Menjadi Wirausaha dimasa Tua

39

101Red – Sebahagian orang bila memasuki masa pensiun akan memilih untuk beristirshat dan menikmati masa tuanya.Kalau dilihat lebih jeli peluang bisnis, masa pensiun justru jadi masa terbaik untuk berwirausaha. Alasanya adalah dimasa pensiun tidak lagi memiliki tanggungjawab yang berat, dengan banyaknya koneksi kita bisa memulai bisnis .

Setiap perusahaan umumnya memiliki batasan masa pensiunyang berbeda –beda, untuk setiap karywannya. Usia 15 – 64 tahun adalah masa usia produktif menurut Badan Pusat Statitik. Sementara itu menurut Undang – Undang  peraturan Pemerintah  N0.45 tahun 2015 pasal 15 mengenai Penyelenggara Program Jaminan Pensiun, masa pensiun ketika usia menginjk umur 65 tahun.

Kondisi fisik dimasa pensiun tidaklah sama persis diwaktu masa muda atau tidak sekuat masa muda dulu. Namun bukan berarti kita hanya duduk berdiam diri dan tidak bisa membuka usaha/ bisnis.

Adapun bisnis yang bisa kita coba dalam masa pensiun diantaranya adalah :

  1. Agrobisnis.

Bisnis ini adalah salah satu bisnis yang menguntungkan, apalagi sayur sayuran organik.  Sayuran organik memiliki harga yang cukup lumayan mahal.  Dalam bisnis agrobisnis yang dibutuhkan adalah lahan kosong yang luas. Cara bercocok tanam in bisa dilakukan dilahan yang luas . Kalau tidak mempunyai lahan yang luas, bisa saja menyewa lahan kosong. Akan tetapi lahan tersebut harus akses nya dapat dijangkau. Hal ini dikarenakan akan memudahkan dalam segi pemassaran.

Bisanya tanaman sayuran yang sering ditanam adalah kebutuhan sehari hari seperti cabai palawaija , cabai, tomat,kacang panjang, kangkung dan banyak lain lagi. Jika kesulitan dalam mengurusnya, bisa juga mempekerjakan orang lain.

  1. Layanan Ekspedisi atau Kurir.

Maraknya jual – beli online pada saat sekarang, menjadi peluang untuk membuka bisnis jasa pengantaran paket barang. Bisa juga membuka jasa expedisi secara franchise (NINJA, JNE, J&T dan banyak lainnya), atau bisa juga membuka usaha expedisi sendiri.

  1. Toko Kelontong/ sembako

Toko kelontong atau toko sembako adalah salah satu bisnis yang sangat menguntungkan dan memiliki potensi besar. Semua orang/ masyarakat pasti sangat membutuhkan kebutuhan rumah tangga apalagi rumah yang kita huni sangat dekat dengan pemukiman padat penduduk, akan membatu mereka dalam penyediaan bahan pokok. Semakin dekat mereka membeli kebutuhan pokok terlebih untuk hal –hal yang darurat akan semakin lebih baik.

  1. Jasa Konsultan

Bisnis konsultan ini dihargai dengan nilai yang mahal dan bersifat proyek. Ketika memasuki masa pensiun pastinta seseorang mempunyai pengalaman dan koneksi yang banyak. Pengalaman dan koneki ini di dapat pada saat masih bekerja. Salah satu bisnis yang bisa dicoba adalah marketing, arsitek, finansial atau sesuai dengan keahlian yang dimiliki sseseorang, karena bisnis ini biasanya bersifat proyek, jadi waktunya fleksibel.

BACA JUGA: Memulai Usaha Aquaponik

  1. Bisnis Rental/sewa Kendaraan

Bisnis sewa kendaraan atau rental kendaraan adakah saah satu bisnis yang diminati pada masa sekarang. Jika memiliki mobil lebih dari satu yang tidak lagi digunakan, bisa mencoba peluang ini,  bisnis penyewaan kendaraan. Selain tidak banyak membutuhkan tenaga cukup pasang iklan penyewaan secara online seperti di media sosial yang dimiliki, atau bisa juga memasang poster atau spanduk. Lalu menunggu konsumen yang membutuhkannya. Terlebih menguntungkan kalau bertempat tinggal di daerah wisata. Selain itu juga kita tidak perlu menghabiskan waktu untuk mengurusi bisnis ini.

  1. Bisnis Online

Berkembangnya dunia bisnis di marketplace, yaitu mudahnya menjual barang-barang secara online hanya dengan bermodalkan internet dan sedikit pengetahuan mengenai pengelolaaan toko di marketplace. Jika  memiliki koneksi produsen dengan produk yang berkualitas dan menarik minat masyarakat. Bila tidak memiliki produk, bisa juga menjadi resseler dari produk orang lain.

  1. Bisnis Kos-Kosan

Membeli rumah atau tanah jika mempunyai uang lebih.  Dengan rumah ini bisa dibuat kost-kost -an tergantung modal yang dimiliki. Sebaiknya mendirikan rumah sewa dekat dengan sekolah, kantor atau kampus. Diperkirakan modal akan kembali 5- 10 tahun saja. Kelebihan bisnis ini adalah hanya perlu mengurusnya sesekali saja, atau menyerahkannya kepada penjaga kost.

Menjalankan bisnis ini tergantung pada keahlian yang dimiliki. Tidak hanya keahlian akan tetapi modal juga sebagai penyerta utama dalam menjalankan bisnis Anda.

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here