Off-Page SEO: Panduan Link Building bagi Para Pemula

192

101Red – Marketer dan pemilik website tentu sudah akrab dengan istilah Search Engine Optimization (SEO). Ada dua tipe SEO yang biasanya digunakan untuk mengoptimalkan performa sebuah website yaitu On-Page SEO dan Off-Page SEO.

Apa itu Off-page SEO?

Dalam SEO, istilah Off-page optimization mengacu pada faktor faktor yang tidak berhubungan dengan halaman website Anda. Kategori peringkat Anda ditentukan oleh faktor on-page dan seberapa tinggi peringkat Anda dalam mesin pencari ditentukan oleh faktor off-page.

Off-page SEO berfungsi memberi tahu mesin pencari tentang penilaian pengunjung terhadap website Anda, yang hasilnya dapat membantu website Anda menjadi website otoritas.

Metode Kuno Dalam Penerapan Off-page SEO

Promosi Melalui Forum

Meskipun tidak merugikan namun metode ini memakan waktu yang banyak.

 

Memasukkan Website dalam Mesin Pencari
Cara ini menjadi cara yang dulu umum digunakan untuk memastikan website Anda muncul dalam pencarian Google dan Bing. Namun, dengan semakin sulitnya algoritma mesin pencari, cara ini dianggap tidak lagi memberikan hasil.

 

Direktori Artikel
Membuat konten untuk direktori artikel juga menjadi salah satu cara lama yang umum dilakukan dalam pemasaran konten. Namun kenyataannya kebanyakan orang tidak membaca website direktori ini karena artikelnya tidak berkualitas dan berisi hal-hal yang tidak relevan.

Website Direktori

Website ini jarang dikunjungi karena Google kini telah menggantikan kegunaan website direktori dengan waktu pencarian yang lebih cepat.

Social Bookmarking
Mengikuti forum media sosial akan membuat brand Anda menjadi viral, namun kesempatan ini sangat sulit untuk didapatkan. Hal ini disebabkan website seperti ini di perbaharui dengan cepat sehingga jika Anda mengunggah sesuatu, postingan Anda bisa hilang keesokan harinya.

Berlebihan dalam Penggunaan Sosial Media

Fokuslah pada beberapa sosial media yang sesuai dengan bisnis Anda sehingga Anda bisa berkonsentrasi dengan pengikut Anda di sosial media tersebut.
Strategi Off-page yang Terbaru
Link Building
Saat Anda memberikan link eksternal dalam konten Anda, Anda berusaha mengumpulkan votes sebanyak mungkin untuk menaikkan peringkat dan mengungguli kompetitor Anda.

Lalu bagaimana cara mendapatkan link ini? Natural link merupakan link yang paling disukai oleh mesin pencari. Natural link berarti website Anda disukai oleh pemilik website lain dan memberikan link menuju website Anda karena sesuai dengan isi konten mereka.
Mendapatkan natural link memang tidaklah mudah.

Media Sosial
Mempromosikan brand Anda di jejaring sosial dapat membantu menaikkan traffic yang cukup signifikan. Semakin banyak orang menemukan profil Anda, semakin besar kesempatan mereka mengunjungi website Anda. Media sosial bisa menjadi link ekstra yang mengarahkan calon pengunjung ke website melalui profil Anda.
Local SEO
Dengan semakin meningkatnya penggunaan smartphone dan koneksi internet yang semakin baik, metode Local SEO juga semakin populer. Untuk menggunakan Local SEO, gunakan Google Places for Business Page dan lengkapi semua informasi yang dibutuhkan serta sinkronisasi dengan akun Google+ Anda.
Faktor Off-page SEO
Inbound Links
Penggunaan hyperlink yang ditujukan ke website Anda dihitung sebagai suara dukungan bagi website Anda. Semakin banyak link menuju website Anda, semakin banyak suara dukungan Anda di mata Google dan beberapa mesin pencari lainnya.
Anchor Text
Anchor text merupakan teks yang dijadikan hyperlink. Dalam meangaplikasikan off-page SEO, ada baiknya Anda memberi keyword yang sesuai untuk link tersebut yang membantu mesin pencari untuk mengidentifikasi mengenai website Anda dan mengetahui keyword yang akan diberi peringkat.

Pastikan anchor text yang digunakan menggambarkan isi konten dari link yang diberikan. Gunakan juga anchor text yang bervariasi yang lebih disukai oleh algoritma terbaru dari Google.

 

Kualitas Link
Penggunaan beberapa link berkualitas tinggi dari situs yang termasuk kategori di atas lebih disukai dibandingkan memiliki 100 link tidak berkualitas.
Kecepatan Link Building

Kecepatan link building juga menjadi salah satu faktor penting dalam ­off-page SEO. Namun, link building yang terlalu cepat juga akan dianggap tidak wajar oleh mesin pencari dan bisa berakibat penalti (terutama jika website Anda masih tergolong baru). Mesin pencari bisa mengetahui kecepatan link building yang baik, sehingga mendapatkan 1.000 link berkualitas rendah dalam satu hari ketika website Anda hanya berumur kurang dari sebulan tidak terlihat wajar. Selama Anda tidak menggunakan alat otomatis yang menjanjikan ribuan link dalam satu waktu, Anda tidak perlu terlalu khawatir.

Alat off-page SEO
Google Ads
Google Ads merupakan alat pemasaran yang memberikan kesempatan untuk mengonversi pengunjung menjadi pelanggan dan menjadi leads bisnis Anda. Alat ini juga mudah digunakan, terjangkau, dan memiliki relevansi maksimal.

Ahrefs

Alat ini berguna untuk berbagai hal karena Ahrefs memiliki database backlink yang besar dan membantu Anda mengetahui segala hal mengenai website Anda dan kompetitor.

 

Majestic

Majestic juga merupakan salah satu alat terbaik untuk SEO. Alat ini juga dikenal sebagai alat backlink paling canggih. Database nya dianggap memiliki informasi mesin pencari yang paling rinci. Fitur yang ditawarkan antara lain: SEO untuk professional, media analytics, alat pengusaha, perbandingan dengan pesaing, menjelajahi domain secara rinci.

 

Moz

Layanan yang diberikan oleh Moz sangat lengkap yang menawarkan data traffic yang unik. Dengan menggunakan Moz, Anda akan bisa fokus pada strategi yang Anda miliki sehingga memungkinkan Anda mudah ditemukan di antara miliaran pencarian yang dilakukan setiap harinya.

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here