Metode Analisis SWOT Ternyata Bisa Membuat Bisnis Fashion Sukses

27
Metode Analisis SWOT Ternyata Bisa Membuat Bisnis Fashion Sukses
Metode Analisis SWOT Ternyata Bisa Membuat Bisnis Fashion Sukses

Jualan Online – Metode analisis SWOT banyak dipakai dalam berbagai bidang demi keberhasilan bidang tersebut. Metode ini sangat efektif untuk meningkatkan apa yang ingin dicapai dengan lebih efektif. 

Analisis SWOT Dalam Bisnis Fashion

Termasuk dalam dunia bisnis, metode ini juga menjadi kunci keberhasilan seorang pengusaha. Lalu, bagaimana tips memulai bisnis fashion dengan metode analisis SWOT? Berikut beberapa diantaranya.

  • Strength (Kekuatan)

Strength dalam bisnis fashion bisa dibilang sebagai kekuatan yang ada dalam bisnis fashion yang akan Anda jalankan. Anda bisa menganalisis kekuatan ini mulai dari analisis terhadap sumber daya, produk, keunggulan hingga manfaat yang akan diterima oleh konsumen. 

Anda harus bisa memperhitungkan seberapa kuat produk Anda ketika sudah terjun di tengah pasar. Selain itu, Anda juga harus bisa memastikan bagaimana sumber daya yang Anda butuhkan untuk pengembangan produk dan keuntungan apa yang bisa dirasakan konsumen saat memakai produk fashion Anda.

  • Weakness (Kelemahan)

Weakness merupakan kelemahan yang terdapat dalam bisnis Anda. Kelemahan ini harus Anda kenali dengan benar agar tidak terjadi hambatan besar di kemudian hari. 

Baca juga: Simple! Pengeluaran dan Biaya Pajak Bisnis Bisa Diatur Dengan Cara Ini

Untuk mengetahui kelemahan ini, Anda bisa mengecek pesaing, daya tahan, kerugian hingga jangkauan dari produk fashion Anda. Dengan mengenali kelemahan bisnis, Anda bisa mencoba mengatasi kekurangan tersebut.

  • Opportunity (Kesempatan)

Opportunity dapat dikatakan sebagai peluang yang mungkin terjadi terhadap perkembangan produk Anda di pasaran. Anda harus bisa membaca peluang yang ada agar bisa memperluas bisnis fashion Anda. 

Beberapa peluang seperti persaingan yang masih sedikit, tren terbaru hingga kebutuhan fashion terbaru dapat Anda jadikan kesempatan untuk meraup keuntungan yang lebih besar. 

  • Threats (Ancaman)

Threats adalah suatu keadaan yang bisa mengancam keberlangsungan bisnis Anda entah dari internal maupun eksternal. Ancaman ini bukan hanya berupa intimidasi atau persaingan yang tidak sehat dari kompetitor.

Namun bisa berupa tantangan baru, perubahan gaya hidup, efek luar hingga risiko yang bisa terjadi. Segala ancaman ini harus Anda antisipasi sejak dini agar Anda bisa mengatasinya jika sewaktu-waktu terjadi.

Pada bisnis fashion, Anda harus bisa menciptakan produk sekreatif mungkin agar bisnis Anda tetap bertahan di tengah persaingan pasar. Bahkan Anda bisa mencoba menciptakan tren tersendiri untuk membuka peluang yang lebih besar.

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here