Memulai Usaha Aquaponik

33

101Red – Keterbatasan lahan diperkotaan, membuat orang harus putar otak untuk membuat lahan pertanian. Guna mengatasi keterbatasan ini, masyarakat diperkotaan mempunyai ide yaitu membuat lahan  pertanian aquaponik dirasa menjadi pilihan yang tepat.

Aquaponik adalah sistem bercocok tanam dengan menggunakan kolam sebaagi media tanam,dimana akar tanaman akan selalu dialiri air sebagai nutrisi tanaman sedangkan ikan yang sengaja dipelihara di dalam kolam akan menambah nilai ekonomis juga. Dapt disimpulkan bahwa sistem aquaponik adalah memadukan anara hidroponik dengan akuakultur.

Inilah perbedaan antara sistim menanam hidroponik, dimana biasanya pupuk yang digunakan adalah pupuk kimia atau pabrikkan. Keuntungan dari sisitm aquaponik ini adalah selain bisa menghemat lahan  juga bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus. Kolam ikan akanterfilter secara alami oleh tanaman sedangkan tanaman akan mendapat nutrisi dari air tempat memelihara ikan.

Kalau merasa tertarik untuk mencoba peruntungan melalui aquaponik bisa melakukannya sekarang juga. Belum tahu bagaimana caranya? Silahkan simak tipsnya berikut ini.

 

  1. Perhitungan Modal Awal

Perhitungan modal awal harus dilakukan untuk memulai bisnis ini. Sebagai gambaran Anda bisa melihat contoh perhitungan modal berikut ini :

Jenis aquaponik sawi manis dan ikan lele

▪ Modal Sayuran 200 tanaman

✔ Benih kangkung: Rp15.000

✔ Lubang tanam: Rp5.000

✔ Listrik: Rp25.000

Total: Rp45.000

▪ Modal ikan lele

✔ Benih ikan lele: Rp400.000

✔ Pakan 60 kg: Rp700.000

Total : Rp1.100.000

▪ Total modal (sayur dan ikan): Rp45.000 + Rp1.100.000 = Rp1.1045.000

Perhitungn diatas hanya ilustrasi saja

BACA JUGA: Sepenting Apakah HASTAG Bagi Bisnis Media Sosial

  1. Pemilihan Lokasi yang Tepat

Lokasi untuk memulai usaha ini bisa dimulai dari halaman rumah atau halaman rumah (dalam skala kecil) kalau daalam skala besar bisa menyewa tempat  yang tealh ditentukan sebelumnya.

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih lokasi yaitu:

  1. sesuaikan jenis sayur yang akan ditanam dengan cuaca atau iklam diempat anda membuka usaaha
  2. sumber air yang dekat/atau sumber airnya bagus
  3. lokasi lahan pertanian mudah dijangkau, hal ini akan memudahkan dalam pemasaran..

 

  1. Tentukan Jenis Komoditas Aquaponik

Yang terpenting tips selanjutnya adalah menentukan komoditas yang akan di tanam, Sebelum menentukan pilihan sebaiknya pertimbangkan beberapa hal berikut ini:

  1. Pilih komoditas yang paling sicari orang pada saat ini, agar mendaptkan keuntungan yang besar.
  2. teknis pemasarannya lebih muda/gampang.

 

  1. Menjalin Relasi

Dalam dunia bisnis menjalin relasi atau mitra kerja sangatlah penting. Kerjasama yang baik dan saling menguntungkan adalah hal yang lumrah dan biasa. Adapun keuntungan menjalin mitra adalah menunjang kelancaran bisnis anda. Kelancaran dalam berproduksi dan kelancaran dalam memasarkan produk yang dihasilkan. Jenis relasi yang bisa Anda jalin dalam menjalankan usaha antara lain:

  1. Supplier benih sayuran dan benih ikan (Produksi).
  2. konsumen dan pedagang lain yang akan menjual produk aquaponik Anda.

 

  1. Strategi Promosi Aquaponik

Promosi adalah hal terpenting dalam jenis usaha apapun. Promosi bisa memanfaatkan marketing digital seperti media sosial : Instagram, market place dan twitter.

Selain itu pemasarn juga dapat dilakukan  secara ofline  seperti menggunkan spnduk banner dan brosur. Atau bisa juga mengikuti bazaar atau pameran.

 

Inilah 5 tips bagi anda yang ingin memulai bisnis aquaponik. Mulailah usaha /bisnis  dengan perencanaan yang matang dan akurat. Dengan perencanaan yang matang akan lebih besar potensi mendapatkan keuntungan/ sukses.

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here