang tinggi, kamu akan memahami bagaimana digital marketing bisa bekerja dengan baik.

Saya sendiri sudah hampir tiga tahun mendalami pemasaran digital. Dalam tahun pertama, saya merasa baru benar-benar memahami dasar-dasar dalam pemasaran digital .

2. Dinamis

Teknologi itu terus berubah dan berkembang. Sama halnya dengan pemasaran digital.

Saat mempelajarinya , kamu harus mendorong diri untuk menjadi dinamis saat mengikuti perkembangan baru. Pasalnya, setiap perubahan yang terjadi dapat memberikan dampak yang besar bagi pemasaran digital dunia .

Sebagai contoh, Google pernah mengumumkan update tentang General Data Protection Regulation (GDPR). Regulasi tersebut mengungkapkan bahwa pengguna Google bisa mengatur privasinya masing-masing.

Dengan update tersebut, strategy dalam digital marketing pun otomatis berubah dan harus disesuaikan dengan regulasi baru Google.

3. Kemauan untuk belajar

Sebagai lanjutan dari poin sebelumnya, seorang pemula harus memiliki semangat yang tinggi saat belajar  digital marketing . 

Karena, jika tidak diiringi dengan kemauan yang tinggi, mereka akan tertinggal dari materi-materi  digital marketing  yang terus berubah.

4. Open Minded

Skill terakhir yang perlu disiapkan sebelum belajar digital marketing adalah untuk memiliki pemikiran yang terbuka.

Perlu kamu ingat, bahwa tidak ada satu aturan pasti yang mengatur tata cara kinerja pemasaran digital. Setiap industri tentu memiliki kebutuhannya masing-masing.

Oleh karena itu, saat bertemu pemasar digital yang memiliki pola pikir berbeda, jangan paksakan konsep dan cara kerjamu kepadanya.

Justru sebagai pegiat pemasaran digital, sebaiknya saling bertukar wawasan dan strategi-strategi yang menguntungkan.

Jika ingin berkecimpung di dunia digital marketing, ada banyak sumber yang bisa kamu manfaatkan. Berikut rekomendasi sumber belajar digital marketing khusus pemula dari saya.

1. Kelas online

Secara pribadi, saya lebih suka belajar digital marketing langsung dari ahlinya. Nah, hal tersebut bisa saya dapatkan melalui kelas online.

Dengan mengikuti kelas online, kamu bisa mendengarkan teknik pemasaran yang benar.

Di sana, kamu akan mendengar tentang skill-skill karir pemasar digital secara mendalam. Kamu juga bisa mengikuti sesi tanya jawab langsung dengan pembicara.

2. Sertifikasi

Platform berikutnya yang bisa dijadikan tempat belajar digital marketing oleh pemula adalah pada kelas sertifikasi.

Dewasa ini, ada banyak kelas sertifikasi yang bisa kamu pilih. Yang paling umum digunakan adalah Google dan Facebook.

 

3. YouTube

Dunia pemasaran digital merupakan bidang yang luas dan kompleks. Oleh karena itu, kamu bisa mulai mempelajarinya di rumah melalui situs YouTube.

Di sana, terdapat banyak video yang memberikan penjelasan digital marketing secara sederhana. Dengan begitu, kamu memahami berbagai konsep pemasaran digital dengan lebih mudah.

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here