Mengenal Google AdSense dan Panduan Penggunaannya

144

101Red – Banyak peluang yang bisa diraih dengan adanya internet, termasuk untuk bisa menghasilkan uang dari Internet. Salah satu cara yang populer saat ini adalah bergabung dengan Google AdSense. Mungkin salah satu dari Anda ada yang belum tahu tentang Apa itu Google AdSense?

Tidak perlu khawatir karena kami akan memberikan panduan lengkap untuk pemula yang akan menjadi publisher Google AdSense.

 

Sejarah Google AdSense

 

AdSense muncul setelah Google melakukan akuisisi terhadap Pyra Labs pada bulan Februari 2003, Sebulan kemudian tepatnya tanggal 4 Februari 2003 melalui Chairman dan CEO Google saat itu mengumumkan kemunculan layanan periklanan terbaru dari Google yang bernama AdSense. Untuk menyempurnakan layanan periklanan di AdSense sebulan kemudian Google mengakuisisi teknologi dari Applied Semantics untuk memaksimalkan kerja AdSense yang lebih baik.

Sejak pertama kali muncul, layanan AdSense tersedia hanya untuk content berbahasa Inggris dan beberapa bahasa yang ada di Negara Eropa, Timur Tengah, Asia Timur dan Thailand. Akhirnya pada tanggal 1 Februari 2012 layanan periklanan Google AdSense mendukung penuh bahasa Indonesia.

Sampai saat ini AdSense memiliki 2 jenis akun bagi para publishernya yaitu versi AdSense hosted untuk platform Youtube dan AdSense non hosted untuk website.

Pengertian Google AdSense

 

AdSense adalah program periklanan berbasis CPC (cost-per-click) yang memungkinkan pemilik website mendapatkan penghasilan dari iklan yang terpasang. Sejak kemunculan pertamanya banyak para pemilik website yang berlomba-lomba untuk mendaftar menjadi publisher AdSense di Indonesia. Terbukti hingga saat ini sudah ada sekitar 2 juta lebih publisher AdSense yang tersebar di seluruh dunia dan setiap tahunnya selalu meningkat.

AdSense menampilkan iklan pada website berupa text, gambar dan video kepada pengunjung website sesuai dengan minat. Kerja dari Google AdSense adalah memanfaatkan cache dari browser pengguna untuk mengetahui apa yang sedang dibutuhkan, nantinya iklan yang muncul akan sesuai dengan minat atau kebutuhan Anda.

Contoh saja Anda sedang mencari Hosting Murah di mesin pencari Google, tidak berapa lama nanti iklan yang muncul adalah dari berbagai penyedia Hosting Murah Indonesia. Iklan yang tampil ini akan berubah dengan sendirinya mengikuti dari cache yang tersimpan di browser Anda.

Cara Kerja Google AdSense

 

Cara kerja Google AdSense adalah dengan membayar setiap ada tindakan klik pada iklan dari pengunjung website, semakin banyak klik berarti akan semakin besar pula pendapatan AdSense.

Untuk itu Anda harus membuat konten website yang menarik ditambah dengan teknik SEO WordPress yang benar. Berikut kami tampilkan cara kerja Google AdSense:

  1. Langkah pertama Anda menyediakan ruang iklan

Untuk peletakan iklan biasanya berada pada header, artikel, footer dan sidebar. Cara pemasangannya Anda tinggal menempelkan kode iklan berupa script pada bagian tersebut, nantinya iklan akan muncul sesuai dengan minat pengunjung website.

  1. Iklan yang paling mahal akan muncul

Para pengiklan akan melakukan penawaran dengan harga yang tertinggi agar bisa tampil pada ruang iklan yang telah tersedia pada website Anda.

  1. Mendapatkan bayaran

Besarnya bayaran yang didapat berasal dari iklan yang sudah diklik/dibuka oleh pengunjung website. Untuk besaran biaya per klik tergantung dari jenis produk dan persaingan bid antar pengiklan.

 

Panduan Google AdSense Untuk Pemula

Mendaftar Google Adsense

Sebelum mendaftar AdSense, Anda perlu memahami bahwa website tidak semuanya bisa diterima oleh AdSense, hanya website yang memenuhi syarat dari oleh AdSense.

Jika Anda mengalami penolakan, silahkan baca kesalahan apa yang menyebabkan ditolak dan jika sudah benar silahkan ajukan kembali. Berikut kami berikan panduan Google AdSense untuk pemula:

  1. Klik dan tayangan

AdSense bekerja dengan menampilkan iklan pada website, kemudian saat terjadi klik barulah dihitung pemasukan. Untuk memastikan semua berjalan dengan baik, maka AdSense melarang tindakan klik iklan sendiri, meminta orang lain untuk melakukan klik tayangan iklan, meletakan iklan yang memanipulasi pengunjung dan dilarang mempromosikan website secara terlarang sehingga mendatangkan traffic yang kurang berkualitas.

  1. Pedoman konten

Mitra Google AdSense bertanggung jawab atas semua konten yang berada pada website, hal-hal yang dilarang seperti konten pornografi, mengandung copyright, mengandung kekerasan dan mengandung SARA.

Untuk konten yang dipublish usahakan adalah yang unik dan relevan, jangan bertindak curang dengan memasukan keyword yang berlebih dan memasang kode yang melanggar sehingga mengakibatkan akun dinonaktifkan.

  1. Implementasi iklan

Setelah diterima sebagai publisher AdSense, untuk bisa menayangkan iklan di website, Anda diharuskan memasang kode iklan AdSense pada website. Ada beberapa hal yang harus Anda jadikan pedoman seperti tidak boleh memasang iklan pop-up dan format iklan lainnya yang merugikan pengunjung dan pengiklan.

  1. Penonaktifan akun AdSense

Jika Anda tidak mematuhi pedoman Google AdSense, bersiap-siaplah untuk akun AdSense banned atau dinonaktifkan oleh pihak Google.

Demikianlah pembahasan mengenai apa itu Google AdSense dan pedoman AdSense untuk pemula.

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here